Penyakit Cystitis Berbahaya bagi Ginjal

Apa Itu Penyakit Cystitis ?

Penyakit cystitis adalah peradangan yang terjadi pada kandung kemih. Penyebab utama dari peradangan kandung kemih ini adalah karena adanya infeksi bakteri, jamur, virus atau parasit. Kebanyakan pasien dengan penyakit cystitis tidak menyadari atau tidak mengetahui bahwa salah satu penyebab tersering adalah kuman-kuman PMS (Penyakit Menular Seksual). Hal ini dikarenakan adanya faktor gonta ganti pasangan dalam berhubungan seksual. Mereka yang terkena kuman-kuman PMS seperti gonore, herpes, sifilis, jamur, chlamudia lebih beresiko terkena penyakit cystitis.

Mengapa Penyakit Cystitis Banyak Dialami Wanita ?

Penyakit cystitis banyak diderita  wanita dibandingkan pria. Hal ini karena ukuran saluran kencing (uretra) wanita lebih pendek  sedangkan saluran kencing (uretra) pria lebih panjang. Akibatnya, bakteri dari sekitar anus dan vagina mudah masuk ke dalam kandung kemih melalui Saluran kencing (uretra).

Apa Saja Gejala Umum Yang Sering Muncul Pada Penyakit Cystitis ?

Gejala umum yang sering muncul antara lain :

• Frekuensi buang air kecil yang melebihi normal dengan jumlah sedikit.
  • Rasa sakit atau sensasi terbakar (perih) saat buang air kecil
  • Urine  keruh atau berbau tajam.
  • Nyeri pada perut bagian bawah
  • Ada darah pada urine.
  • Rasa dingin dan menggigil
  • Keringat berlebih saat malam
  • Mual dan muntah
  • Rasa letih dan tidak enak badan
  • Nyeri pada punggung, pinggang, atau pangkal paha
  • Rasa panas dan kemerahan disertai demam dengan suhu di atas 38,5 derajat Celcius

Apa Saja Penyebab Penyakit Cystitis ?

Akibat infeksi bakteri ke saluran kencing menimbulkan rasa tidak nyaman di saluran kemih, misalnya sensasi nyeri ketika buang air kecil, beser (anyang-anyangan), rasa selalu ingin buang air kecil, dan sebagainya. Jika tak segera ditangani maka infeksi saluran kemih sering berulang dan bisa berkembang menjadi infeksi ginjal yang serius bahkan bisa  menyebar ke aliran darah menimbulkan sepsis. Kuman bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya  hingga berujung dengan berbagai komplikasi. Bila infeksi saluran kemih kambuh dan berulang kali pada orang dewasa sangat berisiko menyebabkan kerusakan ginjal, akhirnya gagal ginjal.

Bahaya dan Komplikasi Penyakit Cystitis ?

Bahaya dan komplikasi infeksi saluran kandung kemih / cystitis antara lain :

1. Infeksi ginjal.

Timbul infeksi ginjal karena tidak diobati segera dan pengobatan yang tidak tepat. Hal ini bisa berkembang menjadi pyelonephritis. Infeksi ginjal bisa merusak ginjal secara permanen. Penyakit Cystitis juga beresiko terhadap anak-anak dan manula karena gejalanya seringkali tidak khas.

1. Darah pada urine (hematuria)

Adanya darah pada saat buang air kecil atau di urine. Kondisi seperti ini perlu dipastikan lagi dengan pemeriksaan laboratoirum.

• Sepsis sampai kematian

Bagaimana Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Cystitis ?

Perihal pengobatan penyakit cystitis ini tidak boleh dianggap remeh sebab ada banyak kuman penyebab yang perlu di periksa. Disamping itu komplikasi yang timbul akan sangat fatal dimana kerusakan ginjal yang bersifat permanen bahkan sampai kematian. Oleh karena itu perlu segera konsultasikan ke dokter yang ahli dan berpengalaman supaya bisa ditangani segera dengan cara yang tepat. Pencegahan penyakit cystitis sangatlah sederhana dengan menjaga kebersihan kelamin baik dari faktor hubungan seksual atau lingkungan air dan pembalut wanita.

Bagaimana Dengan Pengobatan Penyakit Cystitis Di Klinik Pandawa Jakarta

Kami klinik pandawa dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit cystitis disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit cystitis ataupun penyakit kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan. Biaya berobat di klinik pandawa relatif terjangkau dan murah. Fasilitas yang dimiliki oleh klinik pandawa antara lain semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, ada laboratorium dan apotik, ada rontgen dan USG, memiliki alat medis modern dan alat laser.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami melalui whatsapp / SMS / no.HP : 0813-8635-7762. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.