Seberapa Bahayanya Penyakit Gonore

Apa Itu Penyakit Gonore ?

Penyakit gonore atau sering disebut penyakit kencing nanah merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan adanya infeksi kuman atau bakteri Neiserria Gonore. Pria dan wanita dapat terinfeksi penyakit gonore. Orang yang beresiko terkena penyakit gonore adalah orang yang sering berganti pasangan, hubungan seks tidak bersih, salah satu pasangan terkontaminasi kuman gonore.

Apakah anda pernah mengalami gejala penyakit gonore ?

Gejala penyakit gonore atau penyakit kencing nanah pada pria biasanya timbul dalam waktu 2-14 hari setelah terinfeksi atau pasca berhubungan seksual. Sedangkan gejala pada wanita biasanya muncul 7-21 hari setelah terinfeksi atau pasca berhubungan seksual. Pada beberapa kasus gejala bisa muncul hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Pada wanita baru diketahui ketika timbul keputihan banyak dan engcer berwarna putih disertai rasa nyeri (vaginitis) sampai kencing sakit dan mengetahui pasangannya mengalami penyakit gonore juga. Pada umumnya kebanyakan wanita yang telah terinfeksi penyakit gonore sering sekali tidak disadari. Berikut apa saja gejala gonore pada wanita dan pria :

Gejala penyakit gonore pada wanita:

• Keputihan berwarna kuning, keputihan kehijauan atau keputihan susu
  • Nyeri perut dan nyeri pinggul
  • Sensasi panas terbakar saat buang air kecil
  • Mata gatal dan merah
  • Pendarahan di luar siklus haid
  • Ada noda flek setelah hubungan
  • Vulva vagina membengkak (vulvitis)
  • Radang tenggorokan (oral seks)

Gejala penyakit gonore pada wanita sangat berat sehingga pada sebagian besar wanita tidak menyadari bahwa itu adalah gonore. Banyak wanita yang mengalami keputihan abnormal karena terinfeksi penyakit gonore dan mengatasi gejalanya dengan membeli obat jamur yang dijual bebas di apotek. Cara tersebut tidak benar dan hanya membuat infeksinya semakin parah. Sebaiknya bila anda memiliki gejala keputihan yang tidak normal segera konsultasikan dan periksakan ke dokter agar mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat karena keputihan bisa menjadi tanda dari sejumlah masalah penyakit yang berbeda.

Gejala penyakit gonore pada pria:

• Muncul dari penis cairan berwarna putih, kehijauan atau kekuningan seperti nanah.
  • Sensi panas terbakar saat buang air kecil.
  • Radang tenggorokan (karena oral seks).
  • Nyeri testis atau bengkak

Bakteri penyebab penyakit gonore ?

Pada umumnya bakteri penyebab penyakit gonore adalah bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pria dan wanita bisa saja terinfeksi bakteri penyakit gonore. Akibat hubungan seks tanpa menggunakan kondom Bakteri gonore dapat menginfeksi bagian selaput lendir manusia, seperti :

• Alat kelamin pria dan wanita
  • liang dubur
  • selaput lendir mata
  • Tenggorokan
  • Dubur
  • Mulut, tenggorokan

Penyakit gonore dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Infeksi gonore paling sering terjadi pada orang yang memiliki banyak pasangan seksual. Bakteri penyebab penyakit gonore pada wanita dapat tumbuh di organ yang hangat lembab seperti saluran reproduksi, leher rahim, uterus (rahim), tuba falopi, dan di uretra.

Apa Saja Bahaya Penyakit Gonore Tidak Diobati?

Penyakit gonore adalah penyakit yang membutuhkan penanganan khusus dari dokter. Pengobatan yang tepat membantu proses penyembuhan dan sangat penting untuk mencegah penyakit ini agar tidak semakin parah. Bahaya penyakit gonore jika tidak diobati dengan tepat menyebabkan masalah yang lebih serius dan permanen baik pada pria dan wanita. Pada kasus wanita, infeksi dapat menyebabkan penyakit radang panggul, yang dapat merusak bagian tuba fallopi (saluran yang menghubungkan ovarium ke rahim) atau bahkan menyebabkan kemandulan. Akibat infeksi penyakit gonore dapat meningkatkan risiko sel telur dibuahi berkembang di luar rahim (hamil ektopik). Sehingga sangat membahayakan ibu dan bayi, tentunya kehamilan ektopik sulit dipertahankan dan harus segera dioperasi. Untuk wanita yang hamil beresiko keguguran dan bayi yang dilahirkan akan terkontaminasi penyakit gonore terutama bisa mengenai mata bayi terjadi conjungtivitis serta radang tenggorokan. Selain itu bisa menimbulkan erosi serviks sampai kanker serviks. Sedangkan bahaya penyakit gonore pada pria, dapat menyebabkan epididimitis, suatu kondisi yang menyebabkan nyeri di testis, dapat juga mengakibatkan masalah kesuburan pria hingga kemandulan jika tidak ditangani. Pengobatan yang tidak tepat juga dapat mempengaruhi prostat dan dapat menyebabkan jaringan parut di dalam uretra sehingga sulit buang air kecil. Untuk waktu yang agak lama bisa menimbulkan gangguan ereksi (impoten) dan gangguan ejakulasi (ejakulasi nyeri atau sulit berejakulasi)

Bagaimana Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Gonore ?

Untuk terhindar dari penyakit gonore haruslah melakukan hubungan seksual yang bersih dengan satu pasangan. Pemakaian kondom tidak bisa menjamin seratus persen terhindar dari penyakit gonore. Sekali anda terkena penyakit gonore berarti anda juga beresiko terkena penyakit kelamin lainnya (Penyakit Menular Seksual). Lakukan screening pranikah dan konsultasikan ke dokter.

Untuk pengobatan penyakit gonore tidaklah sesederhana itu sebab kuman gonore kebanyakan telah resisten dan kebal terhadap obat-obatan yang beredar dipasaran. Kuman ini sangatlah mudah dan cepat bermutasi sehingga mudah sekali resisten serta bisa menjadi carier atau dormain. Oleh karena itu jangan sembarangan makan obat atau mengobati penyakit gonore sendiri sebab ada resiko kuman menjadi dormain dan resisten. Segeralah konsultasikan ke dokter ahli kami yang telah memiliki pengalaman.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis kepada dokter kami dengan cara klik link http://bit.ly/pandawaclinic maka anda akan segera terhubung ke no.WA/HP : 081386357762 atau bisa langsung telp / WA / SMS ke no.HP : 081386357762 Kami klinik pandawa di jakarta pusat sangat siap dan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin. Klinik pandawa adalah klinik spesialis kulit dan kelamin yang telah berpengalaman menangani penyakit gonore. Klinik pandawa memiliki dokter ahli yang berpengalaman serta memiliki obat, alat yang modern dan terbaru. Untuk biaya pengobatan penyakit gonore di klinik pandawa sangatlah murah dan terjangkau tanpa terapi macam-macam seperti penyinaran dan pemanasan lainnya.