Apa Saja Gejala Dan Penyebab Penyakit Paraphimosis?

Apa Saja Gejala Dan Penyebab Penyakit Paraphimosis

Apa Saja Gejala Dan Penyebab Penyakit Paraphimosis?

Paraphimosis adalah sebuah kondisi serius yang hanya terjadi pada pria yang belum atau tidak disunat. Paraphimosis yaitu posisi kulup terjebak di belakang kepala penis dan tidak bisa ditarik kembali ke posisi normal. Paraphimosis tidak boleh disamakan dengan phimosis. Phimosis adalah suatu kondisi di mana kulup tidak bisa lagi ditarik kembali dari ujung penis. Biasanya terjadi pada anak-anak yang lebih muda, dan itu biasanya bukan kondisi yang serius. Paraphimosis bagaimanapun, adalah kondisi darurat yang perlu ditangani oleh dokter sesegera mungkin. lalu apa saja gejala dan penyebab penyakit paraphimosis ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Paraphimosis?

Penyakit Paraphimosis merupakan kondisi dimana kulit yang melindungi glans penis (kepala penis) yang disebut juga dengan prepusium tidak bisa ditarik atau dikembalikan pada posisi normal untuk menutup glans penis. Paraphimosis merupakan kondisi akut dengan tanda inflamasi dan akan menjadi kasus kronik jika pengobatan ditunda selama beberapa hari. Paraphimosis sering terjadi pada laki-laki yang tidak disunat (sirkumsisi) di segala usia, terlebih lagi pada usia remaja. Hal ini menyebabkan kulup menjadi bengkak dan macet dan dapat memperlambat atau menghentikan aliran darah ke ujung penis. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak diobati.

Apakah Penyebab dan Faktor Terjadinya Penyakit Paraphimosis?

Pada umumnya anak laki-laki memiliki kulit kulup yang tidak dapat ditarik, hal ini dapat terjadi hingga usia 10 tahun, dan secara paksa menarik kulit kulup kembali sebelum siap untuk melakukannya dapat menyebabkan jaringan parut yang dapat menyebabkan paraphimosis. Penyakit paraphimosis paling sering terjadi pada laki-laki yang tidak di sunat atau ketika seorang profesional kesehatan lupa untuk menarik kulit khatan kembali ke posisi normal setelah pemeriksaan atau prosedur medis.

Pada orang dewasa paraphimosis dapat disebabkan oleh salah satu kondisi atau kegiatan berikut, seperti:

• Kulup yang ditarik terlalu lama selama pemeriksaan medis, setelah dibersihkan, atau setelah buang air kencing
  • Kulup ketat yang ditarik menyebabkan penis membengkak. Sehingga kulup tidak dapat kembali ke posisi semula
  • Aktivitas seksual yang terlalu kuat, menusuk penis, dan penggunaan kondom pada penis yang menyempit hingga meningkatkan ereksi dengan kompresi

Penyebab lain terjadinya penyakit paraphimosis termasuk :

• mengalami infeksi
  • mengalami trauma fisik ke area genital
  • menarik kulup kembali terlalu kuat
  • memiliki kulup yang lebih ketat dari biasanya
  • memiliki kulup yang susah ditarik kembali untuk waktu yang lama

Faktor penyebab terjadinya penyakit paraphimosis dapat dihasilkan dari kondisi atau prosedur medis berikut :

• Infeksi karena berbagai faktor, termasuk kebersihan pribadi yang buruk
  • Bekas luka yang disebabkan oleh infeksi pada kulit kulup
  • Sunat yang belum dilakukan dengan benar
  • Terjadinya pembengkakan pada penis dan kulup yang dikarenakan gigitan serangga atau laba-laba
  • Penyakit diabetes yang menyebabkan peradangan kronis pada penis
  • Kateterisasi atau penanganan kulup yang salah, maka pastikan untuk mengembalikan posisi kulup setelah mencuci atau menyisipkan kateter
  • Tindikan yang menyebabkan rasa sakit dan bengkak pada penis, yang dapat menyulitkan untuk menempatkan kulup kembali di tempat setelah menariknya
  • Saat berhubungan seksual apabila kulup tetap di pangkal terlalu lama, mungkin batang penis bisa membengkak sehingga kulup tidak dapat kembali pada posisi semula
  • Kondisi penis lainnya seperti penyakit yang dapat menyebabkan masalah kulup contohnya adalah fimiosis
  • mengalami trauma fisik ke area genital dan menarik kulup kembali terlalu kuat

Apa Saja Gejala Yang Terjadi Pada Penyakit Paraphimosis ?

Gejala yang dapat terjadi pada penyakit paraphimosis yaitu :

• ketidakmampuan mengembalikan kulup kembali ke posisi normal di atas ujung penis
  • kulup dan ujung penis mungkin bengkak dan terasa sakit
  • ujung penis mungkin juga berwarna merah atau biru gelap karena kurangnya aliran darah
  • Kepala penis tampak membesar dan sesak
  • Ditemukannya jaringan yang membengkak di belakang kepala penis dan sekitar kepala penis.
  • Bayidan anak-anak yang mengalami paraphimosis dapat mengalami gejala sulit buang air kecil (BAK) dan terhambatnya (obstruksi) urin yang bersifat akut dan berat