Apakah ciri-ciri dan penyebab Penyakit Scabies (Kudis)

Apa Itu Penyakit Scabies (Kudis)?
Kudis adalah infestasi kulit yang disebabkan oleh tungau yang dikenal sebagai Sarcoptes scabiei.
Tungau mikroskopis ini dapat hidup di kulit Anda selama berbulan-bulan apabila tidak diobati.
Mereka bereproduksi di permukaan kulit Anda dan kemudian menggali ke dalamnya dan
bertelur. Ini menyebabkan ruam merah gatal terbentuk di kulit. Ada sekitar 130 juta kasus kudis
di dunia pada waktu tertentu. Ini adalah kondisi yang sangat menular yang dapat dengan mudah
diteruskan dari satu orang ke orang lain melalui kontak kulit langsung. Ini juga dapat ditularkan
melalui pakaian penuh atau tempat tidur.

Penyebab dan Faktor Resiko Scabies (Kudis) ?
Tungau berkaki delapan adalah penyebab kudis pada manusia, yang berukuran sangat kecil.
Tungau betina menggali di bawah kulit dan membuat saluran bagi mereka untuk bertelur. Setelah
telur menetas, larva tungau bergerak ke permukaan kulit untuk bertumbuh, lalu mereka dapat
menyebar ke area kulit Anda lainnya atau kulit orang lain. Tungau, telur, dan kotoran mereka
membuat Anda merasa gatal sebagai reaksi alergi tubuh Anda terhadap mereka. Bila langsung
melakukan kontak fisik dan berbagi pakaian atau sprei dengan orang yang terinfeksi, tungau
dapat menyebar ke Anda sehingga Anda mengalami penyakit ini. Anda juga bisa mengalami
reaksi kulit sementara dari kontak dengan tungau scabies pada hewan. Bahkan, setiap spesies
tungau menempel pada inang yang lebih cocok, sehingga tungau akan langsung mati jika mereka
tidak hidup dengan inang yang pantas.
Resiko terjadinya scabies dapat meningkat apabila:
1. Sistem imun tubuh melemah

2. Perawatan atau penggunaan obat jangka panjang seperti obat-obatan tertentu untuk
rematik arthritis
3. Kontak kulit langsung dengan orang yang terinfeksi
4. Sedang menjalani kemoterapi

Apa Saja Gejala Penyakit Scabies (Kudis) ?
Gejala yang terjadi pada pada penyakit scabies (kudis) terjadi setelah paparan awal kudis, dapat
diperlukan hingga enam minggu untuk gejala muncul. Gejala biasanya berkembang lebih cepat
pada orang yang pernah kudis sebelumnya. Gejala-gejala khas kudis termasuk ruam dan rasa
gatal hebat yang memburuk pada malam hari. Meliputi bagian pergelangan tangan, siku, ketiak,
puting susu, penis, pinggang, pantat, dan daerah di antara jari-jari dan lainya, dapat menimbulkan
goresan terus menerus dan menyebabkan infeksi dan luka.

Apa bahaya dan komplikasi Penyakit Scabies (Kudis) apabila tidak segera diobati?
Scabies tidaklah menyebabkan kematian, namun sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan
dapat menularkan pada orang lain. Komplikasi dari skabies paling sering adalah infeksi sekunder
bakteri akibat luka garukan. Akibat gatal maka seseorang akan terus menggaruk dan
menyebabkan luka, pada luka tersebut dapat masuk bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan
infeksi. Gejala dari infeksi bakteri seperti:
1. Luka koreng.
2. Melenting berisi nanah.
3. Nyeri.
4. Kulit kemerahan dan bengkak.
5. Demam bila infeksi cukup luas.
Pada komplikasi yang lebih berat, skabies dapat menyebabkan kerak dan sisik pada seluruh
permukaan tubuh. Pada fase ini skabies sangat sulit disembuhkan dan sangat menular.
Mematikan atau tidaknya skabies, tetap diperlukan pengobatan oleh dokter. Pengobatan skabies
terkadang diperlukan beberapa kali untuk memastikan seluruh tungau telah mati. Dan selain itu
hindari menggaruk melainkan hanya mengusap bila gatal.

Apakah pengobatan atau prosedur yang dilakukan terhadap Penyakit Scabies (kudis)?
Dokter Anda akan bertanya tentang riwayat medis Anda. Ini termasuk apakah Anda pernah
mengalami Scabies sebelumnya. Perihal pengobatan penyakit Scabies ini membutuhkan
penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada
bidangnya. Pengobatan secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter,
oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar
didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

Bagaimana Pengobatan Penyakit Scabies ( Kudis) Di Klinik Pandawa Jakarta ?
Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit
Scabies (kudis) disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki
dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit scabies ataupun penyakit kulit dan
kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan
pelayanan medis yang kami berikan. Biaya berobat di klinik pandawa juga relatif terjangkau dan
murah. Fasilitas yang dimiliki oleh klinik pandawa antara lain semua ruangan full AC, parkir
luas dan gratis, tersedia laboratorium, apotik, rontgen dan USG, memiliki alat medis modern
termasuk alat laser.

Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.