Apakah Erosi Serviks Berbahaya

A. Penjelasan Erosi Serviks

Erosi serviks adalah kondisi dimana sel-sel kelenjar yang ada didalam serviks tumbuh di luar serviks. Sehingga mengakibatkan peradangan dan infeksi serius.Pertanyaannya adalah apakah Erosi Serviks Berbahaya. Jawabbanya adalah Tidak, jika erosi serviks tidak menimbulkan gejala apapun yang dapat diartikan bahawa tidak terjadi infeksi peada serviks.

B. Gejala Erosi Serviks

Erosi serviks umumnya tidak menimbulkan gejala apapun yang dapat dirasakan oleh penderita sehingga penderita biasanya tidak menyadari bahwa dirinya mengalami erosi serviks. Tapi ada kalanya erosi serviks menimbulkan beberapa gejala pada beberapa kasus. Gejala yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Keputihan yang terlalu banyak, tidak memiliki bau namun jika erosi serviks menyebabkan infeksi pada mulut rahim maka akan timbul bau pada kelenjar yang keluar dari dalam vagina.
  2. Pendarahan setelah melakukan hubungan seksual, karena terjadi peradangan pada mulut rahim
  3. Keluar darah dari vagina dan bukan darah mestruasi
  4. Pendarahan diantara waktu menstruasi

C. Penyebab Erosi Serviks

Erosi serviks biasanya disebabkan oleh perubahan hormon yang disebabkan karena kehamilan atau penggunaan pil KB yang mengandung hormon. Umumnya erosi serviks terjadi pada wanita usia muda. Hormon yang dimaksud adalah hormon estrogen yang meningkat secara berlebihan yang menyebabkan serviks membengkak dan terbuka. Inilah yang menyebabkan sebagian kelenjar sel yang ada didalam serviks keluar. Akibatnya terjadi peradangan karena sel lembut yang ada didalam serviks bertemu dengan sela keras yang ada diluar serviks.

Walaupun erosi serviks umum terjadi pada wanita dan bukan diakibatkan karena penyakit berbahaya, tapi jika dibiarkan terus menerus akan berdampak pada kesehatan wanita. Erosi serviks mengakibatkan penderitanya rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur.

C. Tindakan Erosi Serviks

Erosi seriks biasanya tidak menyebabkan masalah serius jika wanita dapat menjaga kebersihan organ intimnya. Dan kadang erosi serviks dapat sembuh dengan sendirinya dengan menurunnya kadar hormon estrogen pada wanita. Jika tidak menimbulkan gejala apapun erosi serviks tidak perlu untuk diobati. Namun jika erosi serviks mengakibatkan peradangan dan infeksi maka perlu untuk melakukan pemerikasaan kepada doter yang ahli dibidangnya.

Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.

Klinik Pandawa adalah salah satu klinik terbaik di Jakarta, dengan dokter yang sudah berpengalaman lebih dari 15tahun, dan dengan harga yang relatif terjangkau.

Fasilitas dan keunggulan Klinik Pandawa : Memiliki dokter ahli dan berpengalaman, ruangan full AC, parkiran luas dan gratis, memiliki alat yang lengkap dan modern, apotik dan laboratorium, biaya berobat murah dan terjangkau.