APAKAH PENYAKIT PSORIASIS BISA DISEMBUHKAN?

Penyakit psoriasis dalam 10 tahun terakhir ini semakin meningkat dan banyak menyerang orang baik laki-laki maupun wanita. Populasi laki-laki yang lebih tinggi terkena penyakit psoriasis. Penyakit psoriasis ini kebanyakan diderita oleh kelompok usia produktif antara 20-50 tahun. Sebenarnya apa itu penyakit psoriasis ? Mengapa orang bisa terkena penyakit psoriasis ? Apa penyebab penyakit psoriasis ? Bagaimana mengobati penyakit psoriasis ? Apakah bisa disembuhkan penyakit psoriasis ? Apa bahaya penyakit psoriasis?

Definisi Penyakit Psoriasis ?

Penyakit Psoriasis adalah penyakit autoimun yang mengenai kulit, ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan, disertai dengan penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih. Bila sisik ini dilepaskan maka akan timbul bintik perdarahan di kulit dibawahnya. Psoriasis sering timbul di kuku, dimulai dari bintik putih pada kuku sampai ke penebalan kuku, juga mengenai kulit kepala (skalp) ditandai dengan sisik besar dan penebalan dengan warna kemerahan yang akan melewati batas rambut. Selain itu penyakit ini sering mengenai siku dan lutut, walaupun dapat juga mengenai wajah, lipat lutut dan siku, genitalia, telapak tangan dan kaki, sesuai tingkat keparahannya penyakit ini bisa meluas keseluruh tubuh (eritroderma) yang akan menimbulkan kegawatan dan dapat mengancam jiwa. Psoriasis merupakan inflamasi kronis pada kulit yang sering terjadi.

Penyakit psoriasis merupakan penyakit peradangan di kulit yang bersifat kronis, biasanya penderita akan mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat. Penyakit psoriasis terkadang hilang dan muncul kembali, karena penyakit ini dapat menurunkan kualitas hidup dan dapat membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri bila tidak dilakukan pengobatan dengan benar.  Psoriasis dalah kondisi peradangan pada kulit yang terjadi dalam jangka waktu lama (bertahun-tahun) yang ditandai dengan munculnya;

• Ruam kemerahan yang menebal di kulit
  • Bersisik
  • Kulit yang mengelupas
  • Ruam ini dapat terasa gatal
  • Perih

Apakah Penyakit Psoriasis Menular

Penyakit psoriasis menular atau tidak ? psoriasis tidak menular namun dapat diturunkan secara genetik. Dari hasil penelitian menyatakan penyakit psoriasis ini diakibatkan oleh karena adanya kelainan kekebalan tubuh. Namun, sampai saat ini penyakit psoriasis belum diketahui penyebabnya secara pasti, sehingga banyak penderita yang sampai melakukan pengobatan berkali-kali untuk dapat menyembuhkan secara total penyakit psoriasis. Faktor penyebab tersering kekambuhan penyait psoriasis adalah stres dan kelelahan fisik. Maka dari itu sebaiknya penderita harus menghindari hal-hal yang dapat memicu stres. Peradangan ini pada dassarnya dapat muncul pada area kulit manapun namun area tersering yang terkena adalah ;

• Lutut
  • Punggung bagian bawah
  • Siku
  • Kulit kepala

Apakah Penyakit Psoriasis Bisa Kambuh ?

Sampai saat ini perlu pengobatan yang tepat agar psoriasis tidak kambuh. Dalam kasus tertentu, penyakit psoriasis kambuh dan bisa menyebabkan kondisi penderita semakin memburuk bahkan membahayakan jiwa. Psoriasis merupakan penyakit kulit menahun dan bersifat kambuhan yang ditandai bercak-bercak kemerahan, sisik putih, kasar, dan tebal di permukaan kulit penderita serta terasa gatal. Kebanyakan gejala ini tumbuh di daerah kulit kepala, siku, kaki, dan bagian punggung. Penyakit ini diperkirakan muncul saat sistem imun memerintahkan tubuh untuk memberikan reaksi berlebih sehingga mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit. Dalam keadaan normal, sel kulit matang dan berganti dari permukaan kulit setiap 28-30 hari. Sementara penderita psoriasis, sel kulit matang terjadi hanya dalam 3-6 hari.

Bahaya Penyakit Psoriasis Stadium Lanjut

Penyakit Psoriasis disebabkan kelainan pada salah satu sel limfosit darah (sel T) dan dipicu stres, luka kulit, infeksi bakteri, obat-obat tertentu, dan luka bakar karena panas sinar matahari. Pengobatan yang dijalani hingga kini hanya bertujuan menekan gejala, memperbaiki keadaan kulit, dan mengurangi rasa gatal. Secara klinis, psoriasis bisa mengancam jiwa, penyakit psoriasis tidak menular.

Banyak penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa bahaya penyakit psoriasis stadium lanjut akan berisiko meninggal lebih cepat dibandingkan stadium sedang atau tidak menderita sama sekali. Namun sayang, peneliti masih belum mengetahui alasan jelas bagaimana kondisi itu bisa terjadi. Hal itu diakui para peneliti yang menganggap masih dibutuhkan banyak informasi untuk menyimpulkan penyebab kematian pada penderita psoriasis.

Hasil penelitian yang dipimpin Gelfand menyebutkan, di antara seribu orang penderita psoriasis di Inggris periode 1987-2002 ditemukan bahwa penderita pria akan meninggal lebih cepat 3,5 tahun dibandingkan pria yang tidak menderita penyakit. Sementara pada wanita, ditemukan bahwa risiko meninggal lebih cepat 4,4 tahun. Selain itu, kondisi berbeda dapat dilihat pada penderita psoriasis stadium sedang yang tidak ditemukan adanya risiko kematian. Namun, risiko akan meningkat apabila penderita merokok, mengidap hipertensi, serta kanker.

Penderita psoriasis parah menyebabkan kondisi kesehatan makin memburuk, termasuk memicu penyakit jantung. Untuk itu disarakan agar pasien mengunjungi spesialis penyakit kulit untuk selalu melakukan pemeriksaan yang tepat dan menghindari risiko penyakit kardiovaskular, selain mendapatkan perawatan tentunya.

Dalam salah satu teori disebutkan bahwa peradangan kronik akan memengaruhi organ lain dan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, dibutuhkan perawatan sepanjang hidup. Oleh karena itu diharapkan penderita psoriasis memiliki kesadaran untuk langkah antisipasi mau memeriksakan diri ke dokter, sebelum kondisinya makin buruk. Para ahli masih terus mencari tahu penyebab lain dari psoriasis. Penderita yang menderita psoriasis stadium lanjut memiliki risiko besar, sedangkan stadium sedang tidak mengalami hal yang sama

Penanganan Penyakit Psoriasis

Bagaimana penanganan penyakit psoriasis ? Pasien yang menderita psoriasis sudah sewajarnya menerima perawatan komprehensif sebagai upaya mencegah agar kondisi pasien tidak semakin buruk. Selain itu, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan menurunkan risiko kematian. Walaupun, sangat jarang penderita psoriasis meninggal dunia sebagai akumulasi toksin dan reaksi terapi penyakit tersebut. Sementara itu, peradangan kronik akan berdampak pada organ dan kemungkinan akan menimbulkan beberapa penyakit kronik lainnya, termasuk kardiovaskular dan diabetes. Untuk memperkecil kemungkinan sebaiknya melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat dengan dokter ahli.

Menurut Internasional Psoriasis Council, Elizabeth Horn PhD mengungkapkan, psoriasis dapat  menyerang organ tubuh lain dari penderita. Mengapa ? ini disebabkan semakin melemahnya sistem imun, termasuk peradangan dan percepatan pertumbuhan sel kulit dan pembuluh darah. Akibatnya, munculnya peradangan bercak darah pada areal kulit.

Bagaimana Penanganan Psoriasis di Klinik Pandawa ?

Klinik pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam melakukan pengobatan penyakit psoriasis. Klinik Pandawa memiliki fasilitas dan alat yang sangat memadai, modern dan lengkap untuk penanganan penyakit psoriasis. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama bertahun-tahun melayani pasien kulit dan kelamin. Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan dan pengobatan yang di lakukan oleh dokter klinik pandawa. Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah setelah pengobatan, dan hasil pengobatan lebih maksimal. Jika memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol Telp / SMS / WA. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.