Bagaimana Mengobati dan Mencegah Bau Ketiak

Bagaimana Mengobati dan Mencegah Bau Ketiak

Pernah tidak Anda tiba-tiba mencium sebuah bau tak sedap dan tidak kunjung hilang, yang tidak diketahui asalnya dari mana sampai akhirnya kamu sadar kalau bau itu datang dari bau ketiak temanmu?. Setiap orang memiliki bau ketiak yang khas. Namun ada beberapa orang yang memiliki bau ketiak yang sangat menyengat atau bau ketiak tidak sedap. Percaya atau tidak, bau ketiak sebenarnya tidak hanya diakibatkan oleh keringat berlebih yang ada di ketiak walaupun kita seharian menghabiskan waktu di ruangan ber-AC dan akan tetap mengeluarkan bau yang tidak sedap dan tentu akan menggangu orang-orang disekitar kita juga.

 

Apa Itu Bau Ketiak?

Bau ketiak adalah kondisi yang disebabkan oleh kelenjar keringat. Tubuh manusia mengeluarkan keringat adalah hal yang wajar, namun perlu di waspadai karena keringat yang muncul dari ketiak dapat menimbulkan bau ketiak yang tidak sedap. Tubuh manusia memiliki kelenjar keringat yang disebut dengan kelenjar apokrin. Pada masa-masa pubertas, kelenjar apokrin menjadi lebih aktif dari biasanya. Apabila kelenjar apokrin ini sedang mengalami proses pelepasan kimiawi dan terkontaminasi bakteri, akan menghasilkan zat yang tidak sedap. Salah satu zat tersebut adalah amonia, sama dengan yang terkandung pada air urine.

 

Apa Saja Kelenjar Yang Menghasilkan Keringat?

  1. Kelenjar Accrine

Kelenjar accrine adalah kelenjar yang memproduksi keringat bening dan tidak berbau yang dikeluarkan sejak bayi biasanya muncul ditangan, punggung dan dahi. Cairan tersebut berfungsi menurunkan suhu tubuh pada waktu tertentu.

  1. Kelenjar Apokrin

Kelenjar apokrin adalah kelenjar yang menghasilkan keringat dan mengandung lemak biasanya terdapat pada ketiak, dada, kelopak mata, paha dan sekitar alat kelamin. Kelenjar apokrin lebih banyak terdapat di ketiak karena memiliki pori-pori yang cukup besar untuk mengeluarkan keringat oleh karena itu sering timbul bau ketiak yang tidak sedap.

 

Penyebab Bau Ketiak

  1. Mandi Kurang Bersih

Penyebab ketiak bau adalah pada saat mandi kurang bersih. Mandi yang bersih adalah menyabuni atau membersihkan badan terutama di sela-sela atau bagian lipatan yang biasa menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan kuman, makanya diperlukan usaha lebih keras menghilangkan bau pada bagian-bagian tersebut.

  1. Mengonsumsi Makanan Beraroma Kuat

Penyebab ketiak bau juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan yang beraroma kuat seperti bawang, jengkol, pete dan daging merah. Kalau terlalu sering mengonsumi makanan beraroma kuat, ketiak akan lebih bau dari biasanya dan tidak akan hilang walaupun sudah minum air putih dalam jumlah yang cukup karena makanan tersebut mengandung senyawa kimia yang tidak bisa hilang lewat proses pencernaan, justru senyawa tersebut akan mengendapkan bau yang biasa tertinggal di kulit dan saat buang air kecil.

  1. Melakukan Aktivitas Berlebih

Bau ketiak juga bisa disebabkan oleh kelenjar keringat yang keluar berlebihan karena aktivitas seperti olahraga. Keringat yang disebabkan oleh olahraga justru sehat namun tetap harus menjaga kebersihan dan mengganti pakaian sehabis berkeringat supaya baunya tidak mengendap.

  1. Premenstrual Syndrome (PMS)

Penyebab bau ketiak juga dialami oleh wanita menjelang menstruasi atau pada saat menstruasi. Menurut penelitian wanita memiliki bau badan lebih menyengat jelang dan saat menstruasi. Kondisi ini alami dan tetap bisa diatasi dengan mandi yang bersih, menggunakan deodoran atau parfum dan mengganti pakaian setiap kali badan terasa gerah.

  1. Grogi dan Stres

Kondisi psikologi juga dapat menjadi penyebab bau ketiak. Ketika tubuh dalam situasi tidak nyaman secara tidak langsung akan mengaktifkan sistem saraf simpatik sehingga tubuh merespon dengan detak jantung yang lebih cepat dari biasanya, telapak tangan berkeringat dan memproduksi keringat di ketiak yang lebih banyak dan menimbulkan bau tidak sedap.

 

Bagaimana Cara Mencegah Bau Ketiak?

  • Menggunakan antiperspirant
  • Menggunakan pakaian yang nyaman
  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Hindari makanan yang meningkatkan keringat
  • Jauhi keadaan yang memicu hot flashes
  • Periksakan diri ke dokter

Pada dasarnya bau ketiak adalah kondisi yang umum terjadi sebagai respons dari suhu tubuh, aktivitas dan lingkungan. Tetapi bau ketiak bisa membuat kepercayaan diri berkurang karena orang-orang yang berada di sekitar akan merasa tidak nyaman dengan bau ketiak yang sangat menyengat dan penting tetap menjaga kebersihan serta menjaga konsumsi pola makan. Namun jika belum juga menemukan cara yang tepat, jangan malu untuk berkonsultasi ke dokter.

 

Bagaimana Pengobatan Bau Ketiak di Klinik Pandawa?

Klinik pandawa merupakan klinik yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin termasuk pengobatan bau ketiak. Dokter akan melakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Sehubungan dengan bau ketiak. Bila perlu bisa dilakukan beberapa uji tes laboratorium. Penanganan bau ketiak bisa dilakukan di klinik pandawa selain menggunkan obat-obatan namun juga bisa dilakukan operasi dengan metode laser untuk meminimalisasi kelenjar keringat serta membunuh kuman yang ada. Tehnik operasi jauh lebih efektif dan terasa hasilnya. Klinik Pandawa memiliki berbagai fasilitas dan alat yang sangat memadai, modern dan lengkap. Klinik Pandawa juga sudah banyak menangani pasien dengan bau ketiak. Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan yang di lakukan oleh dokter klinik pandawa. Jika memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami melalui klik tombol Whatsapp / SMS / Telp pada tombol Web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.


Disclaimer: “Hasil pengobatan mungkin tidak persis sama karena tergantung situasi dan kondisi pasien”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *