bisul

Bisul / Abses

Bisul / abses ialah benjolan pada kulit yang berwarna merah dan bisa juga sangat menyakitkan. Hal ini disebabkan oleh bakteri. Nama bakteri jenis ini adalah staphylococcus aureus . Setelah beberapa lama, bisul akan terisi dengan nanah. Mereka biasanya ditemukan di folikel rambut (struktur kulit yang berguna untuk menumbuhkan rambut) yang telah terinfeksi. Namun, bisa berada dimana saja di tubuh. Letak ini cenderung memiliki lebih banyak keringat di sekitar folikel rambut dan juga beberapa jenis iritasi. Kombinasi ini memberikan suasana mendidih yang sempurna untuk akhirnya muncul. Jika ada beberapa bisul bersama dalam satu kelompok, itu disebut carbuncle. Saat bisul akan berukuran kacang polong, dan berwarna merah. Karena mengisi dengan nanah maka akan tumbuh dan menjadi lebih menyakitkan. Kulit di sekitar juga akan merah dan mungkin bengkak. Bagian paling atas dari benjolan tersebut pada akhirnya akan memiliki ujung di atasnya yang berwarna putih kekuningan. Setelah beberapa saat, ujung ini akan pecah dan mulai bocor nanah. Anda mungkin juga mengalami demam dan tidak merasa sehat pada umumnya jika Anda memiliki carbuncle.

Cara Perawatan Bisul Kecil

Bisul kecil biasanya bisa diobati sendiri. Bisul kecil yang bisa diobati di rumah bisa berlangsung dari beberapa hari sampai tiga minggu untuk sembuh. Solusi menghilangkannya, seperti :

• Jangan meremas atau mencoba mengeringkan sendiri. Hal ini dapat menyebabkan penyebaran infeksi atau mungkin menyebabkan infeksi sekunder pada bisul.
  • Tempatkan lap basah hangat pada bisul beberapa kali sehari.
  • Tambahkan beberapa tekanan saat memegang kain lap di tempat tanpa langsung menusuknya.
  • Setelah bisul pecah secara alami, tetap ditutupi dengan perban atau kasa. Ini akan membuat infeksi tidak menyebar ke tempat lain.
  • Cuci tangan Anda dengan baik setelah merawat bisul Anda. Karena, hal ini juga untuk mencegah penyebaran infeksi.

Cara Perawatan Bisul Besar

Jikalau anda memiliki bisul besar atau sekelompok bisul ( carbunculosis ), Anda harus menemui dokter untuk perawatanya. Hanya dokter yang bisa mengobati bisul besar dengan aman. Juga, terkadang besar menjadi lembut dan tidak akan meledak dengan sendirinya. Ini adalah masalah lain yang bisa ditangani oleh dokter dengan mengobatinya dengan hati-hati. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk membantu membersihkan infeksi. Hal ini terutama terjadi pada bisul muka, karena berisiko tinggi mengalami komplikasi seperti infeksi sekunder atau jaringan parut.

Radang Kulit

Jika Anda memiliki bisul yang terus kembali lebih dari tiga kali dalam setahun, itu disebut radang kulit berulang. Peradangan kulit biasanya menyebar lebih mudah, terutama di kalangan anggota keluarga Anda, karena sering berulang. Sering kali, bisul dari peradangan kulit ditemukan di daerah di mana lipatan kulit. Daerah ini termasuk di bawah payudara, di bawah perut, di ketiak, dan di daerah selangkangan. Hal seperti ini harus segera ditangani oleh dokter dengan cara yang sama seperti bisul besar lainnya, agar mendapat perawatan yang baik dan aman.

Diagnosa

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B  jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.