Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Kutil (Veruka Vulgaris)

Kutil adalah pertumbuhan kecil dengan tekstur kasar yang dapat muncul di mana saja di bagian tubuh. Dapat terlihat seperti lepuh padat atau kembang kol kecil. Kutil disebabkan oleh virus dalam keluarga human papillomavirus (HPV). Munculnya kutil tergantung pada lokasi tubuh dan ketebalan kulit. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah lebih cenderung memiliki kutil.

Apa Itu Penyakit Kutil (Veruka Vulgaris) ?

Penyakit Kutil (Veruka vulgaris) atau common warts adalah kutil jinak pada kulit dan mukosa yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Dapat muncul di mana saja pada bagian kulit, tetapi seringkali muncul pada jari, tangan dan lengan. Mayoritas pasien dengan veruka vulgaris adalah anak-anak sampai dengan dewasa muda.

Infeksi HPV diperoleh dari kontak langsung dengan individu yang terkena atau dari lingkungan (misalnya, dari lantai yang terkontaminasi di tempat-tempat seperti mandi sperti kolam renang). Kulit yang rusak atau basah merupakan penyebab utama terjadinya infeksi. Virus dapat bertahan hidup di luar tubuh untuk jangka waktu yang lama, mungkin berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

@kog

Apa Saja Gejala Penyakit Kutil (Veruka Vulgaris) ?

Salah satu tanda dari penyakit kutil (veruka vulgaris) ini adalah ditemukannya satu penonjolan atau lebih pada permukaan kulit dengan batas yang tegas dan warna sedikit kemerahan. Namun, penonjolan pada kulit atau kutil tersebut semakin lama dapat bergabung hingga menjadi lebih besar. Kutil atau Penonjolan kulit dapat tumbuh pada bagian tubuh manapun. Namun, kutil atau penonjolan tersebut lebih sering ditemukan pada area punggung, tangan, dan jari tangan. Terkadang penyakit ini tidak menimbulkan gejala apapun. Meskipun begitu terkadang juga menimbulkan rasa nyeri pada tangan, kaki, dan area di bawah kuku hingga dapat merusak kuku. Dan pada anak-anak nyeri tersebut sering muncul pada area wajah atau leher.

Berikut ini adalah tanda dan gejala yang dapat ditimbulkan oleh penyakit kutil (veruka vulgaris)  menurut jenisnya, yaitu :

• Benjolan dengan permukaan kasar. Ukuran benjolan ini berkisar mulai 1 mm hingga 1 cm dan dapat tersebar pada bagian tubuh manapun, namun lebih sering menemukannya pada area tangan dan lutut.
  • Kutil yang berbentuk panjang dan ramping. Biasanya dapat tumbuh dan tersebar di bagian wajah, bibir, dan kelopak mata.
  • Benjolan yang mengkilap dan menjadi bulat. Benjolan ini dapat tumbuh hingga bagian dalam kulit dan berkembang menjadi kapalan. Biasanya, kutil  sering tumbuh pada bagian tubuh yang menahan beban atau berat badan, seperti telapak kaki.
  • Benjolan dengan ukuran 1 – 5 mm. Jumlah benjolan ini dapat mencapai angka ratusan dan dapat tersebar di seluruh bagian tubuh, benjolan ini biasanya terjadi pada area wajah, tangan dan tulang kering.

Jenis-Jenis Penyakit Kutil Dapat Dilihat Sebagai Berikut :

• Kuti Plantar (verruca vulgaris)

Kutil Plantar dapat muncul di bagian pangkal kaki. Memiliki permukaan yang keras, terangkat, kasar dan mungkin tampak seperti cauliflower. Kutil plantar dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tetapi paling umum tumbuh pada jari, siku, lutut, dan area dengan kulit yang rusak. Pembekuan pembuluh darah sering terlihat pada kutil umum plantar sebagai bintik kecil yang gelap yang dikenal sebagai kutil biji.

penyakit kutil (veruka vulgaris) yang menyakitkan sering muncul di kaki, telapak kaki, dan tumit. Tumbuh di kulit karena berat badan yang mendorong ke telapak kaki. Kutil plantar biasanya memiliki titik hitam, pusat kecil yang dikelilingi oleh jaringan putih yang keras. Kutil Plantar sangat sulit untuk dibersihkan.

• Kutil pesawat, atau veruka plana.

Kutil pesawat berbentuk bulat, datar, dan halus. Berbentuk kekuningan, kecoklatan, atau berwarna kulit. Dikenal juga sebagai kutil datar, mereka tumbuh paling sering di daerah yang terkena sinar matahari. Dan cenderung tumbuh dalam jumlah yang lebih besar, antara 20 hingga 100.

• Filiform warts, atau verruca filiformis

Kutil filiform berbentuk panjang dan kurus.biasanya dapat tumbuh dengan cepat di bagian  kelopak mata, leher, dan ketiak.

• Kutil mosaik

Kutil mosaik atau bagian dari beberapa gabungan kutil plantar dalam kelompok besar. Bentuknya seperti benjolan tapi tidak seperti tahi lalat, berwarna sama dengan kulit. Kutil ini tidak mengandung nanah kecuali ketika kutil mosaik terjadi infeksi.

Apa Penyebab Penyakit Kutil (Veruka Vulgaris) ?

Penyakit Kutil (Veruka Vulgaris) disebabkan oleh infeksi HPV (Human papiloma virus) pada epidermis. Yang telah diketahui penyebab terjadinya kutil  adalah sub tipe HPV 1, 2, 4, 7, 27, 29, 57 dan 63. Virus HPV menyebabkan pertumbuhan keratin yang berlebihan dan cepat, yang merupakan protein keras pada lapisan atas kulit yang menyebabkan kutil yang berbeda. Virus penyebab kutil dapat ditularkan melalui kontak langsung pada kulit, kontak dengan handuk atau sepatu. Dapat mempengaruhi sel epitel yang menyebabkan papula atau benjolan kecil yang kasar. Masa inkubasi atau pertumbuhan veruca (kutil kulit) sangat bervariasi, mulai dari satu bulan hingga lebih dari setahun.

@kog

Virus dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh dengan cara :

• menggaruk atau menggigit kutil
  • mengisap jari yang terkena kutil (veruca)
  • menggigit kuku yang terkena kutil di sekitarnya
  • mencukur wajah atau kaki
  • Kulit basah atau rusak, dan bersentuhan dengan permukaan kasar veruka (kutil kulit)  meningkatkan risiko infeksi
  • Goresan atau luka di telapak kaki yang dapat menimbulkan veruka (kutil kulit) di bagian dalam yang biasa tertular di sekitar kolam renang umum. Resiko utama dapat ditularkannya kutil atau veruka jika orang tersebut memiliki sistem kekebalan yang terganggu. Ini termasuk orang dengan HIV atau AIDS, dan mereka yang menggunakan imunosupresan setelah transplantasi.

Apakah Bahaya Penyakit Kutil (Veruka Vulgaris) Apabila Tidak Diobati ?

Komplikasi sekunder yang dapat terjadi apabila  kutil tidak segera diobati, maka akan timbulnya :

• Rasa sakit
  • Infeksi yang semakin parah
  • Penyebaran kutil pada tubuh bagian lain
  • Bekas luka yang merusak bentuk kulit tubuh dan tampilan
  • Terjadinya kelainan penyembuhan luka atau disebut juga dengan keloid formation sehingga menimbulkan kerusakan pada kulit
  • Psychological rasa cemas yang tinggi atau perubahan varuca (kutil kulit) yang menjadi ganas.

Bagaimana Meneggakkan Diagnosis Penyakit Kutil (Veruka Vulgaris) ?

Diagnosis terhadap penyakit kutil (veruka vulgaris) ini didasarkan pada penampilan klinis kulit penderita. Gambaran klinis akan membantu dokter dalam menegakkan diagnosis dan menyingkirkan kemungkinan lainnya. Dalam proses diagnosis, dokter juga akan melakukan pemeriksaan yang meliputi wawancara terarah dan pemeriksaan kulit. Dokter mungkin bertanya tentang riwayat keluarga, dan mengambil beberapa jaringan untuk di tes. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan dengan mikroskop jika diperlukan. Ingat, segeralah konsultasikan kepada dokter jika anda mengalami keluhan yang serupa dengan gejala dan tanda penyakit kutil (veruka vulgaris) yang telah disebutkan. Sehingga dapat mempercepat penyembuhan serta pemberian terapi yang benar, sesuai, dan tepat.

Bagaimana Pengobatan Penyakit Kutil (Veruka vulgaris) Di Klinik Pandawa?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan Penyakit Kutil (Veruka Vulgaris) disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit kulit dan lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan.

Perlu anda ketahui beberapa keunggulan klinik pandawa dibandingkan klinik lainnya yang setara antara lain :

• Memiliki dokter ahli dan berpengalaman
  • Memiliki ruangan full AC
  • Parkir luas dan gratis
  • Memiliki laboratorium dan apotik
  • Biaya relatif murah dan terjangkau
  • Memiliki alat medis modern termasuk alat laser, USG, Rontgen.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS / Telp pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.