Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Herpes Genital

cara-mengatasi-dan-mengobati-penyakit-herpes-genital

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Herpes Genital

Penyakit Herpes Genital adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Virus ini mempengaruhi genitalia eksterna, daerah anus, permukaan mukosa, dan kulit yang menyebabkan kondisi jangka panjang. Virus herpes dapat tertidur selama bertahun-tahun setelah terpapar, dan gejala dapat muncul kapan saja. Ketika wabah herpes genital terjadi, biasanya muncul sebagai patch benjolan merah atau putih kecil atau bisul merah. Infeksi virus memasuki tubuh melalui istirahat di kulit atau melalui area lembab (selaput lendir) seperti mulut, anus, dan vagina. lalu bagaimana cara mengatasi dan mengobati penyakit herpes genital?

Apakah Yang Dimaksud Dengan Penyakit Herpes Genital?

Penyakit Herpes genital adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). Kebanyakan tidak memiliki gejala, atau gejalanya begitu ringan sehingga orang tidak tahu bahwa mereka sedang terinfeksi. Tetapi pada beberapa orang yang mengalami infeksi dapat menyebabkan serangan gatal dan nyeri di daerah kelamin. Setelah terjadinya wabah pertama, virus herpes genital ini tetap berada di sel-sel saraf di bawah kulit dan berubah menjadi tidak aktif. Biasanya menjadi aktif kembali dari waktu ke waktu, bergerak kembali ke kulit dan menyebabkan lebih banyak luka. Hal-hal seperti stres, penyakit, pasangan seks baru, atau menstruasi dapat memicu wabah baru.

Apa Penyebab Dan Faktor Resiko Terjadinya Penyakit Herpes Genital ?

penyakit herpes genital dapat disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) atau virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2). Virus herpes simpleks HSV-1 atau HSV-2 dapat menyebabkan luka di bibir (luka dingin) dan luka pada alat kelamin. HSV-1 lebih sering menyebabkan luka dingin dan HSV-2 lebih sering menyebabkan luka genital.

Hal-hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya herpes genital meliputi :

• Memiliki lebih dari satu pasangan seks
  • Memiliki pasangan atau mitra berisiko tinggi (memiliki lebih dari satu pasangan seks atau memiliki pasangan seks yang terinfeksi herpes)
  • Memiliki hubungan seksual yang tidak terlindungi (tidak menggunakan kondom)
  • Memulai aktivitas seksual di usia muda
  • Memiliki sistem kekebalan yang lemah
  • Wanita lebih berpotensi dari pada laki-laki untuk terinfeksi herpes genital. Dan gejala herpes genital cenderung lebih parah dan lebih tahan lama. Wanita juga berisiko lebih besar mengalami komplikasi dari infeksi herpes genital.
  • Memiliki luka terbuka yang meningkatkan risiko terinfeksi herpes genital jika terpapar HIV.
  • Setiap anak dengan herpes kelamin perlu dievaluasi oleh dokter untuk melihat apakah itu adalah akibat dari pelecehan seksual.

Apa Saja Gejala Penyakit Herpes Genital ?

Kebanyakan orang tidak pernah memiliki gejala atau memiliki gejala yang begitu ringan sehingga mereka tidak mengenalinya. Tetapi beberapa orang memiliki gejala yang menyakitkan dan mengganggu. Kadang-kadang gejala-gejala tersebut membingungkan dengan masalah umum lainnya, seperti infeksi jamur atau vaginosis. Wabah herpes pertama cenderung berlangsung paling lama dan menjadi yang paling parah. Ketika seseorang tertular pertama kali, mungkin tidak terdapat sores atau lepuhan kecil. Periode pertama kali herpes genital biasanya berada di situasi yang terparah.

Gejala penyakit Herpes Genetal secara umum dapat dilihat sebagai berikut :

• Alat kelamin dan sekitarnya terasa gatal, nyeri dan terbakar
  • timbul bintik-bintik merah, melepuh dan menyakitkan, kemudian lepuhan tersebut akan pecah menjadi luka, dan perlahan-lahan kering, bersisik dan mungkin hilang dalam waktu 5 sampai 15 hari namun sebenarnya virus terus tumbuh dalam tubuh
  • Selain itu lepuhan dapat terjadi dan menular melalui mulut atau anus, apabila pasien melakukan hubungan seks oral dan
  • Untuk orang-orang yang memperhatikan infeksi pertama herpes genital, biasanya muncul sekitar 2 hingga 14 hari setelah mereka terkena herpes genital
  • Beberapa orang memiliki wabah lepuh gatal dan menyakitkan pada penis atau di sekitar pembukaan vagina.
  • Gejala seperti flu, seperti demam, sakit kepala, dan nyeri otot. Gejala-gejala ini biasanya membaik dalam waktu seminggu.
  • Kesemutan, rasa terbakar, gatal, dan kemerahan di tempat terjadinya wabah.
  • Lepuh juga dapat muncul pada anus, pantat, paha, atau skrotum, baik sendiri atau dalam kelompok. Mereka mungkin hampir tidak terlihat atau sebesar koin.
  • Luka-luka yang menyakitkan dan keluar yang disebabkan oleh lecet yang pecah terbuka.
  • Kelenjar getah bening yang bengkak dan lunak di selangkangan.
  • Buang air kecil yang menyakitkan.
  • Keluarnya cairan dari vagina atau penis.
  • Gejala wabah kemudian biasanya terbatas pada lecet, luka, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Lepuh bisa memakan waktu hingga tiga minggu untuk sembuh.

Apakah Bahaya Penyakit Herpes Genetal apabila tidak segera diobati?

Apabila penyakit Herpes Genetal tidak segera diobati maka virus akan semakin berkembang dan menyebabkan lepuhan atau luka yang semakin parah, serta kerusakan pada kulit dan kemaluan. Serta resiko yang tinggi terhadap bayi yang terlahir dari ibu dengan herpes genetalis, lahir pervaginam atau melalui jalan lahir akan menyebabkan kerusakan otak dan kebutaan. Maka dari itu pada ibu hamil, harus lebih berhati-hati agar tidak terinfeksi. Karena bisa menularkan infeksi ke bayi selama persalinan, yang dapat menyebabkan masalah serius bagi bayi Anda. Jika mengalami wabah menjelang tanggal melahirkan, anda mungkin perlu melahirkan bayi melalui operasi caesar. Oleh sebab itu sangat penting untuk memberi tahu dokter apabila memiliki herpes genital. Karna dokter akan melakukan tindakan untuk mencegah virus yang ditransmisikan kepada bayi selama persalinan.

Bagaimana Pengobatan Penyakit Herpes Genital Di Klinik Pandawa ?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit Herpes Genital disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit Herpes Genital ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan.

Perlu anda ketahui beberapa keunggulan klinik pandawa dibandingkan klinik lainnya yang setara antara lain :

• Memiliki dokter ahli dan berpengalaman
  • Memiliki ruangan full AC
  • Parkir luas dan gratis
  • Memiliki laboratorium dan apotik
  • Biaya relatif murah dan terjangkau
  • Memiliki alat medis modern termasuk alat laser, USG, Rontgen.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS / Telp pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.