PEMBENGKAKAN PADA VAGINA DI SEBABKAN OLEH KISTA BARTHOLINI

Bartholini merupakan kelenjar yang terletak pada setiap sisi lubang vagina. Kelenjar ini berfungsi mengeluarkan cairan pelumas vagina. Terkadang aliran dari kelenjar ini terhambat dan menyebabkan cairan kembali ke kelenjar dan terjadinya pembengkakan, tidak menimbulkan rasa nyeri yang disebut dengan kista Bartholin. Kista Bartholin ini merupakan kantung atau benjolan berisis cairan kecil yang terletak di sisi lubang vagina (bibir vagina). Pada umumnya kista ini tidak dapat terlihat oleh mata, namun ada dapat merasakannya dengan rabaan. Biasanya akan teraba lunak dan tidak nyeri serta tidak menimbulkan masalah.

Apa Itu Penyakit Kista Bartolini?

Kista Bartolini/vagina adalah kantong tertutup udara berisi cairan, terletak di atas atau di bawah lapisan vagina. Ada beberapa jenis kista vagina ini dapat disebabkan oleh cedera saat persalinan, penumpukan cairan di kelenjar Anda, atau tumor jinak (bukan kanker) di dalam vagina. kondisi ini terjadi dimana sel-sel kelenjar yang ada didalam serviks tumbuh di luar serviks. Sehingga mengakibatkan peradangan dan infeksi serius.

Penyebab dan Faktor Kista Bartolini?

Kelenjar Bartholin juga dikenal dengan kelenjar vestibular utama yaitu pasangan kelenjar antara vagina dan vulva yang menghasilkan pelumas ketika dirangsang dan membantu dalam hubungan seksual dengan mengurangi gesekan. Cairan yang mengalir dari kelenjar Bartholin ini masuk ke bagian bawah pintu masuk vagina. Jika ada sumbatan di saluran ini, maka pelumas akan menumpuk dan berkembang membentuk kista yang disebut dengan kista Bartholin.
Meskipun kista Bartholin tidak ditularkan melalui hubungan seksual, namun gonorhea merupakan penyebab umum terhjadinya kista Bartholin.

Jadi penyebab utama kista adalah cadangan cairan yang terjadi ketika saluran menjadi tersumbat. Saluran dapat tersumbat karena cedera atau iritasi, serta pertumbuhan kulit ekstra. Dalam beberapa kasus, infeksi dapat menyebabkan pertumbuhan kista. Bakteri yang dapat menginfeksi kista termasuk Escherichia coli dan bakteri yang menyebabkan gonore atau klamidia. Meskipun wanita dari segala usia dapat mengembangkan kista, itu lebih sering terjadi pada wanita usia reproduksi, terutama antara usia 20 dan 29 tahun.

Apa Saja Gejala Penyakit Kista Bartolini ?

Tanda dan gejala kista bartholin jika masih kecil dan tidak terinfeksi maka akan berbentuk benjolan tanpa rasa sakit dan teraba lunak mungkin tidak anda tidak akan memperhatikan. Namun jika kista ini terinfeksi dan tumbuh, maka ukuran kista Bartholin dapat membesar dalam kurun waktu beberapa jam atau hari dan infeksi menyebabkan pembengkakan disertai  dengan munculnya nanah (abses) dan terasa sakit. Sehingga menyebabkan penderita kesulitan untuk duduk, berjalan, atau berhubungan seksual.

mungkin akan menimbulkan tanda dan gejala umum seperti :

• Benjolan atau massa di dekat lubang vagina
  • Jika kista sudah terinfeksi maka teraba luna dan terasa nyeri
  • Ketidaknyamanan saat berjalan atau duduk
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Demam
  • Adanya pembengkakan atau memerah pada bibir vagina Kista Bartholin ini biasanya muncul hanya pada satu sisi bibir vagina.

Siapakah Yang Beresiko Terkena Kista Bartholin ?

Kista Bartholin biasanya terjadi pada wanita nullipara (belum pernah melahirkan) usia subur. Seorang wanita cenderung memiliki kista Bartholin ketika :

• Pada usia muda sudah aktif melakukan hubungan seksual
  • Belum pernah hamil
  • Riwayat memiliki kista Bartholin sebelumnya
  • Riwayat infeksi menular seksual
  • Riwayat pembedahan vulva

Apa bahaya dan komplikasi Penyakit Kista Bartolini apabila tidak segera diobati?

Meskipun pada umumnya kista Bartholin ini tidak berbahaya, tetapi jika dibiarkan saja akan menjadi berbahaya. Beberapa komplikasi akibat kista Bartholin adalah, Terjadinya infeksi pada kista Bartholin, membuat kumpulan nanah yang sangat menyakitkan (abses).
Tanda-tanda terjadinya abses adalah merah, bengkak, terasa panas dan lembut
Jika hal ini terus didiamkan maka menyebabkan komplikasi yang lebih berbahaya lagi. Karena jika infeksi telah masuk penduluh darah, maka akan menyebar ke seluruh tubuh, sehingga terjadi sepsis. Jika telah terjadi sepsis maka pengobatan dan penanganan pun akan lebih sulit dan memakan waktu yang lama, mungkin juga akan terjadi kematian.

Apakah pengobatan atau prosedur yang dilakukan terhadap Penyakit Kista Bartolini?

Pada tahapan awal kedatangan pasien dokter akan bertanya mengenai riwayat kesehatan, kemudian melakukan pemeriksaan fisik. Penting bagi wanita untuk melakukan pemeriksaan rutin pada daerah panggul terutama apabila ditemukan benjolan, untuk mengetahui diagnosis penyakit. Selain pemeriksaan pada daerah panggul, dokter juga akan mengambil contoh cairan dari vagina untuk mengetahui apakah ada infeksi menular seksual atau tidak.

Perihal pengobatan penyakit Kista Bartolini ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

Bagaimana Pengobatan Penyakit Kista Bartolini Di Klinik Pandawa Jakarta ?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit Kista Bartolini disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit Kista Bartolini ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan. Biaya berobat di klinik pandawa juga relatif terjangkau dan murah. Fasilitas yang dimiliki oleh klinik pandawa antara lain semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, tersedia  laboratorium, apotik, rontgen dan USG, memiliki alat medis modern termasuk alat laser.

Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.