Gejala dan Bahaya Penyakit Herpes Zoster

Herpes Zoster merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus yang disebut juga dengan Human Herpes Virus, disingkat dengan HPV. Penyakit ini merebak pada daerah atau kawasan bagian kulit. ini dikarenakan adanya daya tular virus melalui kontak langsung maupun melalui udara. Orang yang terkena Penyakit Herpes Zoster umumnya orang dengan kondisi tubuh yang lemah. Apa Itu Penyakit Herpes Zoster ?, Apa Saja Gejala Pada Penyakit Herpes Zoster ?, Apa Penyebab Dan Faktor Resiko Terjadinya Penyakit Herpes Zoster ?, Apa Bahaya dan Komplikasi Dari Penyakit Herpes Zoster Jika Tidak Segera Diobati ?, Bagaimana Diagnosis Dan Pengobatan Terhadap Penyakit Herpes Kulit (Herpes Zoster) ?, Bagaimanakah Pengobatan Penyakit Herpes Kulit (Zoster) Di Klinik Pandawa?

Apa Itu Penyakit Herpes Zoster ?

Penyakit herpes zooster adalah salah satu jenis penyakit kulit dimana munculnya gelembung-gelembung air disertai nyeri pada bagian kulit yang disebabkan karena adanya virus herpes  zooster yang sudah menginfeksi tubuh. Virus penyebab penyakit herpes adalah Human Herpes Virus, disingkat dengan HPV. Cacar atau herpes ada 2 macam golongan yaitu Herpes Genital dan Herpes Zooster. Penyakit Herpes Zooster yang disebut dengan penyakit shingles (cacar ular) yaitu infeksi kulit yang disebabkan oleh virus varicella-zooster yang menimbulkan gelembung cairan pada bagian tubuh tertentu sesuai dengan area dermatom kulit. Sedangkan herpes genital (herpes simpleks) ditularkan melalui hubungan seksual yang sering terjadi pada alat kelamin dan bibir.

Setelah terpapar, virus dapat tertidur selama bertahun-tahun. Kebanyakan orang dewasa dengan virus tidak aktif, tidak mengalami wabah herpes zoster atau masalah lebih lanjut. Namun, pada beberapa individu, dapat mengaktifkan kembali virus tersebut.

Virus yang sama yang menyebabkan cacar atau herpes zoster ini disebut virus varicella zoster (VZV). Bahkan setelah sembuh dari cacar air, VZV tetap aktif di dalam tubuh. Virus cacar air dapat mengaktifkan kembali beberapa tahun atau bahkan beberapa dekade kemudian. Ketika ini terjadi, seseorang akan mengembangkan herpes zoster. Hingga mengakibatkan kondisi yang menyakitkan dengan komplikasi parah, jadi untuk mengenali gejala awal adalah penting.

Apa Saja Gejala Pada Penyakit Herpes Zoster ?

Gejala dari herpes zoster adalah akan timbulnya bintil pada kulit yang berisi air, dan dengan ciri-ciri seperti :

• Bintil yang muncul pada bagian tubuh seperti cacar air
  • Bintil tersebut hanya setempat.
  • Jaringan sekitar bintil menjadi bengkak.
  • Bintil akan berkembang menjadi luka lepuh.
  • Luka lepuh tersebut akan pecah sehingga menjadi luka berkerak.
  • Timbul bintil di area mata dan dapat mengganggu penglihatan.
  • Rasa seperti terbakar, kaku, dan kesemutan pada bintil dan akan semakin parah bila tersentuh.

Selain gejala di atas adapun gejala lain yang dirasakan oleh penderita penyakit ini, yaitu:

• Sakit kepala
  • Lemas
  • Silau terhadap cahaya

Apa Penyebab Dan Faktor Resiko Terjadinya Penyakit Herpes kulit (Zoster) ?

Orang yang  sebelumnya menderita cacar air akan lebih rentan terkena herpes zoster. Diperkirakan bahwa setengah dari semua kasus herpes zooster terjadi pada orang yang berusia 60 tahun dan lebih tua. Kelompok lain yang rentan mengembangkan herpes zoster meliputi:

• Orang dengan HIV
  • Orang yang menjalani perawatan kanker
  • Pasien transplantasi organ
  • Mereka yang mengalami banyak stres
  • Telah menjalani kemoterapi atau pengobatan radiasi
  • Mengkonsumsi obat yang melemahkan sistem kekebalan, seperti steroid atau obat yang diberikan setelah transplantasi organ
  • Orang dengan sistem kekebalan yang lemah dari kondisi seperti HIV, AIDS, leukemia, kanker atau limfoma
  • Orang yang pernah menderita cacar air

Apa Bahaya dan Komplikasi Jika Tidak Segera Diobati ?

Pada penderita dengan herpes zooster yang berat akan memberikan dampak, bahaya dan komplikasi antara lain :

1. Neuralgia pasca herpes

Nyeri saraf (neuralgia) akibat infeksi virus herpes zoster yang tetap bertahan setelah lepuhan kulit menghilang. Masalah ini jarang terjadi pada usia di bawah 50 tahun, rasa nyeri biasanya secara bertahap menghilang dalam satu bulan tetapi pada beberapa orang dapat berlangsung berbulan-bulan bila tanpa pengobatan.

1. Infeksi kulit / Abses

Lepuhan kulit yang  terinfeksi  oleh bakteri dapat mengakibatkan lepuhan menjadi merah dan meradang.

1. Masalah mata atau kebutaan

Herpes zoster yang mengenai  mata dapat menyebabkan peradangan sebagian atau seluruh mata akibatnya dapat mengancam penglihatan, kelopak mata jatuh (eye drop), hingga kebutaan

1. Kelemahan atau layuh otot

Kemungkinan dapat menyebabkan saraf yang terkena dampak adalah saraf motorik dan saraf sensorik menimbulkan kelemahan (palsy) pada otot-otot yang dikontrol oleh saraf.

1. Untuk area wajah bisa menimbulkan bells palsy atau migrain
  2. Untuk area kelamin bisa menimbulkan gangguan ereksi dan ejakulasi
  3. Untuk wanita hamil beresiko keguguran dan kelahiran cacat janin
  4. Infeksi kulit
  5. Ensefalitis, atau radang otak
  6. Mielitis melintang, atau radang medula spinalis
  7. Bercak putih karena kehilangan pigmen di daerah ruam
  8. Sindrom Ramsay Hunt

Bagaimana Diagnosis Dan Pengobatan Terhadap Penyakit Herpes Kulit ?

Dokter akan memeriksa terlebih dahulu dan akan memberikan diagnosa suatu penyakit dengan bertanya tentang riwayat medis anda. Termasuk apakah anda pernah mengalami penyakit herpes kulit sebelumnya. Lalu melakukan tes atau pemeriksaan fisik untuk mendapatkan hasil yang akurat terhadap penyakit herpes kulit . Mereka akan mengambil riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan penyebabnya.

Perihal pengobatan penyakit herpes kulit  ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

Bagaimanakah Pengobatan Penyakit Herpes Kulit (Zoster) Di Klinik Pandawa?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan Penyakit Herpes Zoster disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit herpes zoster ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan.

Perlu anda ketahui beberapa keunggulan klinik pandawa dibandingkan klinik lainnya yang setara antara lain :

• Memiliki dokter ahli dan berpengalaman
  • Memiliki ruangan full AC
  • Parkir luas dan gratis
  • Memiliki laboratorium dan apotik
  • Biaya relatif murah dan terjangkau
  • Memiliki alat medis modern termasuk alat laser, USG, Rontgen.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS / Telp pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.