gejala stomatitis

Gejala Stomatitis

Gejala stomatitis – Infeksi herpes simpleks 1 (HSV-1) kasus virus herpes stomatitis. Hal ini lebih sering terjadi pada anak kecil antara usia 6 bulan dan 5 tahun. Orang yang terpapar HSV-1 dapat mengalami luka di kemudian hari sebagai akibat dari virus tersebut. HSV-1 berhubungan dengan HSV-2, virus yang menyebabkan herpes genital , namun bukan virus yang sama.

Aphthous stomatitis bisa berupa satu atau sekelompok lubang kecil atau borok di pipi, gusi, bagian dalam bibir, atau lidah. Ini lebih sering terjadi pada orang muda, paling sering berusia antara 10 dan 19 tahun.

Aphthous stomatitis bukan disebabkan oleh virus dan tidak menular. Sebaliknya, hal itu disebabkan oleh masalah dengan kebersihan mulut atau kerusakan selaput lendir.

Beberapa penyebabnya yaitu, meliputi :

• Jaringan kering dari pernapasan melalui mulut karena saluran hidung tersumbat.
  • Luka ringan akibat kerja gigi, gigitan pipi disengaja, atau luka lainnya.
  • Permukaan gigi yang tajam, kawat gigi, gigi palsu, atau retainer.
  • Penyakit celiac.
  • Kepekaan makanan terhadap stroberi, buah sitrus, kopi, coklat, telur, keju, atau kacang-kacangan.
  • Respon alergi terhadap bakteri tertentu di mulut.
  • Penyakit radang usus.
  • Penyakit autoimun yang menyerang sel-sel di mulut.
  • HIV / AIDS.
  • Melemahkan sistem kekebalan tubuh.
  • Kekurangan vitamin B-12, asam folat, zat besi, atau seng.
  • Obat tertentu.
  • menekankan.
  • Infeksi Candida albicans.

Gejala stomatitis :

Stomatitis herpetik biasanya ditandai dengan beberapa lecet yang terjadi pada :

• Gusi
  • Pipi
  • lidah
  • Bibir

Lepuh bisa menyulitkan atau menyakitkan untuk makan, minum, atau menelan. Dehidrasi adalah risiko jika minum tidak nyaman. Nyeri, dan gusi bengkak juga bisa terjadi. Dan luka dingin juga bisa menyebabkan iritabilitas. Jika anak Anda mudah tersinggung dan tidak makan atau minum, itu mungkin pertanda bahwa mereka akan terkena sakit dingin.

Demam adalah gejala lain dari infeksi HSV-1, dan bisa sampai setinggi 104 ° F (40 ° C). Demam terjadi beberapa hari sebelum lecet muncul. Setelah lecet pop, bisul bisa terbentuk di tempat mereka. Infeksi sekunder ulkus ini bisa terjadi. Seluruh infeksi berlangsung antara tujuh dan 10 hari.

Aphthous stomatitis adalah ulkus bulat atau oval dengan batas merah yang meradang. Bagian tengahnya biasanya berwarna putih atau kuning. Kebanyakan luka sariawan kecil dan oval, dan sembuh dalam satu sampai dua minggu tanpa jaringan parut. Luka yang lebih besar dan tidak teratur dapat terjadi dengan luka yang meluas dan membutuhkan waktu enam atau lebih minggu untuk sembuh. Ini bisa meninggalkan bekas luka di mulut. Orang dewasa yang lebih tua mungkin mengalami sesuatu yang disebut “herpetiform”. Virus HSV-1 tidak menyebabkan hal tersebut. Herpetiform sariawan sangat kecil, tapi terjadi pada kelompok 10 sampai 100. Mereka sembuh dalam waktu dua minggu.

Bisakah Anda Mencegah Gejala Stomatitis?

Setelah terinfeksi virus HSV-1, Anda akan memiliki virus selama sisa hidup Anda. Ditemukan di sekitar 90 persen orang dewasa di seluruh dunia. Menahan diri dari berciuman atau berbagi peralatan makan dengan seseorang yang menderita flu terbuka dapat membantu mencegah penyebaran infeksi.

Untuk stomatitis aphthous, suplemen nutrisi tertentu seperti vitamin B (folat, B-6, B-12) dapat membantu.Makanan tinggi vitamin ini juga bisa membantu. Beberapa makanan tinggi vitamin B meliputi:

• Brokoli
  • Paprika
  • bayam
  • Hati sapi
  • kacang-kacangan
  • asparagus

Kebersihan mulut yang tepat juga penting. Anda juga harus menghindari makanan asam atau pedas jika makanan tersebut telah memicu wabah di masa lalu. Dan cara lain untuk menghindari wabah adalah tidak berbicara sambil makan, karena ini meningkatkan kesempatan menggigit pipinya. Lilin gigi bisa menghaluskan tepi peralatan gigi seperti retainer atau kawat gigi. Jika stres tampak menjadi pemicu, latihan relaksasi bisa membantu.