Imunoterapi Untuk Kanker Prostat

Imunoterapi Untuk Kanker Prostat

Imunoterapi menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker prostat. Ini adalah salah satu dari beberapa pilihan pengobatan jika kanker Anda telah kembali setelah Anda memiliki:

  • Memiliki prostatektomi untuk mengeluarkan kelenjar prostat Anda.
  • Menjalani terapi radiasi.
  • Memiliki terapi hormon.

Imunoterapi sering digunakan bersamaan dengan jenis pengobatan kanker lainnya, seperti terapi radiasi atau terapi hormon.

Imunoterapi adalah bidang penelitian aktif. Karena menggunakan sistem kekebalan tubuh sendiri untuk melawan penyakit, biasanya memiliki efek samping lebih sedikit dibanding perawatan lainnya. Hanya satu agen imunoterapi yang saat ini disetujui untuk pengobatan kanker prostat. Agennya adalah vaksin yang disebut sipuleucel-T (Provenge) . Jika Anda tertarik dengan pilihan imunoterapi lainnya, bicarakan dengan dokter Anda tentang berpartisipasi dalam percobaan klinis.

Bagaimana cara kerja imunoterapi?

Imunoterapi bekerja dengan memicu sistem kekebalan tubuh Anda untuk merespons atau tetap aktif. Sistem kekebalan tubuh Anda adalah cara tubuh Anda melawan infeksi. Imunoterapi juga menghambat protein yang mencegah sistem kekebalan tubuh melakukan tugasnya.

Sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh Anda terdiri dari jaringan, organ, dan sel di seluruh tubuh Anda. Tujuannya adalah untuk melawan zat berbahaya yang asing bagi tubuh Anda, seperti:

  • Bakteri
  • Virus
  • Racun
  • Sel kanker

Zat berbahaya ini disebut antigen. Mereka mungkin ditemukan di tempat luka, infeksi, atau tumor kanker. Sel darah putih adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh Anda. Bila Anda menderita kanker, sistem kekebalan tubuh Anda telah gagal untuk secara efektif menyerang sel kanker. Periset tidak tahu persis mengapa sistem kekebalan Anda berhenti melindungi Anda dari sel kanker. Entah sel tumor atau sel sistem kekebalan tubuh Anda mungkin memiliki kemampuan untuk mematikan respons kekebalan tubuh.

Imunoterapi dirancang untuk membantu sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik. Terapi ini memicu sistem kekebalan tubuh Anda untuk menyerang antigen atau membantu sistem kekebalan tubuh Anda bekerja lebih efektif.

Jenis imunoterapi :

Imunoterapi adalah istilah umum untuk sejumlah terapi yang menggunakan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan kanker.

Vaksin terapeutik

Anda mungkin sudah familiar dengan vaksin yang melindungi Anda dari penyakit yang tertular. Vaksin terapeutik berbeda dengan vaksin lainnya. Alih-alih melindungi Anda dari pengembangan penyakit, mereka terbiasa menangani penyakit yang ada.

Vaksin kanker terapeutik mengaktifkan sel T, yaitu sel darah putih yang menghancurkan sel kanker. Mereka juga dapat memacu sistem kekebalan tubuh Anda untuk menghasilkan lebih banyak antibodi. Seperti vaksin pencegahan, vaksin terapeutik mengandung antigen yang biasanya disuntikkan ke sistem Anda.

Vaksin terapeutik pertama untuk kanker prostat, sipuleucel-T, diperkenalkan pada tahun 2010. Saat ini satu-satunya pengobatan imunoterapi yang disetujui oleh FDA untuk kanker prostat.

Sipuleucel-T digunakan untuk mengobati kanker yang telah bermetastasis, atau menyebar di luar kelenjar prostat. Ini menggunakan sel dari sistem kekebalan tubuh Anda yang telah dikirim ke laboratorium untuk dibiakkan dengan protein yang merangsang sistem kekebalan tubuh.

Kebanyakan pria mentolerir infus sipuleucel-T lebih baik daripada jenis pengobatan tradisional seperti kemoterapi atau terapi radiasi. Efek samping yang paling umum adalah:

  • sakit kepala
  • demam
  • panas dingin
  • mual
  • kelelahan

Penghambat imun

Sel kanker adalah mutasi sel tubuh Anda sendiri. Sel kanker mengirim sinyal ke protein di sel kekebalan Anda, yang disebut reseptor PD-1 dan CTLA-4. Sinyal ini meniru tubuh Anda agar berpikir bahwa sel itu normal. Inilah sebabnya mengapa sistem kekebalan tubuh Anda tidak mengenali mereka sebagai penyerang dan tidak menghentikan mereka untuk membagi dan berkembang.

Penghambat checkpoint imun mengganggu sinyal yang dikirim sel kanker ke reseptor PD-1 dan CTLA-4. Sistem kekebalan tubuh Anda kemudian dapat mengenali bahwa sel kanker adalah penyerang dan mulai melawannya.

Penghambat checkpoint kekebalan diberikan secara intravena.

Terapi virus oncolytic

Terapi virus oncolytic menggunakan virus untuk membawa gen yang dimodifikasi ke sel tumor di tubuh Anda. Gen yang dimodifikasi menyebabkan sel tumor merusak diri sendiri dan memicu sistem kekebalan tubuh Anda untuk terus menyerang. Terapi virus oncolytic kadang disebut terapi gen bunuh diri karena menyebabkan sel kanker menghancurkan dirinya sendiri.

Terapi virus oncolytic sering digunakan bersamaan dengan terapi radiasi atau kemoterapi. Ini juga dapat meningkatkan efek dari terapi ini. Terapi virus oncolytic diberikan secara intravena.

Terapi sel adopsi

Terapi sel adopsi menggunakan sel darah putih dari tubuh Anda untuk membantu sistem kekebalan tubuh Anda melawan kanker. Sementara sel darah dikeluarkan dari tubuh Anda, tumbuh di laboratorium, dan kemudian kembali secara intravena ke aliran darah Anda. Ada beberapa pendekatan yang berbeda untuk terapi sel adopsi, termasuk:

  • Hanya memilih sel darah putih dengan kemampuan terbaik untuk melawan tumor
  • Memodifikasi sel darah putih secara genetis untuk menyerang sel kanker tertentu di tubuh Anda

Antibodi monoklonal

Antibodi, juga disebut imunoglobulin, adalah protein yang diproduksi oleh sel darah putih dari sistem kekebalan tubuh Anda saat antigen hadir. Antibodi menempel pada antigen dan membantu menghancurkan sel kanker.

Antibodi monoklonal diciptakan oleh peneliti untuk menargetkan antigen spesifik pada sel kanker. Mereka terbiasa mengobati kanker dengan berbagai cara.

  • Antibodi monoklonal dapat meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh dengan menandakan adanya sel kanker, yang menargetkan titik pemeriksaan sistem kekebalan tubuh, atau menghalangi antigen pada sel kanker.
  • Antibodi monoklonal konjugasi diisi dengan obat kemoterapi atau partikel radioaktif. Antibodi kemudian membawa masalah ini langsung ke antigen yang ditargetkan.
  • Antibodi monoklonal bispecific juga membawa agen melawan kanker ke sel, namun mereka dapat menargetkan dua antigen sekaligus.

Diagnosa

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin.

Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.


Disclaimer: “Hasil pengobatan mungkin tidak persis sama karena tergantung situasi dan kondisi pasien”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *