Kelenjar Getah Bening Bengkak Di Selangkangan

Orkitis ialah radang buah pelir pada pria. Hal ini bisa disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Kedua testis dapat dipengaruhi oleh orkitis pada saat yang bersamaan. Tapi, gejalanya juga biasanya muncul hanya dalam satu testis saja. Jenis peradangan testis ini sering dikaitkan dengan nama virus gondong.

Gejala Orkitis Yang Harus Dipahami

Gejala utama orkitis yaitu, seperti :

1. Nyeri tekan pada skrotum.
  2. Buang air kecil yang menyakitkan.
  3. Ejakulasi menyakitkan.
  4. Skrotum bengkak.
  5. Darah di air mani.
  6. Pembesaran prostat.
  7. Kelenjar getah bening bengkak di selangkangan.
  8. Demam.

Penyebab Utama Orkitis

Penyebab paling umum orkitis ialah virus gondok. Orkitis virus yang terkait dengan gondok berkembang di mana saja dari empat sampai 10 hari setelah kelenjar ludah membengkak. Pembengkakan kelenjar ludah adalah gejala penyakit gondok. Infeksi bakteri juga bisa menyebabkan orkitis pada pria. Infeksi saluran kemih dan infeksi menular seksual seperti gonore , klamidia , dan kondisi terkait yang disebut epididimitis dapat menghasilkan orkitis juga. Intinya, virus atau bakteri bisa menyebabkan orkitis.

Resiko Orkitis

Orang yang melakukan seksual berisiko tinggi atau kemungkinan besar untuk berkembangnya orkitis pada dirinya. Contohnya seperti :

• Hubungan seksual tanpa kondom.
  • Mempunyai riwayat infeksi menular seksual.
  • Memiliki pasangan yang memiliki infeksi menular seksual.

Bawaan kelainan saluran kemih juga bisa meningkatkan risiko orkitis. Ini berarti Anda lahir dengan masalah struktural yang melibatkan kandung kemih atau uretra.

Diagnosa Orkitis

Dokter akan mengajukan pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda dan gejala Anda. Lalu akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan tingkat peradangan. Anda mungkin perlu melakukan pemeriksaan prostat untuk melihat apakah prostat Anda meradang. Ini melibatkan dokter untuk pemeriksaan rektum untuk melihat secara fisik prostat. Dokter Anda mungkin meminta sampel urin dan mengoleskan cairan untuk analisis laboratorium. Ini bisa menentukan apakah Anda menderita infeksi menular seksual atau infeksi yang lainnya.

Beberapa kasus orkitis tidak dapat dicegah. Hal ini terutama terjadi jika Anda menderita masalah saluran kemih kongenital. Namun, Anda dapat melindungi diri dari jenis orkitis tertentu. Vaksinasi sendiri dan anak anda terhadap gondok untuk mengurangi risiko tertular orkitis. Mempraktekkan seks yang aman dapat membantu mencegah bakteri orchitis. Gunakan kondom dan mintalah pasangan anda untuk memberi tau tentang sejarah seksualnya.