kelenjar prostat

Penyebab Kelenjar Prostat Bengkak

Apa Penyebab Kelenjar Prostat Bengkak ?

Penyebab Kelenjar Prostat Bengkak – Prostat itu adalah sebuah kelenjar kecil yang ada pada panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat persis berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa air seni (urin) dari kandung kemih menuju penis. Jika kelenjar prostat jinak ialah kondisi ketika kelenjar prostat mengalami pembengkakan, namun tidak bersifat kanker. Pada saat kelenjar prostat membengkak, kelenjar tersebut akan mempersempit uretra anda. Jika tidak diobati dengan segera, kelenjar ini akan menutup saluran kencing dan menyebabkan masalah pada buang air kecil anda dan kondisi ini sangat berbahaya.

Kelenjar prostat juga berfungsi sebagai fungsi kesuburan karena mengeluarkan cairan mani yang membantu mengangkut sperma yang berasal dari buah pelir. Cairan tersebut kemudian disimpan di dalam vesikula seminalis. Apa itu vesikula seminalis ? ini adalah pasangan kelenjar yang letaknya ada dibagian belakang bawah kantung kemih pria dan kelenjar ini bisa menyekresikan cairan untuk membentuk air mani.

Macam-Macam Penyakit Prostat

Pria yang sudah melewati umur 45 pada umumnya prostatnya mulai membesar. Ini dikarenakan karena ketika usia 45 ke atas hormon pria mulai menurun. Pembesaran prostat arah tumbuhnya biasanya ke bagian tengah, jadi menjepit pipa saluran kemih yang melewatinya.

Bagi penderita prostat terbagi menjadi 2 yaitu, ada yang mempunyai gejala prostatnya membesar dan ada juga yang prostatnya tidak membesar sama sekali. Penyebabnya sendiri tidak di ketahui secara persis, yang pasti tidak ada kaitannya dengan seks.

Ciri Dari Penyakit Prostat

Ketika terjadi penyakit prostat saluran kencing dapat terganggu. Prostat tumbuh lebih besar karena adanya peningkatan jumlah sel (hiperplasia). Hiperplasia yaitu meningkatnya jumlah sel sehingga murubah ukuran dari organ awalnya. Hal yang dirasakan , seperti ;

• Kencing menjadi jauh lebih sering, dan keluarnya hanya sedikit-sedikit.
  • Sering kencing di malam hari.
  • Kencing berdarah.
  • Aliran urin melemah.

Bahayanya ternyata tidak semua perkara pada prostat menyebabkan gejala, tapi ada juga yang tidak menyebabkan gejala sedikitpun, sehingga biasanya penangan diterapkan ketika sudah parah.

Jenis Penyakit Prostat

Penyakit prostat muncul beberapa jenis ada yang tidak berbahaya dan muncul juga yang sangat berbahaya. Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit prostat:

• Prostatitis, merupakan peradangan prostat cirinya mengakibatkan gejala seperti demam serta rasa tidak nyaman saat buang air kecil. Selain itu terkadang ketika buang air kecil pun terasa nyeri,
  • Hiperlansia adalah peningkatan abnormal dalam jumlah sel dalam suatu organ atau jaringan
  • Kanker Prostat ataupun Tumor, adalah penyakit prostat yang sangat serius. Di sini dapat di deteksi sedini mungkin dengan cara rutin memeriksakan organ reproduksi kamu, memeriksa bila anda benjolan. Bahayanya gejala awal untuk penyakit ini hampir tidak dapat dirasakan, tapi jadi terasa bila tumor ini sudah cukup parah.

Sel kanker dapat menyebar ke organ tubuh sebagainya, melalui darah, efeknya mengakibatkan nyeri punggun, gangguan berhubungan dengan neurologi, serta tersumbatnya sistem limfatik sehingga kakipun jadi bengkak. Pola hidup yang sehat adalah salah satu kunci pencegah dari penyakit prostat, seperti mengkonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga merupakan solusi terbaik. Serta sebisa mungkin jauhkan diri untuk faktor penyebab kanker, misalnya asap rokok dan lainnya.

Pengobatan Penyebab Kelenjar Prostat Bengkak

Gejala kemih yang berhubungan dengan pembesaran prostat pada awalnya mempengaruhi kualitas hidup, dan jika tidak ada komplikasi, seperti yang disebutkan di atas (infeksi saluran kemih, batu kandung kemih, pendarahan ), keputusan untuk mengobati bersifat opsional dan diserahkan kepada pasien. Jika Anda merasa cukup repot untuk minum obat atau menjalani prosedur itu, Anda harus menindaklanjuti dengan dokter untuk memastikan gejalanya, dan agar kandung kemih dapat bermuara dengan baik (stabil).

Jika Anda mengalami keluhan Kelenjar Prostat bengkak, nyeri kandung kemih atau terbakar dengan buang air kecil, darah dalam urin berhubungan dengan demam / menggigil atau mual / muntah , atau jika kondisi pembesaran prostat memburuk dan gejala seperti darah dalam urin atau sakit punggung bagian bawah, konsultasikan dengan kami segera di nomor 081386357762, atau anda dapat mengunjungi klinik kami yang bertempat di Jl.Pangeran Jayakarta No.55 Gd Baja lt GF2 Tower B, Jakarta Pusat. Pandawa Clinic didirikan dengan berbadan hukum PT. PANDAWA MITRA MEDIKA dengan ijin NOMOR. 3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017. Operasional dari PTSP DKI Jakarta Pusat dan Dinas Kesehatan Jakarta Pusat.

Keunggulan Pandawa Clinic

• Mempunyai dokter yang berpengalaman, ahli dan professional di bidang Andrologi & Ginekologi.
  • Didukung oleh paramedis yang terampil dan bersertifikat.
  • Mempunyai peralatan medis yang standard dan modern.
  • Didukung juga oleh apotek, laboratorium dan USG.
  • Ruangan Full AC dan modern dengan berbagai fasilitas.
  • Lahan parkir luas dan gratis.
  • Lingkungan yang bersih dan ramah.
  • Dekat dengan segala pusat perbelanjaan.
  • Bisa konsultasi online gratis Phone atau Whatsapp.
  • Bisa reservasi online via Whatsapp.
  • Biaya yang murah dan terjangkau bagi semua tingkatan / kalangan sosial ekonomi.
  • Biaya konsultasi dokter dan registrasi cukup sekali saja dan selanjutnya free kontrol.

Kami harap informasi ini akan membantu menjaga Anda dalam kesehatan yang lebih baik. Jika Anda memiliki masalah atau keluhan seputar kesehatan prostat, menjadwalkan janji atau hubungi kami di 081386357762, merupakan solusi tepat untuk anda. Memberikan pelayanan kesehatan yang prima, modern dan profesional dengan mengutamakan hati dan kasih sayang terhadap pasien dengan menjunjung tinggi privasi, hak dan kewajiban pasien merupakan prioritas utama kami, salam hangat kami Pandawa Clinic.