Kenali Penyakit Sipilis Atau Raja Singa

A. Definisi Sipilis

Sipilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri yang dapat menginfeksi kulit, mulut, alat kelamin dan pantat. Gonore dapat menginfeksi kulit, kelamin, mulut, tenggorokan dan mata. Penderita penyakit gonore dapat menularkan penyakit tersebut kepada pasangan s*ksualnya hanya dalam sekali berhubungan s*ksual.

B. Gejala Yang Biasa Di Alami?

Umumnya orang yang pertama kali tertular bakteri penyebaba sipilis tidak merasakan apa-apa karena bakteri belum berkembang biak namun menetap dalam tubuh manusia.

1. Fase Awal(2-4 Minggu):

Gejala sipilis fase awal muncul 2-4 minggu setelah terjadi infeksi, dalam bentuk luka yang perih di mana bakteri masuk ke dalam tubuh. Luka jenis ini sering terasa pada alat kelamin tetapi juga dapat dilihat di mulut atau anus jika bagian-bagian ini terlibat dalam aktivitas seksual dengan orang yang terinfeksi.

2. Fase Ke-2(6-12 minggu)

Gejala sipilis fase kedua muncul 2-4 minggu setelah terjadi infeksi. Ciri-ciri sifilis fase kedua adalah demam, sakit kepala, nyeri sendi, kehilangan nafsu makan, muncul ruam (kecil, benjolan bersisik merah pada penis, vagina, atau mulut, terutama pada telapak tangan dan kaki), sakit tenggorokan, kelenjar limpa membengkak (pada ketiak, pangkal paha, leher), serta kelelahan

3. Fase Ke-3(10-40 Tahun):

Gejala sipilis fase kedua muncul 10-40 tahun setelah terjadi infeksi. Cirinya adalah timbulnya kerusakan pada otak dan jantung, daya ingat menurun, mengalami kelumpuhan, dan terjadi masalah pada keseimbangan tubuh. Beberapa penderita yang sudah berada pada stadium dua atau tiga mungkin tidak menunjukkan adanya gejala penyakit sipilis. Mungkin ada beberapa tanda atau gejala yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran terhadap gejala tertentu, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

C. Apa Penyebab Penyakit Sipilis ?

Penyebab sipilis adalah bakteri dengan nama Treponema pallidum. Infeksi biasanya terjadi karena adanya kontak seksual. Dalam kasus yang sangat jarang ditemukan, bakteri dapat melewati celah atau luka pada kulit setelah menyentuh orang yang terinfeksi sifilis. Raja singa tidak dapat menular melalui penggunaan toilet yang sama, bak mandi, pakaian atau peralatan makan, atau dari gagang pintu, kolam renang atau pemandian air panas.

SIapa Yang Berisiko Terkena Sipilis?

Penderita HIV lebih rentan terhadap penularan dan menjadi penyebar sipilis. Sekali Anda tertular sifilis, bukan berarti Anda akan kebal terhadap infeksi sejenis. Anda bisa terinfeksi lagi dan lagi. Penularan sipilis juga dapat terjadi dari ibu hamil ke janinnya (sifilis kongenital).

Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.