Kenapa Air Kencing Saya Berbusa?

Air Kencing Berbusa

Apakah anda pernah memperhatikan air kencing anda? Apakah anda mendapati air kencing anda berbusa? Sebagian orang menganggap bahwa air kencing berbusa adalah suatu hal yang normal, namun perlu anda ketahui bahwa air kencing berbusa merupakan suatu tanda penyakit serius.

Apakah air kencing berbusa merupakan hal yang normal?

Busa yang terdapat pada air seni bisa diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu:

• Pada saat kandung kemih anda penuh akan mengeluarkan air kencing dengan cepat dan ada terdapat busa. Busa normalnya akan hilang dalam beberapa menit setelah dikeluarkan.
  • Apabila air kencing anda terkonsentrasi, akan muncul air kencing berbusa saat anda anda mengalami dehidrasi ringan, seperti saat anda setelah melakukan olahraga, ini adalah suatu hal yang normal terjadi. Tapi, jika air kencing berbusa terjadi terus-menerus, ini bisa menjadi tanda masalah lain yang lebih serius.

Tanda bahwa anda menderita penyakit serius

Air kencing berbusa bisa pada umumnya normal saja jika tidak sering terjadi. Namun, air kencing yang terus-menerus berbusa dapat diantisipasi menjadi tanda bahwa tubuh anda sedang bermasalah. Air kencing yang berbusa merupakan tanda bahwa terdapat protein dalam air kencing atau proteinuria. Kandungan protein pada air kencing akan bereaksi dengan udara sehingga membentuk busa. Gejala seperti ini tidak normal terjadi karena fungsi ginjal seharusnya menyaring protein sebelum urin dikeluarkan. Sehingga  tidak mengandung protein di dalamnya,  protein akan tetap dalam aliran darah tubuh anda.

Terdapat kandungan protein dalam urin dapat diantisipasi menjadi tanda masalah di ginjal yang serius, seperti penyakit ginjal kronis, dan tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal, sehingga Anda mengalami proteinuria. Terlalu banyak konsumsi protein dari makanan dan suplemen juga bisa menyebabkan proteinuria.

Selain itu, air kencing berbusa juga bisa juga tanda ejakulasi retrograde pada pria, walaupun ini jarang terjadi. Apa itu Ejakulasi Retrograde ? Ejakulasi retrograde adalah kondisi dimana air mani keluar dari kandung kemih bukan dari penis. Hal ini terjadi jika otot sfingter kandung kemih mengalami gangguan fungsi, sehingga sejumlah air mani terdorong ke dalam masuk ke dalam kandung kemih. Air kencing yang bercampur air mani tersebut dikeluarkan dan menimbulkan busa. Ejakulasi retrograde terjadi karena diabetes, bisa juga karena penggunaan obat untuk tekanan darah tinggi, kerusakan saraf karena cedera tulang belakang, dan operasi pada prostat atau uretra.

Ciri-ciri bahwa anda menderita penyakit serius

Gejala air kencing berbusa menjadi tanda dari penyakit serius akan dibarengi dengan gejala tambahan dengan keluhan lainnya, seperti:

• Kelelahan
  • Nafsu makan menurun
  • Perubahan jumlah air kencing yang keluar
  • Air kencing keruh, berwarna gelap, atau kadang berdarah
  • Sulit tidur
  • Mual, muntah
  • Tangan, kaki, wajah, dan perut bengkak yang diakibatkan adanya penumpukan cairan pada ginjal.

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti di atas sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dokter mungkin akan memeriksa air kencing anda agar dapat memastikan apakah ada protein dalam air kencing atau proteinuria, yang menjadi penyebab air kencing berbusa.

Untuk informasi lebih jelasnya anda bisa konsultasi melalui whatsapp : 0813-86357762 (gratis)

atau klik Link dibawah ini