Keputihan Berlebihan, Salah Satu Gejala Erosi Serviks

Apa Itu Keputihan?

Keputihan atau dalam istilah medis lebih dikenal dengan sebutan flour albus merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan adalah hal yang umum dan biasa dialami oleh setiap wanita, namun ada kalanya keputihan dianggap tidak wajar atau abnormal. Oleh karena itu keputihan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu keputihan normal(fisiologis) dan keputihan abnormal(patalogis). Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasa dialami setiap bulannya menjelang atau sesudai menstruasi. Sedangkan keputihan patalogis, adalah keputihan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri dan biasanya disertai rasa perih atau gatal didalam atau sekitar bibir vagina. Keputihan patalogis juga dapat menjadi tanda penyakit berbahaya seperti erosi serviks ataupun kanker serviks.

Apa Itu Erosi Serviks?

Erosi serviks atau ektropion adalah kondisi dimana kelenjar sel yang seharusnya berada didalam leher rahim berada di luar rahim. Kondisi ini dapat mengakibatakan peradangan pada serviks akibat bertemunya sel lunak yang ada di dalam rahim dengan sel kasar yang ada diluar rahim. Erosi Serviks adalah hal yang umum terjadi pada wanita muda, wanita hamil atau wanita yang mengkonsumsi pil KB dalam jangka panjang. Sebab utamanya adalah meningkatnya kadar hormon ekstrogen yang ada dalam tubuh.

Apa Gejala Erosi Serviks?

Erosi serviks biasanya tidak disadari oleh penderita karen tidak menimbulkan gejala apapun, sehingga penanganan menjadi terlambat. Namun erosi serviks dapat disadari ketika sudah memasuki grade 2, karena paa tingkat ini erosi serviks akan menimbulkan berbagai macam gejalan, diantaranya.

 

  • Keputihan yang terlalu banyak, tidak memiliki bau namun jika erosi serviks menyebabkan infeksi pada mulut rahim maka akan timbul bau pada kelenjar yang keluar dari dalam vagina.
  • Pendarahan setelah melakukan hubungan seksual, karena terjadi peradangan pada mulut rahim
  • Keluar darah dari vagina dan bukan darah mestruasi
  • Pendarahan diantara waktu menstruasi

Jika gejala sudah mulai dirasakan, segera periksakan diri anda kedokter, agar erosi serviks tidak semakin parah.

Apa Bahaya Erosi Serviks?

Banyak sekali penyakit yang timbul akibat erosi serviks, seperti peradangan di area serviks, infeksi bakteri, pendarahan ketika berhubungan seksual bahkan bisa menyebabkan kangker serviks. Kangker serviks bisa timbul jika erosi serviks telah memasuki gade 4 atau setadium akhir, maka akan sangat rentan erosi serviks akan menjadi kanker. Oleh karena itu, penanganan erosi serviks sejak dini sangat penting agar

Bagaimana Cara Menangani Erosi Serviks?

Ada kalanya erosi serviks dapat sembuh dengan sendirinya dengan menurunnya kadar hormon ekstrogen dalam tubuh. Dan jika erosi serviks tidak menimbukan gejala apapun erosi serviks tidak perlu untuk di obati. Namun jika erosi serviks mengakibatkan peradangan dan infeksi sehingga menimbulkan gejala yang telah disebutkan, maka perlu untuk melakukan pemerikasaan kepada dokter yang ahli dibidangnya.

Klinik Pandawa memberikan solusi pengobatan terbaik dengan harga terjangkau ?.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut maka bisa segera berkonsultasi online gratis kepada dokter kami dengan cara klik link  maka anda akan segera terhubung ke no.WA/HP :081386357762 atau bisa langsung menghubungi kami dengan cara menelepon / SMS / WA ke no.hp :081386357762

Kami dengan senang hati melayani dan membantu anda. Segala rahasia medis anda terjamin. Klinik Pandawa memiliki dokter ahli dan telah berpengalaman dalam hal mengobati penyakit chlamydia. Rata-rata ada banyak pasien dengan penyakit sifilis mengalami perbaikan sampai tuntas dan banyak pasien puas dengan pengobatan dan pelayanan medis yang kami berikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *