Keputihan Normal Dan Tidak Normal Pada Wanita

keputihan normal dan tidak normal

Keputihan Normal Dan Tidak Normal Pada Wanita

Setiap wanita memang mengalami keputihan. Keputihan dibagi menjadi 2 jenis yaitu keputihan normal dan tidak normal. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami keputihan normal. Karena sebenarnya, keputihan normal memiliki beberapa tujuan, yakni untuk membersihkan dan melembapkan vagina, serta membantu mencegah dan melawan infeksi. Namun, bagaimana jika yang terjadi justru sebaliknya? Justru Anda mengalami keputihan tidak nomal, simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Keputihan Abnormal (Leukorea) ?

Penyakit keputihan tidak normal (abnormal), atau yang dikenal juga sebagai leukorrhea (vaginal discharge), adalah suatu kondisi di mana vagina mengeluarkan cairan tidak normal yang ditandai dengan keluarnya cairan berbau dan berwarna kuning atau hijau serta dapat menyebabkan rasa nyeri, sakit atau gatal dan memiliki tekstur yang tidak biasa. Hal ini sering kali merupakan pertanda bahwa telah terjadi suatu penyakit dan hal buruk pada tubuh.

Ada beberapa jenis keputihan Abnormal (Leukorea) yang dikategorikan berdasarkan warna dan konsistensinya, yaitu :

• Putih : keluarnya sedikit cairan berwarna putih, terutama pada awal atau akhir siklus menstruasi dan hal ini adalah normal. Namun, jika keluarnya cairan disertai dengan rasa gatal dan memiliki konsistensi atau bentuk seperti keju yang tebal itu berarti keputihan tidak normal dan memerlukan perawatan. Jenis kotoran atau keputihan ini mungkin merupakan tanda infeksi ragi.
  • Jelas dan berair : Keluarnya cairan yang jernih dan berair adalah hal yang normal. Itu bisa terjadi kapan saja dalam sebulan. Dan sering terjadi setelah berolahraga.
  • Jelas dan elastis : Ketika keluar cairan jernih, melar dan berbentuk seperti lendir, bukannya berair, itu menunjukkan bahwa kemungkinan anda sedang berovulasi. Ini adalah hal yang normal.
  • Coklat atau berdarah : keluarnya cairan berwarna coklat atau berdarah dapat menjadi tanda kanker endometrium atau serviks dan masalah lain seperti fibroid atau pertumbuhan abnormal pada serviks. Inilah mengapa penting untuk melakukan pemeriksaan panggul tahunan dan Pap smear.
  • Kuning atau hijau : Keluarnya cairan kuning atau hijau, dengan konsistensi tebal, dan disertai bau tidak sedap itu merupakan hal yang tidak normal. Jenis discharge ini bisa menjadi tanda infeksi trikomoniasis. Yang biasanya menyebar melalui hubungan seksual.

@kog

Apa Saja Faktor penyebab dan Faktor Pencetus Penyakit Keputihan Tidak Normal?

Penyakit keputihan tidak normal dapat disebabkan oleh banyak hal, namun penyebab paling umum adalah infeksi dari zat yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri atau jamur pada vagina. Sebagai contoh, membersihkan bagian dalam vagina dapat mengubah kadar pH alami dalam vagina, begitupun dengan penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan perubahan pada cairan vagina.

Penyakit Keputihan tidak normal terbanyak disebabkan oleh infeksi yang berasal dari jamur, bakteri, parasit, dan virus. Yang ditandai dengan pengeluaran cairan berwarna kekuningan dan hijau, lebih kental dan berbau, keputihan atau leukore ini banyak mengandung leukosit. Selain itu leukorea dapat juga disebabkan oleh penyakit vaginitis.

Keputihan yang abnormal (leukore) tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi :

• Vaginosis bakterial

Vaginosis bakterial adalah infeksi bakteri yang cukup umum menyebabkan peningkatan keputihan (leukore) yang memiliki bau yang kuat, dan busuk. Terkadang juga tidak menghasilkan gejala apapun dalam beberapa kasus. Wanita yang melakukan seks oral atau yang memiliki banyak pasangan seksual memiliki risiko lebih besar untuk terkena infeksi vaginosis bakterial.

• Trichomoniasis

Trikomoniasis adalah jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau protozoa dengan sel tunggal dan menyebar melalui kontak seksual, atau melalui handuk dan pakaian. Infeksi tersebut akan menghasilkan keputihan (leukore) yang abnormal seperti kuning atau hijau yang memiliki bau busuk serta rasa sakit, peradangan, dan gatal. Namun beberapa orang dapat tidak mengalami gejala apa pun.

• Infeksi ragi

Infeksi ragi adalah infeksi jamur yang menghasilkan keputihan (leukore) seperti keju putih dan rasa sensasi terbakar disertai gatal.

Apa faktor resiko terjadinya Keputihan Tidak Normal)?

Faktor resiko terjadinya penyakit keputihan (leukore) secara umum yang dapat dilihat, yaitu :

• Memiliki beberapa pasangan seksual
  • Tidak menggunakan kondom saat berhubungan seksual
  • Memiliki kondisi sistem imun tubuh yang lemah
  • Menggunakan kontrasepsi IUD
  • Sedang mengalami stress
  • Mengonsumsi antibiotik

Kemungkinan lain dari penyebab kelainan pada cairan vagina  atrau keputihan (Leukore) dapat meliputi :

• memiliki infeksi jamur atau disebut juga dengan trush yang dapat menyerang vagina dan mulut
  • diserang oleh infeksi bakteri pada vagina
  • memiliki penyakit menular seksual (IMS) yang dapat menimbulkan pengeluaran cairan abnormal seperti warnanya kekuningan, kehijauan, atau berawan
  • mengidap gonore atau klamidia
  • memiliki herpes genital atau infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus herpes simplex
  • Mengidap kanker serviks atau kanker vagina
  • Sedang hamil
  • Mengidap rectovaginal fistula
  • Mengidap vaginal atrophy (sindrom menopause)
  • Mengidap vaginal fistula
  • Memiliki penyakit Diabetes
  • Menggunakan pil KB
  • menggunakan antibiotik jangka panjang

@kog

Apa Saja Gejala Keputihan Abnormal (Leukorea) ?

Keluarnya keputihan (Leukore) atau cairan vagina seperti cairan coklat, bercak merah terang, atau cairan putih, dapat menyebabkan beberapa kekhawatiran. Gejala tambahan tersebut seperti :

• Perubahan warna atau tekstur pada cairan vagina
  • Bau tidak sedap
  • disuria atau rasa gatal dan terbakar saat buang air kecil dan pada kemaluan
  • Perubahan bau yang terjadi pada vagina
  • Keputihan berwarna kuning atau hijau
  • Cairan atau sekret vagina lebih banyak dari biasanya dan berbuih
  • Bergumpal dan bercampur darah
  • Nyeri pada panggul atau kaki
  • Dispareunia / sakit pada waktu koitus atau berhubungan seksual.
  • Perdarahan tiba-tiba dari vagina.

Apakah Bahaya Keputihan Abnormal (Leukorea) Apabila Tidak Segera Diobati ?

Apabila Penyakit Keputihan (Leukore) tidak segera diobati maka dapat terjadinya infeksi vagina yang menyebar ke traktus reproduksi bagian atas dan menyebabkan penyakit yang lebih serius, seperti polip serviks, adanya komplikasi yang spesifik berhubungan dengan kehamilan seperti peradangan vagina yang menyebabkan pecahnya plasenta terlalu dini, infeksi kantung ketuban, terjadinya kelahiran prematur, ruptur atau robekan membrane yang prematur, berat badan bayi lahir rendah, endometritis paska kelahiran, timbulnya penyakit radang panggul (PID), kanker serviks (HPV), hingga terjadinya infertilitas

Bagaimana Penanganan Penyakit Keputihan Abnormal (Leukorea) di Klinik Pandawa

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan keluhan Penyakit Keputihan tidak nomal disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani keputihan normal dan tidak normal ataupun penyakit kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan.

Perlu anda ketahui beberapa keunggulan klinik pandawa dibandingkan klinik lainnya yang setara antara lain :

• Memiliki dokter ahli dan berpengalaman
  • Memiliki ruangan full AC
  • Parkir luas dan gratis
  • Memiliki laboratorium dan apotik
  • Biaya relatif murah dan terjangkau
  • Memiliki alat medis modern termasuk alat laser, USG, Rontgen.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS / Telp pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.