khasiat buah pepaya

Khasiat Buah Pepaya

Khasiat Buah Pepaya – adalah tumbuhan yang berdaging tebal, pepaya tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara yang terdapat dari Amerika Selatan dan sekarang tumbuhan ini menyebar luas. Tumbuhan ini biasanya ditanam didaerah tropis. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa belanda dengan sebutan, “papaja”, yang juga diambil dari bahasa Arawak dengan nama, “papaya“.

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam buah pepaya antara lain zat karoten, vitamin A, vitamin C, vitamin B, Niacin, zat besi, kalsium, lemak, protein, riboflavin, fosfor, kalium, karbohidrat dan kalori.

Selain memiliki kandungan nutrisi, khasiat buah pepaya juga memiliki manfaat untuk kesehatan lho, antara lain yaitu dapat mengobati penyakit lambung, membantu mengurangi panas tubuh, anti-amuba, membantu proses pencernaan, pemecah serat, sebagai peluruh kencing, meredakan peradangan, mencegah flu, menjaga kesehatan ginjal, mempertajam penglihatan, mencegah serangan jantung dan stroke, mencegah penuaan dini, vitalitas pria, serta dapat menjaga kesehatan kulit.

Berikut beberapa khasiat buah pepaya :

1. Menurunkan kolesterol

Pepaya kaya akan serat, vitamin C dan antioksidan yang mencegah kolesterol terbentuk di arteri Anda. Terlalu banyak penumpukan kolesterol dapat menyebabkan beberapa penyakit jantung termasuk serangan jantung dan hipertensi.

2. Membantu menurunkan berat badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan harus memasukkan pepaya dalam makanan mereka karena sangat rendah kalori. Kandungan serat dalam pepaya membuat Anda merasa kenyang dan juga membersihkan gerakan usus sehingga membuat rezim penurunan berat badan menjadi lebih mudah.

3. Tingkatkan imunitas anda

Sistem imunitas, bertindak sebagai perisai terhadap berbagai infeksi yang bisa membuat Anda benar-benar sakit. Pepaya tunggal mengandung lebih dari 200% kebutuhan vitamin C harian Anda, sehingga sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh Anda.

4. Bagus untuk penderita diabetes

Pepaya adalah pilihan makanan yang sangat baik untuk penderita diabetes karena memiliki kandungan gula rendah meskipun rasanya manis. Selain itu, orang yang tidak memiliki diabetes bisa makan pepaya untuk mencegahnya terjadi.

5. Bagus untuk mata

Pepaya kaya akan vitamin A yang membantu melindungi penglihatan Anda dari merosot. Tidak ada yang ingin kehilangan kemampuan mereka untuk melihat karena penyakit seperti degenerasi makula terkait usia, dan makan pepaya akan memastikan bahwa Anda tidak melihat hari di mana Anda tidak dapat melihat.

6. Melindungi dari radang sendi

Arthritis bisa menjadi penyakit yang sangat melemahkan dan orang-orang yang memilikinya mungkin menemukan kualitas hidup mereka berkurang secara signifikan. Makan pepaya baik untuk tulang Anda karena mereka memiliki sifat anti-inflamasi bersama dengan Vitamin C yang membantu menjaga berbagai bentuk radang sendi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of the Rheumatic Diseases menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan rendah vitamin C tiga kali lebih mungkin menderita arthritis daripada mereka yang tidak.

7. Memperbaiki pencernaan

Di zaman sekarang, hampir tidak mungkin untuk menghindari makan makanan yang buruk bagi sistem pencernaan Anda. Seringkali kita mendapati diri kita makan junk food atau makanan restoran yang disiapkan dengan minyak dalam jumlah banyak. Mengonsumsi pepaya setiap hari dapat mengatasi kesalahan sesekali seperti itu, karena ia memiliki enzim pencernaan yang dikenal sebagai papain bersama dengan serat yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

8. Membantu mengurangi nyeri haid

Wanita yang mengalami nyeri haid harus membantu diri mereka sendiri terhadap beberapa porsi pepaya, karena enzim yang disebut papain membantu dalam mengatur dan mengurangi aliran selama periode menstruasi.

9. Mencegah tanda-tanda penuaan

Kita semua ingin tetap awet muda selamanya, tapi tak seorang pun di dunia ini yang berhasil melakukannya. Meski begitu, kebiasaan sehat seperti makan pepaya setiap hari akan memperpanjang proses dan bisa membuat Anda terlihat 5 tahun lebih muda dari Anda. Pepaya kaya akan vitamin C, vitamin E dan antioksidan seperti beta karoten yang membantu mencegah kulit Anda dari kerusakan radikal bebas yang menjaga keriput dan tanda penuaan lainnya.

10. Mencegah kanker

Pepaya adalah sumber antioksidan, fitonutrien dan flavonoid yang kaya yang mencegah sel Anda mengalami kerusakan radikal bebas. Beberapa penelitian juga menghubungkan konsumsi pepaya dengan mengurangi risiko kanker usus dan prostat.

11. Membantu mengurangi stres

Buah ajaib kaya akan beberapa nutrisi seperti Vitamin C yang bisa membuat Anda terbebas dari stres. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Alabama, ditemukan bahwa 200 mg vitamin C dapat membantu mengatur aliran hormon.

Selain itu khasiat buah pepaya juga memiliki manfaat untuk kecantikkan yaitu adalah  mencegah timbulnya jerawat, mangangkat kulit sel mati, melembabkan kulit, membuat kulit menjadi kencang, dapat memutihkan kulit wajah, serta dapat membersihkan wajah yang kusam. Maka dari itu rajinkan untuk memakan buah ini karena, kaya akan vitamin yang sangat berguna sekali untuk tubuh kita, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *