Klinik Pengobatan Phimosis

Phimosis adalah kondisi di mana kulup tidak bisa ditarik kembali dari sekitar ujung penis. Kulup yang ketat biasa terjadi pada bayi laki-laki yang tidak disunat, namun biasanya berhenti menjadi masalah pada usia 3 tahun. Phimosis bisa terjadi secara alami. Anak laki-laki muda mungkin tidak memerlukan pengobatan untuk phimosis kecuali jika membuat kencing menjadi sulit atau menyebabkan gejala yang lainnya. Seiring pertumbuhan anak laki-laki ini, kebutuhan akan pengobatan mungkin akan meningkat.

Gejala Phimosis

Gejala utama phimosis adalah ketidakmampuan untuk menarik kulit khatan pada usia 3 tahun. Kulup biasanya mengendur seiring berjalannya waktu, namun proses ini bisa memakan waktu lebih lama pada beberapa anak laki-laki. Pada usia sekitar 17 , seorang anak laki-laki harus bisa dengan mudah menarik kulit khatannya. Gejala umum lain dari phimosis adalah pembengkakan kulit khatan saat buang air kecil. Phimosis bisa terjadi secara alami, Tidak jelas mengapa hal itu terjadi pada beberapa anak laki-laki. Kondisi juga bisa terjadi jika kulup ditarik secara paksa sebelum sudah siap. Hal ini dapat membahayakan kulit dan menyebabkan bekas luka, sehingga lebih sulit untuk menarik kulit khatan ke depan. Peradangan atau infeksi kulit khatan atau kepala penis bisa menyebabkan phimosis pada anak laki-laki. Balanitis adalah radang kelenjar. Terkadang akibat kebersihan yang buruk atau infeksi kulup. Ini adalah kondisi kulit yang mungkin dipicu oleh respons kekebalan abnormal atau ketidakseimbangan hormon. Gejalanya bisa meliputi bercak putih atau bercak pada kulup. Kulit bisa menjadi gatal dan mudah robek.

Bahaya Infeksi Phimosis

Kasus phimosis bisa tidak diobati, terutama di kalangan anak laki-laki. Anda bisa menunggu untuk melihat apakah masalahnya sembuh sendiri karena anak Anda bertambah tua atau jika tidak ada gejala atau komplikasi. Jika phimosis mengganggu ereksi atau buang air kecil, atau jika ada gejala lain, anak Anda harus segera menemui dokter. Infeksi berulang dari kelenjar atau kulup juga harus dievaluasi oleh dokter. Tanda infeksi bisa meliputi :
  1. Perubahan warna kelenjar atau kulup.
  2. Adanya bintik.
  3. Rasa sakit.
  4. Gatal.
  5. Pembengkakan.

Diagnosa Phimosis

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B  jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.