komplikasi infeksi saluran kemih

Komplikasi Infeksi Saluran Kemih

Apa Gejala Komplikasi Infeksi Saluran Kemih ???

Komplikasi Infeksi saluran kemih (ISK) – adalah infeksi bakteri yang mengenai bagian dari saluran kemih. Berdasarkan gejalanya, ISK dapat dibagi menjadi dua, yaitu ISK bagian bawah dan ISK bagian atas. Infeksi saluran kemih bagian bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih (sistitis). Gejala yang ditimbulkan dari kondisi ini meliputi rasa ingin selalu buang air kecil, nyeri ataupun perih saat ingin buang air kecil, warna urine yang keruh, dan bau urine yang tidak sedap. Sedangkan infeksi saluran kemih pada bagian atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal anda. Gejala dari hal seperti ini anda akan merasakan nyeri pada bagian selangkangan anda, mual, dan demam.

Gejala Infeksi Saluran Kemih Orang Dewasa

1. Perasaan ingin buang air kecil yang sering dari biasanya tetapi air kencing yang dikeluarkan hanya sedikit saja.
    2. Rasa sakit atau nyeri pada saat berkemih.
    3. Rasa panas saat berkemih.
    4. Tidak dapat menahan rasa ingin berkemih.
    5. Jika infeksi ini menjalar ke ginjal dapat disertai rasa nyeri pada pinggang anda, demam, bahkan bisa menimbulkan gejala saluran cerna yaitu mual dan muntah.

Hal pemicu infeksi saluran kencing termasuk diantaranya seperti ;

1. Suka menahan pipis
  2. Tidak cebok dengan bersih setelah pipis
  3. Kurang minum.

Sembelit akut pada dapat pula meningkatkan resiko terkena penyakit ini. Saat sembelit perut penuh dengan feses, kondisi ini memicu tertekanya saluran kandung kemih sehingga menghambat aliran urin saat mau dikeluarkan, dan bakteri dapat tumbuh subur saat urin tidak segera dikeluarkan.

Diagnosa Infeksi Saluran Kemih :

Berikut ini adalah berbagai jenis tes infeksi saluran kemih lanjutan lainnya:

1. Pemeriksaan USG, yaitu metode pemeriksaan untuk mengetahui adanya gangguan pada kandung kemih dan ginjal dengan menggunakan gelombang ultrasound.
    2. Pemeriksaan dengan sinar X atau kita bisa menyebut dengan CT Scan yang merupakan suatu alat pencitraan atau prosedur medis untuk menggambarkan bagian-bagian tubuh tertentu.
    3. MRI scan (tujuan pemeriksaan sama seperti CT scan).
    4. Sistoskopi, yaitu metode pemeriksaan untuk mengetahui adanya masalah di dalam kandung kemih yang mungkin menyebabkan terjadinya ISK dengan cara memasukkan selang kecil yang dilengkapi kamera ke dalam kandung kemih melalui uretra.
    5. Intravenous pyelogram, merupakan metode pemeriksaan / pengujian untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada sistem saluran kemih anda dengan menggunakan zat kontras.

Komplikasi Pada Infeksi Saluran Kemih

• Suatu hal yang sangat parah jika anda merasakan gangguan pada ginjal saat terkena infeksi pada kandung kemih, bakteri dapat naik dan masuk ke ginjal. Jika terjadi hal seperti ini, maka seseorang tersebut berisiko terkena infeksi ginjal dengan gejala berupa nyeri punggung, mual, demam, hingga menggigil. Infeksi ginjal yang tidak segera ditangani akan mengarah pada gagal ginjal atau kerusakan permanen pada organ tersebut dan hal inilah yang sangat ditakutkan dari komplikasi infeksi saluran kemih ini jika tidak segera diobati dengan benar.
  • Kemudian infeksi pada darah komplikasi ini terjadi ketika bakteri yang terdapat di dalam sistem saluran kemih memasuki aliran darah dan pada akhirnya ikut menyerang organ-organ tubuh lain. Infeksi darah merupakan kondisi yang tergolong mematikan yang biasanya orang akan merasakan putus asa dalam menjalani hidup seperti ini.

Pengobatan Untuk Gejala Infeksi Saluran Kemih

Pandawa Clinic menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit Infeksi Saluran Kemih. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 081386357762. Kunjungi kami yang bertempat di Jl.Pangeran Jayakarta No.55 Gd Baja lt GF2 Tower B, Jakarta Pusat. Klinik kami didirikan dengan berbadan hukum PT. PANDAWA MITRA MEDIKA dengan ijin NOMOR. 3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017. Operasional dari PTSP DKI Jakarta Pusat dan Dinas Kesehatan Jakarta Pusat. Kami mempunyai dokter yang khusus serta ahli dalam kasus seperti, Andrologi, Ginekologi, Bedah umum (operasi selaput dara), Dan Pengobatan tuntas penyakit menular seksual dengan didukung dengan peralatan medis terlengkap dan modern sehingga keamanan dan kenyamanan dalam melakukan pengobatan dapat tercapai. Memberikan pelayanan kesehatan yang prima, modern dan profesional dengan mengutamakan hati dan kasih sayang terhadap pasien dengan menjunjung tinggi privasi, hak dan kewajiban pasien merupakan prioritas utama kami.

Keunggulan Pandawa Clinic

• Mempunyai dokter yang berpengalaman, ahli dan professional di bidang tersebut.
  • Didukung oleh paramedis yang terampil dan bersertifikat.
  • Mempunyai peralatan medis standard dan modern / terbaru.
  • Didukung juga oleh apotek, laboratorium dan USG.
  • Ruangan Full AC dan modern dengan berbagai fasilitas.
  • Lahan parkir luas dan gratis.
  • Lingkungan yang bersih dan ramah.
  • Dekat dengan segala pusat perbelanjaan.
  • Bisa konsultasi dokter online free via phone atau Whatsapp.
  • Bisa reservasi online via Whatsapp.
  • Murah dan terjangkau bagi semua tingkatan / kalangan sosial ekonomi.
  • Biaya konsultasi dokter dan registrasi cukup sekali dan selanjutnya free kontrol.

Kami harap informasi ini akan membantu menjaga Anda dalam kesehatan yang baik. Jika Anda memiliki masalah kesehatan terkait infeksi saluran kemih, silahkan menjadwalkan janji atau hubungi kami dinomor 081386357762. Kami akan senang melihat Anda atau menjawab pertanyaan atau masalah / keluhan yang mungkin Anda miliki, salam hangat kami Pandawa Clinic.