manfaat buah timun

Manfaat Buah Timun

Mentimun ialah tanaman yang termasuk suku labu-labuan. Mentimun sebenarnya adalah buah yang tinggi nutrisi yang bermanfaat, serta senyawa tanaman tertentu dan antioksidan yang dapat membantu mengobati dan bahkan mencegah beberapa kondisi. Mentimun juga sangat rendah kalori dan mengandung jumlah air yang baik dan serat larut, membantu dalam penurunan berat badan.

Adapun manfaat yang bagus untuk tubuh kita, seperti :

  • Mengandung anti oksidan :

    Antioksidan adalah molekul yang menghalangi oksidasi, reaksi kimia yang membentuk atom yang sangat reaktif dengan elektron tidak berpasangan dikenal sebagai radikal bebas.

  • Menambah Hidrasi :

    Air sangat penting untuk fungsi tubuh kita,  juga mempunyai peran sangat  penting. Mentimun terdiri dari air sekitar 96%, ini sangat efektif untuk meningkatkan hidrasi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh.

  • Tinggi akan nutrisi : 

    Mentimun yang rendah kalori namun tinggi vitamin dan mineral penting. Untuk memaksimalkan kandungan gizi, mentimun harus dimakan dikupas. Mengupasnya mengurangi jumlah serat, serta vitamin dan mineral tertentu.

  • Penurunan berat badan :

     11 ons (300 gram) mentimun mengandung hanya 45 kalori. Selain itu, kandungan air yang tinggi mentimun dapat membantu dalam penurunan berat badan dan mengonsumsi makanan dengan air yang tinggi dan isi rendah kalori dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam berat badan.

  • Menurunkan gula darah :

    Mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi dari diabetes. Selain itu, mentimun efektif dalam mengurangi stres oksidatif dan mencegah komplikasi diabetes.

  • Cocok untuk makanan dalam program diet anda : 

    Mentimun juga sering dimakan mentah sebagai camilan rendah kalori atau dapat dipasangkan dengan minyak zaitun, garam atau saus salad untuk penambah agar sedikit lebih berasa.

  • Mengatur pergerakan usus :

    Makan mentimun dapat membantu mendukung gerakan usus yang teratur. Dehidrasi merupakan faktor risiko utama untuk sembelit, karena dapat mengubah keseimbangan air dan membuat sulit buang air besar. 

Semoga bacaan ini bermanfaat dan dapat menjadi acuan untuk melakukan atau menjalani hidup yang sehat khususnya, dapat memperhatikan pola makan anda setiap hari agar terhindar dari gejala diabetes atau menaiknya kadar gula anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *