manfaat kumis kucing untuk kesehatan

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan – termasuk, tumbuhan tegak, pada bagian bawah berakar di bagian buku-bukunya dan tingginya mencapai 2 meter. Batang bersegi empat agak beralur berbulu pendek atau gundul.  Helai daun berbentuk bundar atau lojong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya, ukuran daun panjang 1 – 10cm dan lebarnya 7.5mm – 1.5cm. Urat daun sepanjang pinggir berbulu tipis atau gundul, dimana kedua permukaan berbintik-bintik karena adanya kelenjar yang jumlahnya sangat banyak, panjang tangkai daun 7 – 29cm. Ciri khas tanaman ada pada bagian kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Bunga bibir, mahkota yang bersifat terminal yakni berupa tandan yang keluar dari ujung cabang dengan panjang 7-29 cm, dengan ukuran panjang 13 – 27mm, di bagian atas ditutupi oleh bulu pendek berwarna ungu dan kemudian menjadi putih. Panjang tabung 10 – 18mm, panjang bibir 4.5 – 10mm, helai bunga tumpul, bundar. Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Buah geluk berwarna coklat gelap, panjang 1.75 – 2mm. 2.3. gagang berbulu pendek dan jarang, panjang 1 mm sampai 6 mm.
Manfaat kumis kucing untuk kesehatan juga adalah tanaman obat ternyata banyak berguna untuk mengobati berbagai penyakit, ramuan kumis tanaman tanaman dan kandungan Kacang Kentang mengandung glikosida orthosiphonin yang diyakini melarutkan asam urat, fosfat, dan oksalat, kandung kemih, kandung empedu dan ginjal dari tubuh, Dan manfaat kumis kucing untuk kesehatan guna sebagai obat bisa membuat sendiri dengan mudah. Kumis Tanaman Obat dapat digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit seperti infeksi ginjal akut dan kronis, artritis, tekanan darah tinggi, diabetes, batu kandung kemih dan infeksi kandung kemih.
Khasiat kumis kucing untuk memperlancar pengeluaran urine :
  • Kucing Whisker Siapkan 30 gram
  • Akar Reed 30 gram
  • Meniran 30 gram
  • Semua dicuci bersih-bersih
  • Lalu direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih dan sampai tersisa sekitar 1,5 gelas air
  • Kemudian diminum ramuannya sebanyak setengah cangkir 3 kali sehari
Manfaat Untuk mengobati batu ginjal :
  • 25 gram kumis kucing daun
  • Ngokilo daunnya 25 gram
  • Daun meniran dengan akar 25 gram
  • Daunnya menjijikkan, dicuci 25 gram
  • Semua bahan diatas direbus dalam 4 gelas air sampai mendidih
  • Minum semua air rebus dalam sehari

Manfat Kumis Kucing Untuk Kesehatan lainnya, Seperti :

1.Memperlancar kencing

Siapkan Kumis Kucing, Meniran, dan juga Alang-Alang masing-masing secukupnya saja. Setelah itu, rebus semua bahan tadi dengan menggunakan 3 gelas air. Tunggu sampai mendidih, atau sampai airnya tersisa setengahnya. Setelah itu tunggu sampai dingin terlebih dahulu. Baru setelah dingin, minumlah air rebusan tadi 3x sehari, masing-masing ½ gelas saja. Lakukan Kegiatan ini secara rutin.

2.Mengobati Batu Ginjal

Siapkanlah kurang lebih 20 lembar daun Kumis Kucing, dan juga 5 lembar daun pohon Keji Beling. Setelah itu cuci keduanya di air yang mengalir sampai bersih. Selanjutnya, rebus semua bahan tadi dengan 2 gelas air sampai mendidih. Minum ramuan ini 2x sehari, masing-masing cukup 1 gelas saja.

3.Mengobati Keputihan

Langkah pertama, siapkan daun Kumis Kucing, 1 sendok teh Jinten Hitam, 10 biji Kemukus, serta daun Beluntas secukupnya. Rebus semua bahan tersebut sampai mendidih. Minum ramuan ini 1x sehari, dan lakukan secara rutin.

4.Mengobati Sakit Pinggang

Siapkanlah 7 lembar daun Kumis Kucing serta 2 potong akar Kumis Kucing. Rebus keduanya dengan 1 gelas air, dan tunggu sampai mendidih. Minum ramuan ini 2x sehari, secara teratur.

5.Mengoabti Masuk Angin

Siapkan daun Kumis Kucing secukupnya. Kemudian rebuslah dengan 1 gelas air. Tunggu sampai mendidih, ataupun saat air rebusannya tersisa setengahnya. Tunggu sampai air rebusannya dingi,baru anda bisa meminumnya. Lakukan aktivitas ini secara rutin.

6.Mengobati Diabetes

Petiklah 15 lembar daun Kumis Kucing, kemudian cuci sampai bersih. Selanjutnya rebuslah dengan 2 gelas air, sampai tersisa setengahnya. Tunggu sampai airnya dingin, baru anda bisa meminumnya. Minum ramuan ini 1x sehari secara rutin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *