MEMAHAMI KOMPLIKASI DAN BAHAYA PENYAKIT HERPES GENITAL

Ada banyak jenis penyakit virus pada alat kelamin (genital) laki-laki atau perempuan yang sangat berbahaya. Salah satunya adalah penyakit virus herpes genital. Penyakit virus herpes genital ini paling banyak di jumpai dalam praktek dokter sehari-hari namun seringkali banyak dokter atau pasien yang tidak menyadari bahwa itu adalah penyakit herpes genital. Populasi semakin meningkat karena faktor hubungan seksual bebas tanpa pengaman. Bahkan ada sebagian dokter yang tidak begitu memahami cara mengobati penyakit herpes genital ini. Apa penyebab penyakit herpes genital ini ? Bagaimana orang bisa tertular penyakit herpes genital ini ? Apa saja keluhan yang timbul pada penyakit herpes genital ? Apa saja bahaya dan komplikasinya orang yang terkena penyakit herpes genital ?

Apa Itu Penyakit Herpes Genital ?

Penyakit Herpes Genital atau nama lainnya Penyakit Herpes Kelamin atau Penyakit Herpes Simpleks adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 dan tipe 2 yang menyerang kulit dan jaringan mukosa kelamin laki-laki atau perempuan. Penyakit herpes genital ini merupakan salah satu penyakit menular seksual. Penyakit herpes genital ini bisa muncul dan manifestasi ketika daya tahan tubuh kita menurun dan ketika kita melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang terkontaminasi virus herpes simpleks. Populasi semakin meningkat sehubungan dengan adanya aktifitas hubungan seksual bebas tanpa pengaman. Disamping itu orang yang terkena penyakit herpes genital tidak bisa segera sembuh dan terbebas dikarenakan sistem antibodi yang belum terbentuk.

Bagaimana Penularan Penyakit Herpes Genital (Herpes Simpleks) ?

Virus herpes genital sangat mudah dan cepat menular. Penularan virus herpes genital (herpes simpleks) bisa terjadi melalui kontak langsung dari orang yang terinfeksi, bisa melalui seks vagina dan oral seks. Infeksi virus herpes simpleks terkadang tidak menimbulkan gejala tertentu pada awalnya namun setiap orang yang terinfeksi tetap bisa menularkan virus herpes simplek ini. Gejala herpes genital ini mungkin muncul dari ringan sampai berat. Sekitar 80 persen orang yang terinfeksi tidak menyadari bahwa mereka telah menderita penyakit herpes simpleks. Ada dua jenis virus herpes genital yakni :

• Herpes simplex tipe satu, penyebabnya oleh HSV-1 (Herpes Simpleks Virus 1)
  • Herpes Simplex tipe dua, penyebabnya oleh virus HSV-2 (Herpes Simpleks Virus 2)

Penularan herpes genital atau virus tipe HSV-1 ditularkan melalui oral seks, sekresi mulut atau luka pada kulit dan dapat menyebarkan infeksinya melalui ciuman atau akibat menggunakan barang bersama-sama, seperti sikat gigi atau peralatan makan serta hubungan seksual juga. Seseorang dapat terinfeksi tipe HSV-2 selama kontak seksual dengan seseorang yang memiliki infeksi genital HSV-2. Pada tipe HSV-1 dan HSV-2 dapat menyebar semakin banyak walaupun tidak ada luka.

Mengapa Herpes Genital Bisa Kambuh Lagi ?

Beberapa hal yang menyebabkan kambuhnya herpes genital antara lain :

• Adanya penyakit umum (dari penyakit ringan sampai serius).
  • Faktor lelah fisik dan lelah psikis
  • Stres fisik atau stres emosional.
  • Imunosupresi akibat HIV/AIDS (defisiensi imun)
  • Akibat sering konsumsi obat steroid
  • Pada saat  haid (kondisi lemah)

Apa Saja Gejala Herpes Genital ?

Virus herpes genital bisa menjadi laten atau tidak aktif di dalam tubuh selama beberapa waktu dari bulanan sampai tahunan. Namun virus herpes simpleks ini dapat kembali aktif dan memicu timbulnya gejala penyakit herpes genital. Artinya, setelah gejala dari infeksi pertama menghilang, bukan berarti virus herpes juga ikut menghilang dari tubuh. Akan tetapi, virus herpes genital itu masih dapat aktif kembali dan kambuh kembali. Bagi yang baru pertama kali terinfeksi virus herpes genital ini tidak menyadari adanya gejala-gejala tertentu. Akibatnya, kebanyakan tidak tahu bahwa dirinya telah terinfeksi. Gejala-gejala herpes genital antara lain :

• Adanya luka lepuh pada area vagina, penis, dubur, bibir
  • Lepuhan yang pecah terasa nyeri
  • Merasakan sakit saat buang air kecil
  • Sakit punggung bawah
  • Penurunan daya tahan tubuh ; flu, demam, tidak nafsu makan, dan kelelahan
  • Luka terbuka pada leher Rahim, bibir vagina
  • Adanya cairan yang banyak keluar dari vagina
  • Sensasi rasa sakit, panas terbakar, perih gatal, atau geli pada daerah yang terinfeksi
  • Badan demam, pusing dan lelah

Apa Saja Bahaya dan Komplikasi Herpes Genital ?

Komplikasi yang bisa muncul bersamaan dengan penyakit herpes genital umumnya berupa infeksi menular, adanya inflamasi (peradangan), dan gangguan kandung kemih.

• Infeksi Menular Seksual Lainnya

Penderita herpes genital dengan luka terbuka memiliki risiko lebih tinggi untuk menyebarkan atau tertular penyakit seksual lainnya, terutama jika berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman seperti kondom. Virus HIV/AIDS dapat masuk melalui lepuhan atau luka terbuka dari penyakit herpes ini.

• Inflamasi atau Peradangan

Pada beberapa kasus, herpes genital dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan, pada saluran kemih. Setelah itu timbul pembengkakan yang bisa menutup uretra selama bebeberapa hari, menimbulkan nyeri buang air kecil dan kencing terasa tertahan. Selain itu peradangan uretra ini bisa terjadi pada bagian rektal, hal ini sering terjadi pada pelaku seks anal.

• Gangguan Ereksi :

Pada beberapa kasus pasien dengan penyakit herpes genital bisa mengalami gangguan ereksi seperti ereksi tidak maksimal, ereksi nyeri, rasa panas dan gatal di kepala penis.

• Gangguan Ejakulasi :

Ada sebagian orang yang terinfeksi herpes genital mengalami ejakulasi dini dan ejakulasi yang tidak terkontrol bahkan saat ejakulasi timbul sensasi nyeri seperti tertusuk.

• Bisa menimbulkan gagal hamil, hamil dengan keguguran bahkan kelahiran bayi yang cacat.

Bagaimana Penanganan Herpes Genital ? Apakah Herpes Genital Bisa Disembuhkan ?

Herpes Genital bisa disembuhkan setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan laboratorium dan pengobatan yang intensif dan maksimal. Hal ini tergantung dengan kondisi imun tubuh pasien dan pengobatan medis yang menggunakan obat-obat yang memadai. Namun untuk pengobatan penyakit herpes genital ini umumnya memakan waktu yang relatif agak lama paling tidak butuh 3-5 tahun. Sementara serangan herpes genital  bisa menimbulkan nyeri dan muncul bintil-bintil pada tubuh. Efek dan gejala sisa dari penyembuhan herpes genital yang lama juga menyisakan cacat pada kulit dan rusaknya selaput saraf kelamin. Bayangkan jika serangan herpes terjadi pada mulut dan kelamin, sungguh hal yang tidak di inginkan. Jika anda menemui gejala herpes genital seperti diatas, segera lakukan pemeriksaan dan konsultasikan ke dokter tentang penanganan herpes genital yang terbaik agar lebih mempercepat proses penyembuhan dan tidak menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Jangan mencoba mengobati penyakit herpes genital sendiri dengan membeli obat diapotik atau dengan saran teman karena pengobatan herpes genital yang tidak tepat akan menimbulkan komplikasi dan bahaya yang lebih serius.

Diagnosis Herpes Genital (Herpes Simplex)

Untuk melakukan diagnosis Infeksi virus herpes genital ini tidak cukup berdasarkan gejala klinik khas tetapi terlebih lagi butuh pemeriksaan laboratorium buat kepastian dan kontrol. Gejala penyakit herpes genita ini memiliki tampilan yang khas seperti timbul ruam sampai melepuh pada kulit kelamin, rasa panas dan nyeri. Virus herpes simplex dapat didiagnosis dengan melakukan tes DNA dan kultur virus. Untuk mengetahui apakah kita menderita herpes genitalis, sampel dari cairan herpes akan diambil dan dibawa serta diteliti di laboratorium. Jika Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu yang timbul setelah munculnya herpes ini, Anda perlu menemui dokter untuk menerima perawatan khusus. Infeksi yang ditimbulkan virus herpes simpleks ini bisa berdampak pada bagian tubuh yang lain.

Bagaimana Penanganan Herpes Genital di Klinik Pandawa ?

Klinik pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam melakukan pengobatan penyakit herpes genital. Pemberian pengobatan herpes genital dengan benar dan tepat lebih maksimal dan mempercepat proses penyembuhan. Klinik Pandawa memiliki fasilitas dan alat yang sangat memadai, modern dan lengkap. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama bertahun-tahun melayani pasien kulit dan kelamin dengan penyakit herpes genital. Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan dan pengobatan yang di lakukan oleh dokter spesialis klinik pandawa. Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah setelah pengobatan di klinik pandawa dan hasil pengobatan jadi lebih maksimal. Jika memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol Telp / SMS / WA. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.