kista rahim

Mengenal Kista Rahim

Kista rahim / ovarium biasa terjadi, terutama dengan wanita yang masih mendapat menstruasi. Kantong padat atau berisi cairan di dalam atau di ovarium Anda. Sebagian besar tidak menyakitkan dan tidak berbahaya. Anda mungkin mendapatkannya setiap bulan sebagai bagian dari siklus Anda dan tidak pernah mengetahuinya. Penyakit ini biasanya pergi sendiri tanpa perawatan. Kista juga umum terjadi saat Anda sedang hamil .

Sebuah kista menjadi masalah ketika itu tidak pergi atau akan lebih besar. Hal itu bisa menjadi menyakitkan. Ada juga kemungkinan kanker , tapi jarang terjadi. Kemungkinan ada saat Anda bertambah tua.

Apa gejalanya

Sebagian besar kista ovarium berukuran kecil dan tidak menimbulkan masalah. Bila ada gejala, Anda mungkin mengalami tekanan, kembung , bengkak, atau nyeri di perut bagian bawah pada sisi kista. Rasa sakit ini mungkin bisa datang dan pergi.

Terkadang kista mungkin memerlukan perhatian darurat. Segera temui dokter Anda jika Anda memiliki gejala ini:

• Nyeri perut mendadak terasa deras.
  • Sakit dengan demam dan muntah.
  • Pusing , lemas , lemas.
  • Bernapas cepat.

Apakah Nyeri Saya Disebabkan Oleh Kista Ovarium?

Terkadang dokter Anda menemukan kista selama pemeriksaan pelvis (wanita). Dokter Anda akan mengajukan pertanyaan tentang rasa sakit dan gejala lainnya.

Dokter mungkin akan memberi Anda USG . Ini adalah alat yang menggunakan gelombang suara untuk memotret di dalam tubuh Anda. Ini bisa menunjukkan detil kista, dan juga mungkin melakukan beberapa tes darah untuk:

• Cari tahu apakah Anda hamil
  • Lihat apakah masalah Anda disebabkan oleh hormon
  • Periksa kanker (jika Anda melewati masa menopause )

Jenis kista ;

Sebagian besar kista dianggap “fungsional.” Mereka adalah bagian dari siklus bulanan Anda.

• Kista folikel . Ovarium Anda biasanya melepaskan satu telur setiap bulannya. Ini tumbuh di dalam kantung kecil yang disebut folikel. Saat telur sudah siap, folikel pecah dan lepaskan. Jika kantung tidak terbuka, hal itu menyebabkan kista folikel. Ini sering hilang dalam 1 sampai 3 bulan.
  • Kista Corpus luteum . Begitu telur dilepaskan, folikel kosong biasanya menyusut dan membantu bersiap-siap untuk telur berikutnya. Ini menjadi kista saat menutup kembali dan cairan terkumpul di dalamnya. Mungkin akan hilang dalam beberapa minggu. Tapi mungkin berdarah atau menyebabkan rasa sakit saat tumbuh.
  • Tidak berfungsi Pada beberapa wanita, indung telur mereka menghasilkan banyak kista kecil. Kondisi ini disebut sindrom ovarium polikistik ( PCOS ). Hal ini dapat membuat sulit untuk hamil. Kista nonfungsional lainnya mungkin disebabkan oleh kanker . Kista ovarium pada wanita setelah menopause ( setelah menstruasi Anda berhenti) lebih cenderung menjadi kanker daripada pada wanita yang lebih muda.

Diagnosa

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.