MENGOBATI PENYAKIT MATA IKAN DI KAKI (CLAVUS)

Orang awam biasa menyebut benjolan keras dikaki dan ada nyeri tekan adalah penyakit mata ikan. Penyakit mata ikan pada kaki dalam kedokteran disebut penyakit clavus. Penyakit mata ikan sangatlah menganggu aktifitas jalan sehari-hari. Terkadang penyakit mata ikan (clavus) bisa sampai bengkak meradang. Kenapa wanita lebih sering terkena penyakit mata ikan (clavus) dibandingkan pria ? Karena kebanyakan wanita lebih sering menggunakan sepatu yang tertutup, berbahan keras dengan ukuran sempit.

Apa itu Penyakit Clavus (Mata ikan di Kaki)

Penyakit mata ikan di kaki (clavus) adalah timbunan sel-sel kulit mati yang menebal kearah dalam akibat adanya tekanan dan gesekan yang berulang. Tekanan atau gesekan berulang tersebut dapat disebabkan karena cara berjalan serta jenis sepatu yang dipakai. Penyakit clavus berbentuk bulat berukuran lebih kecil dibandingkan kapalan, bagian tengah teraba keras, dikelilingi kulit yang meradang, nyeri dan pada kondisi tertentu dapat menjadi ulcus.

Ada dua jenis penyakit mata ikan (clavus)  yaitu:

• Penyakit mata ikan keras.

Merupakan jenis penyakit mata ikan (clavus) yang paling sering ditemui. Ukurannya seperti kacang dengan tonjolan, teksturnya keras dan kecil. Mata ikan jenis ini lebih sering  menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakan.

• Penyakit mata ikan lunak.

Merupakan jenis mata ikan yang berwarna putih dan bertekstur lunak. Biasanya muncul di jari-jari kaki, sering ditemui ketika kulit kaki basah karena keringat. Penyakit mata ikan lunak akan terasa sangat sakit bila terinfeksi oleh bakteri atau jamur.

Apa Saja Gejala Yang Muncul Pada Penyakit Mata Ikan (Clavus) ?

Penyakit mata ikan (clavus) bisa menimbulkan keluhan, gejala dan kelainan pada kulit, yaitu

• Penebalan
  • Pengerasan
  • Penonjolan pada kulit
  • Kulit bersisik
  • Kering, atau berminyak
  • Ada Rasa nyeri bila ditekan
  • Adanya peradangan dan rasa nyeri akibat infeksi

Bagaimana bila penyakit mata ikan (clavus) terinfeksi ? biasa akan timbul rasa nyeri, adanya peradangan, terdapat nanah atau cairan bening. Sama seperti kapalan, penyakit mata ikan (clavus) baru terasa nyeri ketika ada tekanan seperti berjalan atau mengenakan sepatu.

Apa Saja Penyebab dan Faktor Risiko Penyakit Mata Ikan (Clavus) ?

Penyebab munculnya penyakit clavus adalah akibat tekanan dan gesekan di area kulit yang sama berulang kali dan berlangsung lama. Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit clavus (mata ikan), yaitu:

• Pemakaian sepatu.

Sepatu yang terlalu sempit serta sepatu berhak tinggi bisa menekan beberapa titik telapak kaki. Sebaliknya, sepatu yang terlalu longgar pun dapat menyebabkan beberapa bagian telapak kaki bergesekan berulang kali dengan bagian dalam sepatu.

• Penebalan kulit akibat sering bermain gitar.

Penebalan pada kulit tangan bisa muncul akibat gesekan kulit tangan dengan sebuah instrumen musik yang di gunakan sehari-hari.

• Tanpa kaus kaki

Akibat tidak memakai kaus kaki dan kaus kaki ukuran yang tidak tepat bisa menyebabkan timbulnya gesekan berlebih antara kaki dengan alas kaki.

• Perokok

Biasanya perokok menggunakan pemantik api yang dapat membuat gesekan berulang pada jempol tangan, sehingga mata ikan dapat terjadi pada kulit jempol.

Apa Bahaya Penyakit Mata Ikan (Clavus) Jika Tidak Di Obati ?

Komplikasi dan bahaya penyakit mata ikan (clavus) berupa terbentuknya kantung nanah atau abses, ulkus dan deformitas. Hal ini dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan, merawat luka dengan baik dan segera melakukan pengobatan dengan dokter sebelum timbul rasa sakit. Bahaya yang ditimbulkan penyakit mata ikan (clavus), yaitu :

• Menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa
  • Mengalami pembengkakan
  • Menyebabkan luka-luka
  • Menyebabkan bau tidak sedap
  • Bisa menimbulkan luka ulkus

Bagaimana Penanganan yang Tepat Terhadap Penyakit Mata Ikan (Clavus) ?

Penanganan penyakit mata ikan (clavus) bertujuan untuk menghilangkan gejala yang ada yakni rasa sakit dan ketidak nyamanan serta kepentingan kosmetik. Untuk mengatasi keluhan penyakit mata ikan (clavus) dengan tepat, ada beberapa metode atau langkah yang dapat ditempuh antara lain:

• Obat mata ikan (clavus)

Saat ini telah tersedia obat mata ikan yang berbentuk cair, obat ini bersifat keratolitik yang mana cara kerjanya mengikis secara perlahan penebalan kulit pada penyakit mata ikan. Namun cara ini tergolong lambat dan kurang efektif dalam menghilangkan penyakit mata ikan, bahkan jika salah dalam menggunakannya akan merusak kulit sehat sekitarnya. Dalam hal ini anda perlu berkonsultasi ke dokter dan mendengar saran dokter. Apakah obat bersifat kertolitik adalah pengobatan yang sesuai dengan jenis penyakit mata ikan (clavus) yang anda alami?

• Operasi Kecil

Operasi penyakit mata ikan (clavus) adalah cara yang paling cepat dan paling ampuh untuk mengobati penyakit mata ikan. Kenapa ? Operasi dengan cara mengangkat dan membuang semua benjolan sampai ke dasar intinya yang merupakan penyebab nyeri. Tehnik operasi dengan cara eksisi kecil dan bius lokal kemudian luka dijahit dan dirapatkan. Bisa juga menggunakan tehnik laser. Operasi ini tidak sakit karena sebelum melakukannya akan diberi pembiusan lokal, rasa sakit mungkin ada setelah obat bius hilang, namun itupun tetap diberikan obat-obatan untuk menghilangkan rasa nyeri. Operasi penyakit mata ikan (clavus) pengerjaannya cepat, dan pasien tidak perlu dirawat.

Bagaimana Penanganan Penyakit Mata Ikan (Clavus) di Klinik Pandawa ?

Klinik pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam  penanganan penyakit mata ikan di kaki (clavus). Penanganan yang tepat dan efektif adalah melakukan operasi kecil (operasi minor). Tehnik yang digunakan bisa dengan pisau bedah atau alat laser. Tehniknya perlu mengeluarkan inti mata ikan (clavus) sampai dasarnya untuk membebaskan kaki anda dari rasa sakit ketika berjalan. Klinik Pandawa memiliki fasilitas dan alat yang sangat memadai, modern dan lengkap. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama bertahun-tahun melayani pasien clavus (penyakit mata ikan) dan penyakit kulit dan kelamin lainnya, dan tindakan bedah minor lainnya. Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan dan pengobatan yang di lakukan oleh dokter klinik pandawa. Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah setelah pengobatan, dan hasil pengobatan lebih maksimal. Jika memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol Telp / SMS / WA. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.