Muncul Bintil – Bintil Putih Kecil Pada Kulit, Waspada Molluscum Contagiosum

Muncul Bintil - Bintil Putih Kecil Pada Kulit, Waspada Molluscum Contagiosum

Muncul Bintil – Bintil Putih Kecil Pada Kulit, Waspada Molluscum Contagiosum

Setiap orang tentu memiliki resiko yang besar untuk mendapatkan penyakit kulit. Meskipun kita telah melakukan pembersihan pada badan dengan rutin, kita bisa saja terkena penyakit kulit jika kita melakukan beberapa aktivitas di luar ruangan. Sebagai contoh, kita bisa saja berenang di kolam renang umum dimana banyak orang yang telah memiliki penyakit kulit yang bisa menularkan penyakitnya. Salah satu penyakit kulit yang sangat mengganggu adalah Molluscum Contagiosum dan ditandai dengan muncul bintil – bintil putih kecil pada kulit. Apa Itu Penyakit Molluscum Contagiosum ?, Apa Saja Gejala Penyakit Molluscum Contagiosum?, Apakah Penyebab Dan Faktor Risiko Terjadinya Penyakit Molluscum Contagiosum?, Apa Bahaya Dan Komplikasi Penyakit Molluscum Contagiosum Apabila Tidak Segera Diobati?, Bagaimana Pengobatan Atau Prosedur Yang Dilakukan Terhadap Penyakit Molluscum Contagiosum?, Bagaimanakah Pengobatan Penyakit Molluscum Contagiosum Di Klinik Pandawa?.

Apa Itu Penyakit Molluscum Contagiosum ?

Molluscum Contagiosum adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus Molluscum Contagiosum. Ini menghasilkan benjolan yang bersifat jinak, atau lesi, pada lapisan atas kulit anda. Benjolan kecil ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit pada tahap awal penyakit. Lamanya waktu virus bervariasi atau berbeda-beda untuk setiap orang, dan benjolan tersebut akan tetap bertahan pada kulit dari dua bulan hingga empat tahun lamanya apabila tidak diobati.

Apa Saja Gejala Penyakit Molluscum Contagiosum?

Jika anda atau anak anda bersentuhan dengan virus ini, mungkin tidak akan telihat gejala infeksi hingga enam bulan. Periode inkubasi rata-rata adalah antara dua dan tujuh minggu. Anda mungkin memperhatikan munculnya sekelompok kecil lesi yang tidak nyeri. Benjolan ini dapat muncul sendiri atau dalam sepetak sebanyak 20. Ciri-cirinya sebagai berikut :

• sangat kecil, berkilau, dan halus dalam penampilan
  • berwarna seperti daging, putih, atau merah muda
  • keras dan berbentuk seperti kubah dengan penyok atau lesung di tengah
  • diisi dengan inti inti dari bahan lilin
  • antara 2 hingga 5 milimeter dengan diameter, atau antara ukuran kepala pin dan ukuran penghapus di atas pensil
  • hadir di mana saja kecuali di telapak tangan atau telapak kaki, khususnya di wajah, perut, badan, lengan, dan kaki anak-anak, atau paha bagian dalam, alat kelamin, dan perut orang dewasa
  • Namun, jika anda memiliki sistem kekebalan yang lemah, mungkin memiliki gejala yang lebih signifikan. Seperti, Lesi berukuran 15 milimeter, yang kira-kira sebesar koin kecil. Benjolan muncul lebih sering di wajah dan biasanya resisten atau kebal terhadap pengobatan.

Apakah Penyebab Dan Faktor Risiko Terjadinya Penyakit Molluscum Contagiosum?

Umumnya penyebab atau penularan Molluscum Contagiosum adalah kontak langsung dengan penderita. Pada anak-anak penularan biasanya ketika bermain dengan anak lain. Sedangkan pada dewasa bisa tertular melalui hubungan seksual atau kontak ketika sedang berolahraga.

Virus ini bisa bertahan di permukaan atau benda yang bersentuhan dengan kulit orang yang terinfeksi. Sehingga, penularan juga dapat terjadi pada barang yang terkontaminasi –seperti handuk, pakaian, mainan, atau sarung tangan, dan peralatan olahraga.

Siapa pun bisa mendapatkan penyakit Molluscum Contagiosum, tetapi kelompok orang tertentu lebih mungkin terinfeksi daripada yang lain. Kelompok-kelompok ini termasuk:

• anak-anak antara usia 1 sampai 10 tahun
  • orang yang tinggal di iklim tropis
  • orang dengan sistem kekebalan yang lemah yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti transplantasi organ atau perawatan kanker
  • orang-orang yang memiliki dermatitis atopik, yang merupakan bentuk umum dari eksim yang menyebabkan ruam bersisik dan gatal
  • orang-orang yang berpartisipasi dalam olahraga kontak, seperti gulat atau sepak bola, di mana kontak kulit ke kulit adalah hal biasa

Anda harus selalu memeriksakan penyakit Molluscum Contagiosum atau lesi kulit yang berlangsung lebih lama dari beberapa hari. Molluscum Contagiosum akan menyebabkan lesi semakin parah, seperti kanker kulit, cacar air, atau kutil. Lesi besar yang terletak di wajah dan leher, penyakit kulit seperti dermatitis atopik, Anda juga akan memiliki kekhawatiran serius atau stres tentang penyebaran virus, dan perawatan yang paling efektif untuk Molluscum Contagiosum dilakukan oleh dokter. Ini termasuk cryotherapy, kuretase, terapi laser, dan terapi topikal.

Karena tonjolan kulit yang disebabkan oleh Molluscum Contagiosum memiliki penampilan yang berbeda, dokter akan mendiagnosis infeksi hanya dengan melihat daerah yang terkena serta riwat dari peyakit yang pernah anda derita sebelumnya. Dan melakukan tes fisik serta permeriksaan lab, Scrap atau biopsi kulit juga dapat mengkonfirmasi diagnosis.

Perihal pengobatan penyakit Molluscum Contagiosum ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan penyakit Molluscum Contagiosum secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

Bagaimanakah Pengobatan Penyakit Molluscum Contagiosum Di Klinik Pandawa?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan Penyakit Molluscum Contagiosum disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit Molluscum Contagiosum  ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan.

Perlu anda ketahui beberapa keunggulan klinik pandawa dibandingkan klinik lainnya yang setara antara lain :

• Memiliki dokter ahli dan berpengalaman
  • Memiliki ruangan full AC
  • Parkir luas dan gratis
  • Memiliki laboratorium dan apotik
  • Biaya relatif murah dan terjangkau
  • Memiliki alat medis modern termasuk alat laser, USG, Rontgen.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS / Telp pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.