operasi selaput dara

Dokter Spesialis & Biaya Operasi Selaput Dara Wanita

Selaput dara adalah selaput tipis dan halus. Anda bisa membandingkannya dengan kulit tapi lebih tipis dan terdiri dari jaringan elastis dan berserat. Perbaikan selaput dara ini juga dikenal sebagai Hymenoplasty adalah prosedur untuk memulihkan selaput dara pada wanita untuk suatu tujuan, agama, budaya atau etnis. Dalam sebuah kebudayaan selaput dara dianggap sebagai tanda keperawanan dan karena alasan budaya dan agama bisa menjadi faktor penting dalam sebuah pernikahan. Dalam banyak kasus, pernikahan bahkan dibatalkan jika selaput dara tersobek / rusak.

Operasi Selaput Dara Sederhana

Operasi selaput dara mempunyai prosedur waktu 30 – 45 menit dan dapat dilakukan di ruang operasi menggunakan bius umum atau lokal. Dokter menggunakan jahitan yang dapat dilarutkan untuk menyambung kembali membran kulit yang sebagian menutup lubang ke vagina. Setelah operasi hymenoplasty, pasien dapat kembali beraktifitas dalam satu atau dua hari dan penyembuhannya berlangsung sekitar 6 – 8 minggu.

Resiko Perbaikan Selaput Dara

Risiko yang paling umum terkait dengan perbaikan selaput dara meliputi memar, pembengkakan, ketidaknyamanan, dan mati rasa. Sementara infeksi jarang terjadi, selalu ada risiko dalam mengikuti operasi elektif. Mengikuti instruksi dokter bedah Anda secara eksplisit dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Setiap komplikasi dari perbaikan selaput ini sangat jarang terjadi. Terkadang ada masalah ‘penyempitan’ atau selaput dara yang terlalu banyak. Di sinilah tempat pembukaan menjadi menyempit, artinya saat melakukan hubungan intim akan sulit. Namun hal ini sangat jarang menimbulkan masalah sama sekali dalam jangka panjang.

Alasan Wanita Melakukan Operasi Keperawanan

1. Ingin Kembali Perawan

Selaput dara masih menjadi acuan seseorang wanita perawan atau tidak. Oleh karena itulah banyak wanita melakukan cara mengembalikan keperawanan dengan operasi selaput dara agar ia dapat menjadi perawan kembali seperti sedia kala.

2. Mengembalikan Keperawanan Yang Hilang Sebelum Pernikahan

Selaput dara dapat robek walaupun tidak dilakukan penetrasi. Penyebab robeknya selaput ini bisa saja karena aktivitas sehari-hari yang dilakukan wanita. Karena itulah mereka melakukan operasi ini untuk mengembalikan keperawanan yang hilang sebelum pernikahan atau sebelum melakukan hubungan seksual bersama suami.

3. Meningkatkan Kepuasan

Banyak yang mengatakan bahwa ketika masih adanya lapisan selaput dara atau ‘masih perawan’, maka ada kenikmatan tersendiri ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Hal inilah yang ingin dikembalikan oleh wanita, untuk meningkatkan kepuasan dari pasangannya ketika melakukan hubungan seksual.

Biaya Operasi Selaput Dara Hymenoplasty Di Klinik

Pandawa clinic menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah seputar operasi selaput dara.Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.