pantangan bagi penderita wasir

Pantangan Bagi Penderita Wasir

Pantangan Bagi Penderita Wasir

Berikut makanan minuman serta aktifitas yang di pantang bagi penderita wasir, yaitu ;

  • Konsumsi obat pencahar

Minum obat pencahar sangat efektif untuk mencegah konstipasi, namun obat ini tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita hemoroid karena bisa menimbulkan efek rasa sakit yang lebih parah. Ini karena, obat pencahar memiliki kandungan asam sangat tinggi.

  • Konsumsi minuman beralkohol

Terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal di perut Anda. Jika Anda ingin menghilangkan rasa sakit wasir, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih banyak alkohol daripada satu atau dua gelas per hari.

  • Mengkonsumsi berbagai jenis makanan olahan

Bila Anda menderita wasir, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan olahan seperti junk food, karena makanan olahan ini memiliki kandungan serat sangat rendah dan akan sangat sulit dicerna sehingga bisa menyebabkan sembelit.

  • Konsumsi garam

Jika terlalu banyak makanan yang mengandung garam dapat menyebabkan perlambatan sistem pencernaan dan sekaligus dapat menyebabkan rasa sakit saat ada gerakan di dalam usus. Tidak hanya itu, kadar garam dalam darah tinggi bisa menyebabkan perut kembung yang bisa menyebabkan pembengkakan wasir dan juga akan menjadi lebih sensitif.

  • Mengkonsumsi makanan yang digoreng

Mengkonsumsi makanan gorengan ini bisa memperparah wasir yang disebabkan oleh dua cara. Pertama, mengonsumsi makanan yang digoreng sangat sulit dicerna, sehingga bisa memperlambat kerja sistem pencernaan secara keseluruhan. Dengan melakukannya, hal itu bisa menyebabkan usus menjadi keras. Sedangkan cara kedua adalah, makanan ggoreng yang digoreng biasanya dimasak dengan menggunakan minyak sayur yangv terbuat dari bahan seperti jagung, kedelai dan minyak lobak. Dari ketiga jenis minyak ini bisa diakhiri dengan kerusakan pada dinding usus jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang.

  • Mengkonsumsi makanan pedas

Siapa yang tidak suka makanan atau masakan pedas. Namun, tahukah Anda jika wasir sudah membengkak, maka sebaiknya hindari makanan pedas sampai penyakit wasir Anda membaik. Ini karena, makanan pedas bisa menyebabkan asam lambung meningkat dan bisa menyebabkan ketidaknyamanan saluran pencernaan Anda.

Minuman Pantangan Bagi Penderita Wasir

Berikut ini ada berbagai macam minuman pantangan ambeien yang tidak boleh dikonsumsi :

1. Susu

Susu memiliki kontribusi dalam memberikan ketidaknyamanan bagi penderita ambeien. Hal itu dikarenakan susu bisa memproduksi gas di dalam tubuh atau perut. Jika gas sudah diproduksi dalam perut akibatnya adalah rasa sakit dan kram perut yang menyakitkan.

Banyak produk susu yang mengandung asam lemak sehingga di dalam usus bisa mengikat kalsium, namun akibatnya adalah tinja lebih keras dan sembelit.

2. Alkohol

Bahaya alkohol bisa menyebabkan dehidrasi, jika sudah dehidrasi orang akan terkena ambeien. Konsumsi alkohol dalam jumlah besar bisa menyebabkan pencernaan menjadi terganggu.

3. Kopi

Kopi adalah minuman yang paling lezat di pagi hari, namun kopi bisa menimbulkan penderitaan bagi penderita ambeien. Bahaya kopi bisa menyebabkan sembelit pada usus. Konsumsi kopi yang berlebih bisa membuat penderitaan bagi penderita ambeien.

Aktivitas Pantangan Bagi Penderita Wasir

Banyak aktivitas larangan yang tidak boleh dilakukan penderita ambeien. Hal itu dikarenakan aktivitas tersebut dapat membuat ambeien akan semakin parah. Aktivitas larangan itu adalah :

1. Mengejan Terlalu Keras – Mengejan terlalu keras akan membuat penderita merasakan kesakitan. Mengejan juga bisa membuat bengkak semakin besar.

2. Lama Jongkok Di Wc Jongkok – Terlalu lama jongkok di WC jongkok menyebabkan ambeien menjadi semakin parah. Hal itu dikarenakan terlalu lama jongkok bisa membuat pembengkakan pembuluh darah di daerah dubur semakin besar. Jika susah BAB, sebaiknya jangan dipaksakan mengejan terus-terusan.

3. Terlalu Lama Duduk Di WC Duduk – Terlalu lama duduk di WC duduk bisa membuat tekanan pada dubur semakin meningkat. Akibatnya adalah dubur akan semakin melebar dan membengkak.

4. Merokok – Bahaya merokok bisa menyebabkan ambeien semakin parah, hal itu dikarenakan rokok mengandung zat-zat berbahaya yang tidak baik untuk usus. Bagi yang sedang ambeien, sebaiknya jangan merokok karena merokok adalah pantangan ambeien.

Pantangan Bagi Penderita Wasir Dalam Hal Pengobatan

Pantang bagi penderita wasir ini sangat penting, jika sakit berkelanjutan kunjungi kami segera. Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.


Konsultasi


SMS


Whatsapp

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *