PENANGANAN PENYAKIT JERAWAT (ACNE) YANG EFEKTIF DAN TEPAT

Penyakit jerawat (acne) adalah adanya peradangan lokal pada area wajah karena suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat dan menimbulkan nanah yang meradang (infeksi). Penggunaan kosmetik dan foundation sering sekali menyebabkan penyumbatan pori-pori sehingga menimbulkan jerawat (acne vulgaris). Gejala acne vulgaris (jerawat) pada umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik seperti komedo, papul, pustule, nodule pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Ada banyak tipe atau jenis penyakit jerawat (acne) diantaranya acne vulgaris, acne cystic (jerawat batu). Apakah penyakit jerawat (acne) bisa disembuhkan ? Bagaimana penanganan acne  (jerawat) yang efektif dan tepat ?  Apakah ada faktor keturunan ?

Apa Itu Penyakit Jerawat Batu (Cystic Acne)

Penyakit jerawat batu (cystic acne) adalah jerawat besar dengan peradangan hebat. Penyakit jerawat batu (cystic acne) dapat muncul ketika pori-pori di kulit tersumbat karena adanya sel-sel kulit mati. Terkadang bakteri terperangkap di dalam pori-pori, menyebabkan benjolan yang meradang, bengkak dan terasa sakit atau gatal. Jenis penyakit jerawat batu (cystic acne) dapat menurun, apabila salah satu dari orang tua anda menderita jerawat batu (cystic acne), anda juga dapat mengalami hal yang sama. Pada wanita dengan penyakit jerawat batu (cystic acne) muncul pada area pipi, dagu, dan hidung. Secara genetik penderita penyakit jerawat batu (cystic acne) memiliki:

1. Produksi kelenjar minyak yang berlebih
  2. Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal
  3. Kulit hipersensisitif.

Apa Saja Penyebab Penyakit Jerawat (Acne Vulgaris) ?

Pada dasarnya, penyakit jerawat yang muncul pada remaja dan orang dewasa memiliki penyebab yang sama. Umumnya, kedua jenis jerawat (acne) ini muncul akibat adanya fluktuasi dan perubahan hormon yang cukup signifikan. Akan tetapi, penyebab perubahan hormon yang terjadi pada remaja dan dewasa cenderung berbeda.

Penyakit jerawat pada orang dewasa biasanya muncul akibat adanya kesalahan dalam pola makan dan gaya hidup seseorang, khususnya bagi kamu yang secara genetik memang memiliki keturunan mudah berjerawat. Jangan heran jika saat mengkonsumsi bahan makanan tertentu, seperti susu, akan terjadi peningkatan hormon IGF-1 dan testosterone di dalam tubuh. Itulah yang nantinya menyebabkan munculnya jerawat pada kulit orang dewasa.

Jika penyakit jerawat (acne) semakin parah, tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter kulit dan melakukan konsultasi mengenai masalah penyakit jerawat (acne) yang kamu alami. Kebanyakan penyakit jerawat (acne) muncul ketika masa puber saja, sementara ada juga usia 30 atau 40 masih berurusan dengan penyakit jerawat (acne). Inilah yang disebut dengan adult acne (penyakit jerawat pada orang dewasa). Beberapa penyebab penyakit jerawat pada orang dewasa (adult acne) antara lain :

1. Kebiasaan dan gaya hidup (lifestyle).

Tidur kurang dari 7 jam, merokok, atau rutin berada di ruangan penuh asap rokok merupakan pemicu berkembangnya penyakit jerawat (acne).

1. Mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi kalori (karbohidrat dan lemak).

Kenali diri anda dan coba untuk lebih sensitif terhadap apa yang anda konsumsi. Beberapa wanita kulitnya meradang karena makanan seperti; susu, coklat serta keju. Anda perlu mengurangi makanan yang mengandung iodin seperti yang terdapat pada seafood  yaitu: lobster, udang, kepiting, juga sayuran seperti bayam dan seaweed. Iodin tidak langsung memunculkan jerawat namun reaksinya membutuhkan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan sebelum akibatnya muncul penyakit jerawat di kulit Anda.

1. Tingginya tingkat stress emotional.

Pekerjaan yang menumpuk, bertengkar dengan pasangan, hal-hal yang menyebabkan stress dapat memancing timbulnya adult acne. Kenapa ? karena saat kadar stres anda melonjak, kelenjar adrenal dalam tubuh menciptakan hormon bernama kortisol yang bekerja membantu tubuh mengurangi kadar stres. Sayangnya, hormon tersebut juga memproduksi testosterone sehingga akan memancing kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak lagi minyak, yang mengakibatkan penyakit jerawat (acne) muncul.

1. Tingginya tingkat polusi disekitar anda.

Akibat polusi udara perkotaan menempel di kulit juga akan menimbulkan penyakit jerawat (acne).

1. Penumpukan produk makeup yang berlebihan.

Menumpuknya makeup dan foundataion yang dipakai tiap hari merupakan salah satu alasan mengapa begitu banyak wanita terkena adult acne. Makeup yang tidak dibersihkan dan tidak terangkat bersih lama-lama akan menumpuk dan menutup pori-pori kulit wajah. Bayangkan bila hal ini Anda biarkan bertahun-tahun.

1. Salah menggunakan skincare atau makeup atau tidak cocock.

Bagaimana Cara Membedakan Penyebab Penyakit Jerawat (acne) ?

Salah satu cara menentukan peyebab penyakit jerawat (acne)) berdasarkan lokasi timbulnya jerawat di wajah dengan memperhatikan sebagai berikut :

• Penyakit jerawat yang muncul di dagu, sekitar mulut, bawah hidung, serta dahi, maka kemungkinan besar akibat hormon. Ketidakseimbangan hormone tidak hanya akibat siklus menstruasi (menstrual cycle), namun juga perubahan hormon yang dialami oleh wanita berumur 30 tahunan atau mendekati umur 30 tahun.
  • Penyakit jerawat yang muncul di pinggiran wajah, sekitar tulang pipi, dekat telinga, dan pinggir dahi, bisa disebabkan karena faktor eksternal, seperti makeup. Jerawat kecil-kecil, tak bermata, dan menyebar, diakibatkan karena skincare (perawatan kulit) yang tak sesuai.

Bagaimana Pencegahan Yang Efektif Terhadap Timbulnya Penyakit Jerawat (Acne) ?

Pencegahan jauh lebih baik daripada pengobatan pada penyakit jerawat (acne). Beberapa tips pencegahan timbulnya penyakit jerawat (acne) antara lain :

• Merubah life style seperti apa yang dimakan dan diminum, olah raga rutin, istirahat yang cukup, tidur yang cukup,
  • Menjaga kebersihan muka dan badan seperti rajin facial wash.
  • Meminimalisasi pemakaian produk kosmetik terlebih yang bersifat iritan, menutupi pori-pori kulit.
  • Sering melakukan peeling chemical atau peeling mekanik
  • Banyak minum air putih
  • Kurangi makanan berlemak dan berkabohidrat tinggi
  • Kurangi faktor stressor psikis
  • Menghindari produk skincare yang terlalu keras atau mengandung fragrance.
  • Hati-hati terhadap produk yang memakai pewangi buatan.
  • Menghindari produk skincare yang terlalu banyak mengandung iritan seperti alkohol dikhawatirkan malah menggerus minyak alami kulit dan membuat kulit menjadi dehidrasi.

Bagaimana Penanganan Penyakit Jerawat (Acne) di Klinik Pandawa ?

Klinik pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam melakukan pengobatan penyakit jerawat (acne). Penanganan penyakit jerawat (acne) dengan efektif, tepat dan benar sangatlah penting untuk mencegah jangan sampai timbul scar pada kulit wajah yang bisa menurunkan penampilan estetika apalagi pada wanita. Tindakan pencegahan terhadap penyakit jerawat (acne) jauh lebih penting sebab tanpa pencegahan yang efektif maka penyakit jerawat akan sering muncul dan sulit diobati. Klinik Pandawa memiliki fasilitas dan alat yang sangat memadai, modern dan lengkap. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama bertahun-tahun melayani pasien dengan penyakit jerawat (acne) dan penyakit kulit dan kelamin lainnya. Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan dan pengobatan yang di lakukan oleh dokter klinik pandawa. Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah setelah pengobatan, dan hasil pengobatan jauh lebih maksimal. Jika memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik TELP / SMS / WA pada tombol. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.