balanitis

Cara Pengobatan Balanitis

Bagaimana Cara Pengobatan Balanitis ?

Balanitis ialah peradangan yang biasa disebabkan oleh infeksi atau kondisi kulit yang kronis. Kebersihan yang tidak tepat dapat menyebabkan iritasi pada kulit anda. Baik kebersihan yang tidak benar maupun pembersihan yang terlalu banyak bisa menambah masalah seperti ini. Kondisi ini sering juga disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari bakteri atau ragi. Kulup penis adalah tempat yang ideal bagi organisme ini untuk tumbuh karena bisa menjebak kelembaban di sekitar kepala penis. Luka pada ujung penis atau kulup bisa menyebabkan pembengkakan dan ketidaknyamanan.

Iritasi di daerah tersebut juga bisa menyebabkan kondisi ini. Contohnya seperti :

• Menggunakan sabun wangi untuk membersihkan penis.
  • Menggunakan lotion yang wangi atau semprotan pada penis.

Gejala

Bengkak dan kemerahan kulit dapat mengindikasikan balanitis. Gejala lainnya meliputi:

• Pengencangan kulup.
  • Alat kelamin gatal.
  • Sakit di daerah genital.
  • Kulit terasa nyeri pada penis.

Hal Yang Perlu Diingat

1. Balanitis sebagian besar terjadi pada pria yang tidak disunat.
  2. Gejala umum meliputi kulup ketat, pelepasan, dan alat kelamin gatal.
  3. Untuk menurunkan risiko terkena balanitis, hindari menggunakan sabun, losion, atau bubuk yang wangi.

Diagnosa

Kondisi ini biasanya dapat didiagnosis saat pemeriksaan fisik karena sebagian besar gejalanya terlihat. Jika Anda sudah, dokter mungkin mengambil sampel dengan kapas atau mengumpulkan sampel air kencing. Mereka akan memeriksa keberadaan sel bakteri atau jamur. Ini membantu menentukan penyebab dari balanitis. Bila penyebab balanitis adalah kondisi kulit yang kronis, dokter Anda mungkin melakukan biopsi . Untuk biopsi, dokter Anda menghilangkan sebagian kecil jaringan dari penis untuk memeriksanya.

Pencegahan

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B  jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.

One comment