Penis Bengkak Dan Kemerahan, Waspada Penyakit Balanitis

Penyakit balanitis merupakan salah satu penyakit kelamin yang sering terjadi pada pria baik yang disunat maupun yang tidak disunat. Penyakit balanitis ini sering juga terjadi pada balita dan pria dewasa bisa juga dikarnakan bergonta ganti pasangan seksual tanpa pengaman. Apa itu penyakit balanitis ? Apa Penyebab Penyakit Balanitis ?, Apa Saja Gejala Penyakit Balanitis?, Apa Bahaya Dan Komplikasi Penyakit Balanitis Jika Tidak Diobati?, Apakah Pengobatan Atau Prosedur Yang Dilakukan Terhadap Penyakit Balanitis?, Bagaimana Pengobatan Penyakit Balanitis Di Klinik Pandawa?

Apa Itu Penyakit Balanitis?

Balanitis adalah peradangan pada kelenjar, atau kepala, penis, karena infeksi atau penyebab lain yang bisa membuat ketidak nyamanan. Balanitis adalah suatu kondisi yang sangat mempengaruhi penis. Ini menyebabkan radang kulup dan kelenjar. Kulup, juga dikenal sebagai lipatan kulit bergerak yang menutupi kelenjar penis. Kelenjar, atau kepala, adalah ujung bulat penis. Balanitis bisa muncul di usia berapa pun. Ini memiliki banyak penyebab, tetapi kebersihan yang buruk dan kulup yang ketat dapat mempermudah untuk mendapatkan balanoposthitis. Balanitis akan menyebabkan pembengkakan pada kulit khatan, atau kepala penis. Peradangan pada balanitis yang disebabkan oleh infeksi atau kondisi kulit yang kronis biasanya menyerang sekitar 1 dari 20 laki-laki. Sebagian besar terjadi pada pria yang tidak disunat. Dan dapat menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan pada penis.

Apa Penyebab Penyakit Balanitis ?

Penyabab balanitis yang sering terjadi  disebabkan oleh kebersihan yang buruk pada pria yang tidak disunat. yaitu:

• Bakteri atau infeksi jamur
  • Infeksi saluran kemih
  • Alergi
  • Kebersihan yang buruk
  • Cedera atau trauma
  • Penyakit menular seksual
  • Hubungan seksual;
  • Kulit penis yang ketat sehingga menjebak urine, bakteri, dan mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan balanitis.

Apa Saja Gejala Penyakit Balanitis?

Tanda-tanda balanitis muncul di dekat kepala penis dan kulup dan dapat berkisar dari ringan hingga berat. ini dapat membuat kencing atau melakukan hubungan seksual tidak nyaman. Beberapa tanda dan gejala balanitis yang biasanya terjadi yaitu :

• Penis kemerahan dan bengkak
  • Nyeri dan kesulitan saat buang air kecil
  • Keluarnya kotoran yang berbau busuk
  • Dan terdapat bintil merah pada kulit kepala penis

Apa Bahaya Dan Komplikasi Penyakit Balanitis Jika Tidak Tidak Diobati?

Penyakit Balanitis yang tidak diobati dapat menimbulkan masalah-masalah kesehatan lain.  Masalah-masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan, seperti :

• jaringan parut pada pembukaan penis yang menyebabkan sulit untuk buang air kecil
  • retraksi kulup yang menyakitkan
  • Demam dan mual yang diakibatkan dari rasa sakit yang tidak kunjung usai.
  • Mudah Lelah dikarenakan kerja darah yang ekstra keras.
  • Mulut kering yang biasa terjadi pada penderita infeksi dan peradangan.
  • Pembengkakan pada kelenjar penis karena memproduksi sel darah putih secara terus menerus dan berlebihan, dalam jangka waktu lama.
  • suplai darah yang tidak memadai ke penis
  • Nyeri sendi. Erat kaitannya dengan penderita yang sekaligus pasien arthritis.
  • Ruam pada bagian kulit lain seperti tangan yang baru saja memegang kepala penis yang mengalami peradangan dapat memindahkan bakteri dan jamur ke bagian tubuh lain.