penyakit asam urat

Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat Sangat Menyakitkan

Penyakit asam urat disebabkan oleh terlalu banyak asam urat dalam darah. Kelebihan asam urat dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar persendian, yang bisa mengakibatkan kristal asam urat. Pembentukan kristal ini menyebabkan persendian membengkak, menjadi meradang, dan menyebabkan rasa sakit yang hebat.

Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat berkembang bila ada terlalu banyak asam urat dalam darah. Kelebihan asam urat berlebih ini bisa jadi hasil diet tinggi purin (senyawa kimia yang, ketika dimetabolisme, dipecah menjadi asam urat). Purin baik dibuat oleh tubuh Anda, atau dibawa ke tubuh Anda melalui makanan yang Anda makan.. Atau, tubuh Anda bisa menghasilkan terlalu banyak asam urat. Dalam beberapa kasus, kadar asam urat darah mungkin tetap normal, namun asam urat masih merupakan diagnosis yang benar. Hal ini disebabkan tubuh mengekskresikan kelebihan asam urat dalam urin dan faktor peradangan.

Makanan Penyebab Asam Urat

Diet akan membantu mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh sambil meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Makananan yang memiliki jumlah berlebihan dari makanan berikut dapat menyebabkan asam urat, seperti :

• Makanan laut
  • Daging merah
  • Jeroan
  • Sayur bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, atau jamur
  • Minumam alkohol / Bir
  • Minuman manis

Pentingnya Merubah Gaya Hidup

Harus untuk dipahami bahwa diet asam urat bukanlah pengobatan. Sebaliknya, ini adalah perubahan gaya hidup yang bisa membantu mengurangi atau menghilangkan gejala asam urat. Selain mengikuti diet asam urat, dokter kemungkinan akan merekomendasikan olahraga teratur dan penurunan berat badan, membantu mengendalikan asam urat lebih dari sekedar diet rendah purin. Sebagian besar kesuksesan Anda bergantung pada pola makan dan gaya hidup Anda. Pastikan untuk mendiskusikan semua masalah gizi dengan dokter sebelum memulainya.

Komplikasi Penyakit Asam Urat Kronis

Penyakit asam urat kronis dapat terjadi bila Anda memiliki kadar asam urat dalam darah selama bertahun-tahun. Seiring waktu, penumpukan asam urat yang konstan bisa hilang di sendi Anda. Kerusakan ini terjadi sangat lambat. Mungkin butuh waktu hingga 10 tahun agar persendian Anda menjadi sangat terpengaruh. Karena ginjal Anda mengeluarkan asam urat dari tubuh Anda, mereka juga bisa menjadi rusak. Anda bisa mengambil langkah untuk menghentikan asam urat Anda agar tidak menjadi kronis. Mulailah dengan membuat janji dengan dokter. Seorang dokter dapat mengobati asam urat Anda untuk mencegahnya memburuk dan rusak sendi secara permanen.