PENYAKIT EKSIM KULIT (DERMATITIS) BISA DISEMBUHKAN ?

Kulit merupakan salah satu organ paling luar dari tubuh kita. Secara anatomi dan fisiologis kulit memiliki peran yang tidak kalah pentingnya terhadap kesehatan kita secara menyeluruh. Apapun yang terjadi dalam tubuh kita akan mempengaruhi kesehatan kulit seseorang. Kulit merupakan organ yang sangat sensitif. Setiap orang mengingini kulit yang sehat, lembut dan bagus. Apalagi anda seorang wanita terkadang kesehatan kulit menjadi nomor satu dibanding yang lain. Idaman setiap wanita dan pria memiliki kulit yang sehat dan bagus. Apakah anda tahu bahwa gangguan kesehatan atau penyakit kulit adalah gangguan kesehatan yang paling banyak. Salah satunya adalah penyakit eksim kulit atau dermatitis. Apa itu penyakit eksim kulit (dermatitis) ?, mengapa orang bisa terkena penyakit eksim kulit (dermatitis) ?, apa penyebabnya ?, bagaimana mencegah dan mengobatinya ?

Apa Itu Penyakit Eksim Kulit (Dermatitis) ?

Penyakit eksim kulit (dermatitis) adalah suatu kondisi gangguan kesehatan kulit dimana kulit mengalami reaksi peradangan yang bisa hilang timbul atau terus menerus dan terkadang menetap. Penyakit eksim kulit (dermatitis) ini bisa menimbulkan beberapa keluhan antara lain panas, gatal dan tidak sedap dipandang. Gangguan penyakit eksim kulit (dermatitis) ini juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari apakah saat kerja, saat tidur atau ketemu orang dimana akan timbul ruam, gatal, terkadang nyeri sehingga gerakan menggaruk atau menggosok menjadi pemandangan yang tidak sedap. Penyakit eksim kulit (dermatitis) sering muncul dibagian kulit  tangan, wajah, kepala, selangkangan dan kaki. Ada beberapa istilah penyakit eksim kulit (dermatitis) yakni penyakit eksim kering dan penyakit eksim basah. Istilah penyakit eksim kering sendiri mengacu pada penyakit eksim atopik atau penyakit dermatitis atopik. Selain penyakit eksim kering atau penyakit dermatitis atopik, ada juga jenis penyakit dermatitis lainnya adalah penyakit dermatitis kontak, penyakit dermatitis dishidrosis (pompholyx), penyakit dermatitis numulari, penyakit dermatitis seboroik dan penyakit dermatitis stasis. Pada umumnya penyakit eksim tidak menular.

Apa Saja Faktor penyebab dan Faktor Pencetus Penyakit Eksim Kulit ?

Sebagian orang mengetahui dan menyadari bahwa timbulnya penyakit eksim kulit (dermatitis) dikarenakan mereka menggunakan berbagai produk chemical atau terkontaminasi oleh lingkungan (polusi). Namun ada banyak penyebab dan faktor pencetus timbulnya penyakit eksim kulit (dermatitis) yang tidak diketahui oleh orang. Demikian juga bagaimana cara mencegah dan mengobati penyakit eksim kulit (dermatitis) dengan benar dan tepat. Berikut beberapa faktor penyebab dan faktor pencetus timbulnya penyakit eksim kulit (dermatitis) antara lain :

• Sabun, shampo, deterjen
  • Infeksi bakteri, virus
  • Faktor cuaca seperti ; cuaca panas, dingin dan perubahan tingkat kelembapan
  • Faktor allergen seperti ; kutu, debu, bulu binatang dan serbuk sari
  • Bahan-bahan yang menyentuh kulit seperti; wool dan bahan sintetik
  • Makanan seperti ; telur, kacang, susu dan ikan
  • Faktor sistem metabolisme tubuh yang terganggu
  • Faktor sistem hormon yang terganggu
  • Faktor penyakit kronis yang diderita
  • Faktor gangguan fungsi organ hati dan ginjal kronis
  • Faktor sistem imun (penyakit autoimun)

Penyebab penyakit eksim hingga kini masih belum diketahui secara pasti, namun kemungkinan bisa disebabkan faktor genetik dan lingkungan. Penyebab penyakit eksim kulit (dermatitis) ini sifatnya multifaktor termasuk gangguan stres psikosial bisa menjadi faktor peneyebabnya. Penyebab penyakit eksim kulit (dermatitis) memiliki kaitan erat dengan respons sistem kekebalan tubuh (autoimun) yang terlalu aktif terhadap iritan atau alergen. Respons inilah yang menyebabkan munculnya gejala penyakit eksim kulit (dermatitis). Selain itu, penyakit eksim kering umumnya ditemukan pada keluarga dengan riwayat asma dan alergi. Untuk beberapa kasus, penyakit eksim dapat muncul berulang-ulang atau berlangsung secara kronik (dalam jangka waktu lama). Kebiasaan menggaruk kulit yang gatal justru akan memperparah kondisi kulit dan memperlama proses penyembuhan.

Penyakit eksim memang sulit disembuhkan namun bukan berarti tidak bisa disembuhkan. Semakin kita memaksimalkan pengobatan dan pencegahan maka keberhasilan juga semakin tinggi. Terkadang penyembuhan penyakit eksim kulit (dermatitis) membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Cara terbaik untuk terhindar dari penyakit eksim agar tidak kambuh adalah mengenali terlebih dahulu apa faktor pencetus yang membuat penyakit eksim kulit (dermatitis) kambuh? apakah bahan yang sering disentuh seperti detergen, sabun, pelembab ? sebisa mungkin hindari faktor penyebab kambuhnya penyakit eksim. Langkah selanjutnya adalah anda dapat mencegah kulit kering dengan menggunakan sabun bayi dan mengoleskan pelembab pada kulit setiap hari, hindari sepatu atau kaus kaki yang meningkatkan kelembaban kulit (bagaimana agar pada kaki tidak banyak keringat), cuci tangan, dan hindari menggaruk kulit bila merasakan gatal.

Gaya hidup berperan penting untuk terhindar dari penyakit eksim kulit (dermatitis). Gaya hidup yang tidak baik dapat menyuburkan kuman jamur pada penyakit eksim kulit (dermatitis). Faktor pemicu utama terjangkitnya penyakit eksim kulit (dermatitis) adalah akibat iklim alam tropis indonesia yang sangat panas dan lembab. Akibat iklim tropis ini menyuburkan semua penyakit kulit, karena badan kita lebih sering mengeluarkan keringat. Kegemukan, stres, penyakit menahun seperti TBC atau Diabetes Mellitus, dan status sosial ekonomi yang rendah juga dapat menjadi pemicu datangnya penyakit eksim kulit (dermatitis).

Apa Saja Gejala Penyakit Eksim Kulit (Dermatitis) ?

Seringkali gejala yang timbul dari penyakit eksim kulit (dermatitis) pada setiap orang berbeda-beda baik ukuran, luas, dan tipe ruamnya. Hal ini seringkali di pengaruhi oleh adanya garukan atau infeksi sekunder atau pemakaian obat yang tidak benar sehingga timbul intoksikasi kulit. Adapun beberpa gejala yang timbul dari penyakit eksim kulit (dermatitis) antara lain :

1. Terasa panas dan nyeri yang berlebihan pada bagian kulit yang terkena eksim
  2. Lebih sering gatal di malam hari
  3. Lepuhan-lepuhan kecil di kulit dan bersisik keras pada permukaan kulit disertai adanya pembengkakan.
  4. Penyakit eksim kulit akan menyebar pada bagian kulit tubuh lainnya akibat garukan
  5. Penyakit eksim kulit kering tampak pada kulitnya kering, bersisik, kemerah-merahan, kadang-kadang bengkak, dan terasa gatal.
  6. Penyakit eksim kulit basah tampak kulit akan tarlihat kemerahan, bengkak, lepuhan, dan basah, muncul bintil-bintil yang  berisi air atau nanah yang dapat menimbulkan rasa gatal.
  7. Daerah-daerah yang sering terkena penyakit eksim kulit yaitu: sela-sela jari tangan atau kaki, dan lipatan tubuh (sela paha, belakang lutut, pergelangan tangan, dan daerah sekitar leher). Penyakit eksim kulit (dermatitis) sering muncul berulang-berulang atau kambuh kembali, untuk itu harus diperhatikan bagaimana menghindari faktor penyebab dan faktor pencetusnya atau bahan-bahan yang dapat menimbulkan reaksi alergi.

Apa Saja Bahaya Penyakit Eksim Kulit (dermatitis) ?

Berbahaya bila penyakit eksim kulit (dermatitis) semakin menyebar ke bagian tubuh dan mengenai mata. Selain itu akibat kerusakan pelindung kulit menyebabkan cairan keluar sehingga bakteri masuk kedalam kulit  dan dapat menimbulkan infeksi yang menyebabkan penderita merasa gatal dan nyeri. Untuk kondisi-kondisi seperti ini perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter yakni :

• Kulit terasa sangat sakit, bila pada anak sebaiknya keluhan penyakit eksim kulit segera ke dokter dan tidak menangani sendiri.
  • Mengganggu tidur dan aktivitas
  • Kulit mulai terinfeksi bakteri, muncul nanah, memar kemerahan pada kulit
  • Anda merasa mempengaruhi penglihatan
  • Penyakit eksim semakin banyak dan menyebar di kulit

Bagaimana Penanganan Penyakit Eksim Kulit (Dermatitis) di Klinik Pandawa Jakarta
Penyakit eksim kulit (dermatitis) masih bisa disembuhkan walapun agak sulit dan membutuhkan waktu lebih lama. Edukasi dan motivasi ke pasien sangatlah penting supaya pasien turut serta berperan dalam mengobati penyakit eksim kulit (dermatitis). Klinik pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam melakukan pengobatan penyakit eksim kulit (dermatitis). Klinik Pandawa memiliki fasilitas dan alat yang sangat memadai, modern dan lengkap. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama bertahun-tahun melayani pasien dengan penyakit kulit dan kelamin khususnya penyakit eksim kulit (dermatitis). Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan dan pengobatan yang di lakukan oleh dokter klinik pandawa. Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah setelah pengobatan, dan hasil pengobatan sangat maksimal. Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.