PENYAKIT HERPES ZOOSTER DAN BAHAYANYA

Salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus adalah penyakit herpes zooster. Seringkali penyakit herpes zooster ini merebak di suatu daerah atau kawasan. Hal ini disebabkan oleh adanya daya tular virus melalui kontak langsung dan melalui udara. Orang yang terkena penyakit herpes zooster ini biasanya adalah orang dengan kondisi tubuh yang lemah (daya tahan tubuh lemah). Sebenarnya apa itu penyakit herpes zooster ? Apa penyebabya ? Bagaimana penularannya ? Apa bahaya dan komplikasinya ? Mari simak dan baca selanjutnya.

Apa Itu Penyakit Herpes Zooster ?

Penyakit herpes zooster adalah salah satu jenis penyakit kulit dimana munculnya gelembung-gelembung air disertai nyeri pada bagian kulit yang disebabkan karena adanya virus herpes  zooster yang sudah menginfeksi tubuh. Ada beberapa jenis herpes yang perlu diketahui karena terkadang akibat salah informasi membuat infeksi virus ini semakin bertambah parah. Virus penyebab terkena penyakit herpes adalah Human Herpes Virus, disingkat HHV. Cacar atau herpes ini ada 2 macam golongan yakni Herpes Genital dan Herpes Zooster. Penyakit Herpes Zooster atau dengan nama lain penyakit shingles (cacar ular) adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus varicella-zooster yang menimbulkan gelembung cairan pada bagian tubuh tertentu sesuai dengan area dermatom kulit. Sedangkan herpes genital (herpes simpleks) ditularkan melalui hubungan seks dan mengenai alat kelamin dan bibir.

Apa Saja Ciri-Ciri Penyakit Herpes Zooster ?

Pada umumnya untuk mengenal ciri-ciri atau gejala penyakit herpes zooster tidaklah sulit karena penyakit ini cukup khas. Namun untuk sebagian orang tidaklah mudah mengenalnya karena tidak semua orang akan terkena penyakit herpes zooter. Adapun beberapa ciri yang sering ditemukan pada peyakit herpes zooster antara lain :

• Timbul bintil bintil seperti cacar air
  • Ada ruam yang muncul menjadi lepuhan luka berisi air
  • Sensasi seperti tertusuk benda tajam dan ada rasa panas
  • Terkadang terasa gatal
  • Muncul berkelompok pada bagian tertentu di badan / area dermatom tubuh
  • Bisa muncul dan tumbuh di bagian punggung, perut dahi atau dada

Macam-Macam Virus Herpes

Paling tidak saat ini yang ditemukan para ahli medis adalah ada 2 jenis penyakit herpes yakni :

1. Penyakit Herpes Genital

Penyakit herpes genital (herpes simpleks) adalah infeksi atau peradangan (gelembung lecet) pada kulit terutama dibagian kelamin (vagina, penis, termasuk dipintu dubur/anus serta pantat dan pangkal paha/selangkangan) yang disebabkan virus herpes simplex (VHS) tipe 1 dan tipe 2. Munculnya penyakit herpes genital akibat ditularkan dari hubungan seks yang berbeda pasangan atau seks dengan pasangan yang telah postif terinfeksi virus herpes genital (herpes kelamin). Klik Link Herpes Genital >>>>>

1. Penyakit Herpes Zoster

Penyakit herpes zooster adalah penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh virus herpes zooster dengan gejala timbul ruam melepuh berair di salah satu area dermatom tubuh (tangan, kaki, perut, dada, pundak, dll). Virus herpes zooster ini sangat menular dan orang dengan usia diatas 50 tahun sangat rentan terinfeksi penyakit herpes zooster ini. Gejala utama penyakit herpes zoster adalah muncul bintil kecil bergelembung air yang dapat menjadi luka, bergerombol. Masa inkubasi dari penyakit ini adalah 7 sampai 12 hari.

Apa Saja Gejala Penyakit Herpes Zooster Yang Berat ?

Pada penderita dengan herpes zooster yang berat akan memberikan gejala-gejala antara lain :

• Bisa timbul bernanah pada area kulit yang terinfeksi
  • Penderita bisa meriang sampai menggigil
  • Sering pusing
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Rasa Lelah
  • Tidak Selera Makan
  • Nyeri dan Perih

Bila sudah muncul gejala tersebut diatas maka infeksi virus herpes zoster sudah semakin parah dan jenis ini biasanya kelanjutan dari virus cacar air. Melemahnya daya tahan tubuh, tidak menutup kemungkinan herpes zooster ini juga akan menyerang seluruh bagian kulit tubuh lainnya. Umumnya, seluruh jenis dari virus herpes dapat menular melalui kontak langsung. Pada penyakit cacar, proses penularan bisa melalui bersin, batuk, pakaian yang terkontaminasi dan sentuhan dari atas gelembung/lepuh yang pecah.

Seseorang yang pernah mengalami cacar air dan kemudian sembuh, sebenarnya virus ini tidak 100% hilang dari dalam tubuhnya, melainkan bersembunyi di dalam sel ganglion dorsalis sistem saraf sensoris penderita. Ketika daya tahan tubuh (Immun) menurun, virus akan aktif kembali menyerang dalam bentuk herpes zoster, dimana gejala yang ditimbulkan sama dengan penyakit cacar air (chickenpox). Bagi seseorang yang belum pernah mengalami cacar air, apabila terserang virus varicella-zoster maka tidak langsung mengalami penyakit herpes zoster akan tetapi mengalami cacar air terlebih dahulu.

Bahaya dan Komplikasi Yang Di timbulkan Penyakit Herpes Zooster

Pada penderita dengan herpes zooster yang berat akan memberikan dampak bahaya dan komplikasi antara lain :

1. Neuralgia pasca herpes

Nyeri saraf (neuralgia) akibat infeksi virus herpes zoster ini tetap bertahan setelah lepuhan kulit menghilang. Masalah ini jarang terjadi pada usia di bawah 50 tahun, rasa nyeri biasanya secara bertahap menghilang dalam satu bulan tetapi pada beberapa orang dapat berlangsung berbulan-bulan bila tanpa pengobatan.

1. Infeksi kulit / Abses

Lepuhan kulit yang  terinfeksi oleh bakteri dapat mengakibatkan lepuhan menjadi merah dan meradang.

1. Komplikasi ke mata

Herpes zoster yang mengenai  mata dapat menyebabkan peradangan sebagian atau seluruh mata akibatnya dapat mengancam penglihatan, kelopak mata jatuh (eye drop)

1. Kelemahan atau layuh otot

Kemungkinan dapat menyebabkan saraf yang terkena dampak adalah saraf motorik dan saraf sensorik. Akibatnya dapat menimbulkan kelemahan (palsy) pada otot-otot yang dikontrol oleh saraf.

1. Untuk area wajah bisa menimbulkan bells palsy atau migrain
  2. Untuk area kelamin bisa menimbulkan gangguan ereksi dan ejakulasi
  3. Untuk wanita hamil beresiko keguguran dan kelahiran cacat janin.

Bagaimana Penanganan Penyakit Herpes Zooster Di Klinik Pandawa ?

Klinik pandawa memiliki dokter ahli yang berpengalaman dalam melakukan pengobatan penyakit herpes zooster. Klinik Pandawa memiliki fasilitas dan alat yang memadai, modern dan lengkap. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama bertahun-tahun melayani pasien penyakit kulit dan kelamin khususnya penyakit herpes zooster. Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan dan pengobatan yang di lakukan oleh dokter klinik pandawa. Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah setelah pengobatan, dan hasil pengobatan lebih maksimal. Jika memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol Telp / SMS / WA. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.