Penyuluhan Penyakit Menular Seksual Pada Remaja

Penyuluhan Penyakit Menular Seksual Pada Remaja – Menurut perkiraan sekitar 20 juta infeksi menular seksual baru terjadi setiap tahun. Infeksi ini sering disebut penyakit menular seksual (PMS). Jika tidak diobati, mereka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah, termasuk :

• Ketidaksuburan
  • Kanker
  • Kebutaan
  • Kerusakan organ

Sayangnya, banyak orang tidak mendapat perawatan sesegera mungkin untuk hal ini. Banyak infeksi menular seksual tidak memiliki gejala yang sangat spesifik atau gejala yang menonjol, yang dapat membuat mereka sulit dikenali. Stigma seputar IMS juga membuat beberapa orang tidak diuji. Tapi pengujian adalah satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda memiliki infeksi menular seksual. Kunjungi kami klinik pengobatan yang menguji khusus penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri dan lakukan konsultasi dan pengobatan segera dan jangan menunda atau mengabaikan penyakit seputar menular seksual.

Penyuluhan Penyakit Menular Seksual Pada Remaja, Haruskan Semestinya Diuji ???

Jika Anda sudah aktif secara seksual, itu adalah ide bagus untuk diuji IMS. Ini sangat penting untuk diuji, jika :

• Anda akan memulai sebuah hubungan baru
  • Anda dan pasangan Anda berpikir untuk tidak menggunakan kondom
  • Pasangan Anda telah menipu Anda atau memiliki banyak pasangan
  • Anda memiliki banyak mitra
  • Anda memiliki gejala yang menunjukkan bahwa Anda mungkin memiliki IMS

Jika Anda dalam hubungan jangka panjang dan monogami (menikah dengan satu orang), dan Anda dan pasangan Anda diuji sebelum memasuki hubungan, Anda mungkin tidak memerlukan tes IMS reguler. Tapi banyak orang dalam hubungan jangka panjang tidak diuji sebelum mereka berkumpul. Jika itu yang terjadi untuk Anda dan pasangan Anda, mungkin saja Anda atau satu dari Anda pernah mengalami IMS yang tidak terdiagnosis selama bertahun-tahun. Pilihan paling aman adalah untuk diuji sesegera mungkin dan janganlah untuk menunda.

Tanyakan Pada Dokter Mengenai Penyuluhan Penyakit Menular Seksual Pada Remaja

Jangan berasumsikan bahwa dokter akan secara otomatis menguji Anda untuk semua infeksi menular seksual pada pemeriksaan kesehatan fisik atau seksual tahunan Anda. Banyak dokter tidak secara teratur menguji pasien IMS. Penting untuk bertanya kepada dokter tentang pengujian IMS. Tanyakan tes mana yang akan mereka lakukan dan mengapa. Ini penting untuk diuji jika, Anda telah dipaksa untuk melakukan hubungan intim. Anda juga harus diskrining jika Anda hamil, karena IMS dapat mempengaruhi janin. Merawat kesehatan seksual Anda tidak perlu malu. Jika Anda khawatir dengan infeksi atau gejala tertentu, bicarakan dengan dokter Anda tentang hal itu. Semakin jujur ​​Anda, semakin baik perawatan yang bisa Anda terima.

Diskusikan faktor risiko Anda :

Penting juga untuk berbagi faktor risiko seksual Anda dengan dokter. Secara khusus, Anda harus selalu memberi tahu mereka apakah Anda melakukan hubungan seks anal. Beberapa IMS anal tidak dapat dideteksi dengan menggunakan tes IMS standar. Dokter Anda mungkin merekomendasikan Pap smear (untuk menentukan kesehatan leher rahim (serviks) atau menemukan adanya perubahan abnormal pada sel-sel) dubur untuk menyaring sel prakanker atau kanker, yang terkait dengan human papilloma virus (HPV).

Anda juga harus memberi tahu dokter tentang:

• Jenis perlindungan yang Anda gunakan selama seks oral, vagina, dan anal
  • Obat apa pun yang Anda pakai
  • Ada eksposur yang diketahui atau dicurigai yang pernah Anda miliki terhadap IMS
  • Apakah Anda atau pasangan Anda memiliki pasangan seksual lainnya?

Bagaimana tes infeksi menular seksual dilakukan ?

Bergantung pada riwayat seksual Anda, dokter mungkin memesan berbagai tes untuk memeriksa IMS Anda, termasuk tes darah, tes urine, penyeka, atau pemeriksaan fisik.

Tes darah dan urine

Sebagian besar penyakit menular seksual dapat diuji untuk penggunaan sampel urin atau darah. Dokter dapat memesan tes urine atau darah untuk diperiksa :

• Klamidia
  • Gonorea
  • Hepatitis
  • Herpes
  • HIV
  • Sipilis

Dalam beberapa kasus, tes urine dan darah tidak seakurat bentuk pengujian lainnya. Mungkin juga memerlukan waktu satu bulan atau lebih lama setelah Anda terkena IMS tertentu agar tes darah dapat diandalkan. Jika Anda tertular HIV misalnya, diperlukan waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan untuk tes untuk mendeteksi infeksi tersebut.

Penyeka

Banyak dokter juga menggunakan peranti vagina, leher rahim, atau uretra untuk memeriksa IMS. Jika Anda perempuan, mereka bisa menggunakan aplikator kapas untuk mengambil swab vagina dan serviks selama pemeriksaan panggul. Jika Anda laki-laki atau perempuan, mereka dapat menggunakan mengambil penyeka uretra dengan memasukkan aplikator kapas ke dalam uretra Anda. Jika Anda melakukan hubungan seks anal, mungkin juga memakai ceret dubur untuk memeriksa organisme menular di rektum Anda.

Pap smear dan tes HPV

Pap smear adalah tes yang mencari tanda awal kanker serviks atau dubur. Wanita dengan infeksi HPV yang persisten, terutama infeksi HPV-16 dan HPV-18, berisiko meningkat terkena kanker serviks. Penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri pada wanita dan pria yang melakukan hubungan seks anal juga dapat mengembangkan kanker dubur akibat infeksi HPV. Hasil Pap smear yang normal tidak mengatakan apa-apa tentang apakah Anda memiliki IMS atau tidak. Untuk memeriksa HPV, dokter Anda akan memesan tes HPV terpisah.

Hasil Pap smear yang abnormal tidak berarti Anda menderita kanker serviks atau dubur. Banyak pap smear yang abnormal sembuh tanpa pengobatan. Jika Anda memiliki hasil Pap smear yang tidak normal, dokter mungkin merekomendasikan pengujian HPV. Jika tes HPV negatif, tidak mungkin Anda akan terkena kanker serviks atau dubur dalam waktu dekat.

Pemeriksaan fisik

Beberapa infeksi menular seksual, seperti herpes genital, kutil kelamin, sipilis, gonore, dapat didiagnosis melalui kombinasi pemeriksaan fisik dan tes lainnya. Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari luka, benjolan, dan tanda-tanda IMS lainnya. Mereka juga dapat mengambil contoh dari daerah yang periksa untuk dikirim ke laboratorium untuk pengujian.

Penting untuk memberi tahu dokter Anda jika Anda memperhatikan adanya perubahan pada atau di sekitar alat kelamin Anda. Jika Anda melakukan hubungan seks anal, Anda juga harus memberi tahu mereka tentang adanya perubahan pada atau sekitar anus dan rektum Anda.

Teruji

IMS sering terjadi, dan pengujian tersedia secara luas. Tes dapat bervariasi, tergantung pada IMS yang diperiksa dokter. Bicaralah dengan dokter tentang riwayat seksual Anda dan tanyakan tes mana yang harus Anda dapatkan. Mereka dapat membantu Anda memahami potensi manfaat dan risiko tes IMS yang berbeda. Mereka juga dapat merekomendasikan pilihan pengobatan yang tepat jika Anda memberi tes positif terhadap IMS.

Penyuluhan Penyakit Menular Seksual Pada Remaja

Klinik pengobatan penyakit menular seksual hanya pada kami yang menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani Penyuluhan Penyakit Menular Seksual Pada Remaja / penyakit kelamin. Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan infeksi menular seksual atau mempunyai pertanyaan / keluhan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 081386357762, untuk melakukan konsultasi, pengobatan, atau pelayanan medis HomeCare. Kunjungi : Gd Baja lt GF2 Tower B Jl.Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat.