PENYAKIT VAGINITIS,PENYEBAB MUNCULNYA PENYAKIT RADANG VAGINA (VAGINITIS)

Setiap perempuan beresiko mengalami peradangan pada vagina (vaginitis). Hal ini dikarenakan vagina adalah organ terluar tubuh dan merupakan area atau habitat untuk flora normal atau bakteri hidup. Pada kondisi tertentu vagina bisa mengalami peradangan yang disebabkan oleh berbagai macam faktor penyebab. Perempuan yang mengalami peradangan vagina (vaginitis) cukup tersiksa dikarenakan sangat nyeri saat buang air kecil atau terkena air atau gesekan saat berjalan. Penyakit Vaginitis ini bisa sampai menimbulkan luka lecet sampai luka ulkus. Penyakit vaginitis bisa diderita oleh setiap wanita mulai dari bayi sampai dewasa tua. Jangan anggap ringan dengan penyakit vaginitis ? Sebenarnya apa saja penyebab penyakit vaginitis ? Mengapa banyak wanita bisa terkena penyakit vaginitis ? Apa saja bahaya dan komplikasi penyakit vaginitis ? Apakah bisa disembuhkan penyakit vaginitis ? Bagaimana pengobatan penyakit vaginitis yang efektif ?

Definisi Penyakit Vaginitis

Penyakit Vaginitis adalah peradangan terhadap Vagina. Hal ini dapat mengakibatkan pelepasan, gatal dan nyeri, dan sering dikaitkan dengan iritasi atau infeksi vulva. Penyakit vaginitis biasanya biasanya disebabkan oleh infeksi. Banyak wanita yang mengalami penyakit vaginitis tidak menyadarinya dan membiarkan penyakit ini hingga menimbulkan banyak keluhan. Vaginitis merupakan peradangan yang terjadi di vagina yang disebabkan  karena adanya infeksi bakteri, virus, jamur, ataupun mikroba. Gejala dan prognosis penyakit vaginitis ini berbeda-beda bergantung pada apa penyebab infeksinya.  Vaginitis (radang vagina) memang tidak banyak yang mengetahui, kebanyakan hanya mengetahui apa itu penyakit kanker serviks, kanker payudara, endometriosis, atau mioma. Perlu diketahui penyakit vaginitis tidak dapat disepelekan, karena bisa  menjadi pengantar dari penyakit-penyakit yang lebih serius. Vaginitis dapat disertai dengan gejala tetapi ada juga asimtomatik (tanpa gejala).

Apa Saja Gejala Penyakit Vaginitis ?

Ada beberapa gejala yang sering timbul pada pasien dengan penyakit vaginitis antara lain :

• Gatal-gatal, iritasi dan nyeri vagina
  • Peradangan (kemerahan, dan pembengkakan) pada labia majora, labia minora, atau daerah perineum
  • Keputihan kuning, kehijauan, seperti ampas tahu
  • Cairan vagina yang berlebih
  • Vagina berbau tidak sedap (busuk)
  • Nyeri/iritasi saat berhubungan seksual

Apa Saja Penyebab Penyakit Vaginitis Yang Perlu Anda Ketahui ?

Penyakit vaginitis bisa disebabkan oleh adanya iritasi chemical, trauma saat berhubungan seksual atau adanya berbagai macam kuman yang ditularkan. Penyakit vaginitis ini bisa disebabkan oleh berbagai macam kuman antara lain :

• Bakteri vaginosis, terjadi karenya adanya pertumbuhan berlebihan salah satu dari beberapa organisme yang ada dalam vagina (umumnya karena bakteri Gardnerella vaginalis). Akibat berganti-ganti pasangan, serta wanita akseptor kontrasepsi IUD lebih beresiko terkena vaginosis bakteri.
  • Infeksi jamur, terjadi ketika lingkungan yang normal dalam vagina mengalami beberapa perubahan yang memicu pertumbuhan berlebihan dari jenis jamur candida albicans, Candida tropicalis, dan Candida glabrata.
  • Trikomoniasis adalah infeksi penyakit menular seksual disebabkan oleh parasit, dan biasa disebut Trichomonas vaginalis. Organisme ini menular selama hubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi. Trikomoniasis biasanya menginfeksi vagina wanita dan tidak merasakan gejala.
  • Infeksi organisme yang disebabkan oleh: chlamydia, mycoplasma hominis, herpes simpleks, campylobacter.
  • Penggunaan yang tidak higienis seperti penggunaa tampon (pembalut), kondom, sisa tissue .
  • Douche, sabun wangi, dan pencuci vagina dapat menyebabkan reaksi alergi atau mengiritasi jaringan vulva dan vagina.
  • Kasus vaginitis disebabkan oleh bakteri vaginosis 40-50%, kandidiasis vagina  20-25%, dan trikomoniasis, 15-20%. Seorang wanita mungkin memiliki kombinasi dari infeksi tersebut di vagina.

Apa Saja Faktor Risiko Wanita Bisa Terkena Penyakit Vaginitis ?

Ada banyak faktor resiko wanita terkena penyakit vaginitis, selain penyebab, resiko terdapat juga faktor lain yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit vaginitis ini. Faktor-faktor risiko tersebut antara lain :

• Penyakit diabetes
  • Aktif berhubungan seks, terutama jika memiliki lebih dari satu pasangan
  • Terinfeksi penyakit menular seksual
  • Efek samping obat-obatan, seperti antibiotik dan steroid
  • Menggunakan pencuci vagina, seperti; sabun sirih
  • Menggunakan pakaian lembap atau ketat

Apa Saja Komplikasi dan Bahaya Penyakit Vaginitis ?

Ada banyak wanita yang tidak memahami bahaya dan komplikasi penyakit vaginitis sehingga seringkali tidak begitu dihiraukan atau diobati sekedarnya saja. Beberapa komplikasi dan bahaya penyakit vaginitis antara lain :

• Iritasi vagina sampai timbul ulkus (canchroid)
  • Kelahiran premature
  • Infeksi post partum (pasca melahirkan)
  • Penyakit radang panggul
  • Infertilitas (gangguan kesuburan)
  • Resiko terinfeksi penyakit menular seksual seperti; gonore, herpes, kutil  kelamin
  • Infeksi saluran kemih sampai ke ginjal
  • Erosi serviks sampai ke kanker serviks

Penanganan Penyakit Vaginitis Yang Efektif Dan Tepat Sasaran Di Klinik Pandawa

Ada banyak pasien dengan penyakit vaginitis di obati oleh dokter baik di RS, klinik atau praktek pribadi dokter tidak memberikan hasil yang maksimal. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan dan pengalaman dokter dalam mengobati penyakit vaginitis. Setiap wanita dengan penyakit vaginitis bisa disebabkan oleh berbagai macam kuman yang berbeda-beda. Oleh karena itu pentingnya anamnesis secara komprehensif dan pemeriksaan laboratorium yang lengkap terhadap berbagai macam kuman agar pengobatan lebih efektif dan tepat sasaran.

Pemberian edukasi dan motivasi yang tepat terhadap pasien untuk mengobati penyakit vaginitisnya sangatlah penting sebab pasien datang dengan penuh kesakitan dan stressor tinggi. Setiap pasien akan diobati sesuai dengan kondisi dan faktor penyebabnya.

Klinik pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam melakukan pengobatan penyakit vaginitis. Klinik pandawa juga memberikan rasa nyaman, aman dan privasi bagi pasien wanita, klinik pandawa memiliki sistem pelayanan medis yang komprehensif, terstruktur dan sistematis, klinik pandawa juga memberikan perhatian yang penuh kepada pasien dengan membangun hubungan yang harmonis dan intim antara dokter, perawat dan pasien, klinik pandawa juga akan memberikan informasi pengalaman medis yang akurat dan nyaman bagi wanita, klinik pandawa memiliki dokter ahli ginekologi yang berkualitas serta menyediakan layanan manajemen dan konseling kesehatan yang komprehensif bagi wanita.

Klinik Pandawa memiliki fasilitas dan alat yang sangat memadai, modern dan lengkap. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama bertahun-tahun melayani pasien ginekologi. Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan dan pengobatan yang di lakukan oleh dokter klinik pandawa. Hampir semua pasien tidak ada yang masalah setelah pengobatan, dan hasil pengobatan lebih maksimal. Jika memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol Telp / SMS / WA. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.