Penyebab cantengan Pada Kuku Kaki ialah sebuah infeksi yang mempengaruhi bagian kulit sekitar kuku, baik itu bagian jari kuku pada tangan atau bagian jari kuku pada kaki.

Penyebab Cantengan Pada Kuku Kaki

Penyebab cantengan ialah sebuah infeksi yang mempengaruhi bagian kulit sekitar kuku, baik itu bagian jari kuku pada tangan atau bagian jari kuku pada kaki. Kuku yang terkena cantengan biasanya masuk ke dalam dan menusuk kedalam daging dan sering terjadi pada jempol kaki atau ibu jari kaki dan jari tangan. Gangguan kuku cantengan ini sering kali dialami oleh banyak orang baik anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Penyakit yang cukup umum ini mungkin terlihat sederhana, namun jika dibiarkan saja dapat menjadi sebuah biters, sehingga muncul penyakit kuku kronis yang tentunya cukup mengganggu aktivitas. Gejala yang timbul dari cantengan cukup banyak, tapi yang pasti yang mengalaminya akan merasakan rasa nyeri, linu dan perih yang cukup parah. Selain itu, terkadang muncul pula pendarahan atau peradangan.

Penyebab Cantengan

  • Terjadinya cedera pada bagian sekitar kuku dan ini biasanya hasil dari pemaksaan,
  • Tertimpa sesuatu
  • Memakai sepatu yang terlalu sempit
  • Menendang sesuatu dengan keras
  • Tumbuhnya jamur pada kuku
  • Gigitan ataupun kliping.

Ketika terjadi cidera, maka kulit pada sisi-sisi kuku tersebut mengalami infeksi. Nantinya infeksi tersebut dapat diperparah oleh jamur atau bakteri, bahkan terkadang jamur dan bakteri bekerjasama untuk menginfeksi kulit kuku. Pada keadaan yang parah, cantengan mengeluarkan nanah dan bagian kuku mengeluarkan aroma atau bau yang cukup mengganggu.

Pengobatan Terbaik

Untuk mengatasi masalah ini penyebab cantengan ini, Anda harus melakukan beberapa penanggulangan dini. Namun jika cantengan sudah mengalami peningkatan yang cukup parah, misalnya saja kemerahan, pembengkakan dan penyebaran luka luar, maka hal tersebut adalah indikasi bahwa infeksi meningkat menjadi lebih serius dan parah. Oleh sebab itu, penanggulangannya harus didasari oleh konsultasi dokter agar segera mendapatkan pengobatan yang tepat sehingga cantengan bisa cepat berangsur sembuh.

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B  jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *