penyebab dan gejala dermatitis

Penyebab Dan Gejala Dermatitis

Penyebab dan gejala dermatitis Adalah peradangan kulit atau bisa disebut eksim (inflamasi pada kulit epidermis dan dermis) yang ditandai dengan pengelupasan kulit ari,  pembengkakan, kemerahan dan gatal pada kulit. Kondisi yang terjadi adalah merah, bersisik, ruam dan gatal yang terjadi pada area wajah (khususnya terjadi pada hidung dan alis mata), terjadi juga pada area kulit kepala, dada dan punggung,Kondisi ini muncul akibat kontak dengan zat tertentu, akibat respon terhadap pengaruh faktor eksogen dan atau faktor endogen, menimbulkan kelainan klinis berupa efoleransi polimorfik ( eritema, edema, papul, vesikel, skuama, likenifikasi dan keluhan gatal).

ETIOLOGI

Eksogen bahan kimia ( Detergen, asam, basa dll) fisik ( suhu, sinar) mikroorganisme (bakteri, jamur). Respon tersebut dapat berhubungan dengan alergi. Alergi ialah perubahan kemampuan tubuh yang didapat dan spesifik untuk bereaksi.

GEJALA KLINIS :

• Gatal
  • Kemerahan
  • Pembengkakan
  • Pengelupasan kulit kering
  • Lecet melepuh
  • Kulit menjadi pecah-pecah
  • Terasa sakit ketika disentuh atau nyeri

Konsultasi Dokter Jika :

1. Bila gejala muncul tanpa anda ketahui penyebabnya
  2. Jika perih dan gatal mengganggu aktivitas
  3. Bila anda memiliki riwayat alergi yang serius

Hal Yang Harus Di Hindari

• Hindari kontak lebih lanjut dengan zat atau benda penyebab dermatitis kontak.

Pencegahan Dermatitis Kontak

• Jika Anda tahu zat atau benda penyebabnya, jauhi lah zat atau benda tersebut.
  • Bila tidak dapat dihindari, pakai lah pelindung seperti sarung tangan dll.
  • Jika akan berkebun atau bertaman, pakai lah sarung tangan karet.
  • Bila terlanjur terekspos oleh zat alergen, cuci lah dengan air mengalir sesegera mungkin.

Pengobatan Cepat Penyebab Dan Gejala Dermatitis

Klinik kami menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah pengobatan dari penyebab dan gejala dermatitis atau penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762, untuk melakukan konsultasi, pengobatan, ataupun pelayanan medis HomeCare. Kunjungi kami, alamat : Gd Baja lt GF2 Tower B  Jl.Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat.