penyebab, gejala payudara bengkak sebelah

Penyebab, Gejala Payudara Bengkak Sebelah

Apa Penyebab, Gejala Payudara Bengkak Sebelah ?

Penyebab, Gejala Payudara Bengkak Sebelah – mastitis? Apa itu mastitis? Atau apakah Anda-terutama perempuan yang baru melahirkan-mengalami mastitis? Mastitis merupakan istilah medis untuk peradangan payudara pada perempuan yang biasanya baru saja melahirkan.

Mastitis ini ditandai dengan adanya gejala membengkaknya payudara, timbulnya rasa sakit, dan warna kemerahan di sekitarnya. Mastitis terjadi karena adanya sumbatan pada saluran susu sampai putingnya mengalami sumbatan. Kalau tak segera diatasi malah bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat signifikan mencapai 38 derajat celsius dan menimbulkan rasa kelelahan.

Mastitis ini biasanya diderita oleh perempuan yang baru melahirkan dimana kondisinya bisa terjadi pada salah satu atau kedua payudaranya sekaligus. Yang patut diperhatikan ialah adanya sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa 1 dari 20 perempuan yang sedang menyusui mengalami mastitis.

Bahkan seorang perempuan bisa mengalami mastitis lebih dari satu kali. Makanya Anda harus pandai-pandai dalam menjaga kebersihan puting saat menyusui dan menjaga kondisi tubuh yang biasanya menjadi penyebab penyakit ini.

Jenis Mastitis

Mastitis ini terdiri dari dua jenis yakni infektif dan non-infektif. Mastitis infektif disebabkan oleh adanya kuman yang masuk ke saluran susu melalui perantaraan mulut ataupun hidung bayi ketika menyusui.

Sedangkan jenis mastitis non-infektif terjadi karena adanya saluran susu yang tersumbat atau juga karena posisi menyusui yang salah. Tidak heran, mastitis ini biasanya sering terjadi pada perempuan yang baru pertama kali menyusui.

Gejala dan Pencegahan Penyebab

Beberapa hal yang menjadi indikasi seorang perempuan yang terkena mastitis ialah sebagai berikut:

• Apabila disentuh, payudaranya terasa hangat.
  • Terjadinya pembengkakan pada payudara.
  • Timbulnya rasa nyeri atau panas terus-menerus saat menyusui.
  • Kulit berwarna kemerahan.
  • Terjadinya demam dengan suhu sampai 38 derajat celsius atau bahkan lebih.

Sebagaimana jenis penyakit lainnya, mastitis juga bisa dilakukan pencegahan untuk meminimalisir penyakit ini bersarang di payudara Anda. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah mastitis.

• Mencukupi jam istirahat karena faktor kelelahan bisa menjadi penyebab mastitis.
  • Menggunakan BH yang sesuai dengan ukuran payudara.
  • Selalu menjaga kebersihan payudara dengan cara membersihkannya dengan kapas dan air hangat sebelum ataupun sesudah menyusui.
  • Usahakan supaya puting tetap dalam keadaan kering sekalipun telah menyusui.
  • Usahakan untuk menyusui bayi Anda dengan posisi dan sikap yang benar.

Pengobatan

Pandawa Clinic menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah Penyebab, Gejala Payudara Bengkak Sebelah. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gd Baja lt GF2 Tower B Jl.Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat.