Penyebab Haid Tidak Teratur Tiap Bulan

Penyebab Haid Tidak Teratur Tiap Bulan

Haid dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu haid dikelompokkan tidak lancar bila lamanya menstruasi bisa berubah-ubah setiap bulannya. Volume darah yang tidak sama, kadang banyak atau sedikit, juga menjadi dasar menstruasi tidak lancar.

Haid yang tidak lancar biasanya terjadi pada beberapa tahun pertama Anda mulai haid. Haid yang tidak lancar atau tidak teratur tersebut disebabkan oleh hormon yang belum seimbang. Namun, jika menstruasi tidak lancar atau tidak teratur terjadi bukan di beberapa tahun pertama Anda mengalami haid, maka masalah haid tersebut bisa tergolong ke dalam beberapa tipe haid tidak teratur.

Berikut Ini Dapat Memicu Haid Tidak Teratur :

  • Olahraga atau diet yang ekstrem. Berolahraga terlalu banyak bisa membuang waktu pendarahan menstruasi dan terkadang menghentikannya. “Sudah biasa bagi atlit ketahanan untuk melewatkan periode. Kurang berat badan, baik dari olahraga ekstrim, diet, gangguan makan, atau penyakit, bisa memiliki efek yang sama.
  • Stres kronis atau bahkan kegelisahan jangka pendek mengenai masalah tertentu bisa mendatangkan malapetaka pada keseimbangan hormon Anda, menyebabkan siklus tidak teratur.
  • Pil KB. dapat membuat menstruasi lebih ringan, atau menyebabkan Anda melewatkan masa haid atau memiliki periode yang kurang atau lebih – atau bahkan tidak ada periode sama sekali.
  • Sindrom ovarium. Kondisi medis ini menyebabkan kista kecil terbentuk pada ovarium, mengganggu ovulasi teratur. Wanita ini biasanya memiliki riwayat haid yang tidak teratur. Selain menyebabkan kemandulan, hal ini juga dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.
  • Penyakit lain. Gangguan tiroid dapat menyebabkan periode tidak teratur jika kadar hormon tiroid darah terlalu rendah atau terlalu tinggi. Kondisi kesehatan lainnya yang dapat menyebabkan siklus tidak teratur meliputi penyakit menular seksual, diabetes, fibroid, gangguan makan, dan endometriosis.
  • Usia. Saat remaja pertama mulai mengalami menstruasi, siklus menstruasi mereka mungkin tidak selalu sesuai jadwal setiap bulannya. Mungkin butuh beberapa tahun untuk menyelesaikan sebuah pola. Selain itu, periode terjawab dan periode yang lebih ringan atau lebih berat sering terjadi pada wanita menjelang menopause

Diagnosa Haid Tidak Lancar

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B  jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *