Penyebab Kelenjar Prostat Bengkak

Apa Penyebab Kelenjar Prostat Bengkak ?

Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis. Pembesaran prostat jinak mengelilingi uretra, sebuah saluran kecil yang menghubungkan kandung kemih ke alat kelamin yang fungsi utamanya merupakan pembawa urine dari kandung kemih dan keluar dari tubuh. Pada saat kelenjar prostat membesar, kelenjar tersebut akan mempersempit uretra anda. Jika tidak diobati dengan segera, kelenjar ini akan menutup saluran kencing dan menyebabkan masalah pada buang air kecil.

Macam-Macam Penyakit Prostat

Pria yang sudah melewati 45thn pada umumnya prostatnya mulai membersar. Ini dikarenakan karena ketika usia 45 ke atas hormon pria nya mulai menurun. Pembesaran prostat arah tumbuhnya biasanya ke bagian tengah, jadi menjepit pipa saluran kemih yang melewatinya.

Bagi penderita prostat terbagi menjadi 2 yaitu, ada yang mempunyai gejala prostatnya membesar dan ada yang prostatnya tidak membesar sama sekali. Penyebabnya sendiri tidak di ketahui secara persis, yang pasti tidak ada kaitannya dengan seks.

Ciri-ciri Penyakit prostat penyerang seseorang

Ketika terjadi penyakit prostat saluran kencing dapat terganggu. Membuat saluran kencing menjadin sempit, kandung kemihpun ikut tersundul, sehingga akhirnya menjadi tidak rata lagi. Ciri bahwa kelenjar prostat seseorang menderita perkara, seperti :

• Kencing menjadi jauh sering, dan keluarnya sedikit-sedikit.
  • Sering kencing di malam hari.
  • Kencing berdarah.

Bahayanya ternyata tidak semua perkara pada prostat menyebabkan gejala, tapi ada juga yang tidak menyebabkan gejala sedikitpun, sehingga biasanya penangan diterapkan ketika sudah parah.

Jenis-Jenis Penyakit Prostat serta Cirinya

Penyakit prostat muncul beberapa jenis ada yang tidak berbahaya dan muncul juga yang sangat berbahaya. Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit prostat:

• Prostatitis, merupakan peradangan prostat cirinya mengakibatkan gejala seperti demam serta rasa tidak nyaman saat buang air kecil. Selain itu terkadang ketika buang air kecil pun terasa nyeri,
  • Hiperlansia Prostatitis ringan, merupakan penyakit prostat diamana prostat menderita pembengkakan non-kanker, yang menyebabkan buang air kecil terutama di malam hari menjadi sering. Ciri berikutnya adalah melemahnya pancaran air kencing.
  • Kanker Prostat ataupun Tumor, adalah penyakit prostat yang sangat serius. Di sini dapat di deteksi sedini mungkin dengan cara rutin memeriksakan organ reproduksi kamu, memeriksa bila anda benjolan. Bahayanya gejala awal untuk penyakit ini hampir tidak dapat dirasakan, tapi jadi terasa bila tumor ini sudah cukup parah.

Sel kanker dapat menyebar ke organ tubuh sebagainya, melalui darah, efeknya mengakibatkan nyeri punggun, gangguan berhubungan dengan neurologi, serta tersumbatnya sistem limfatik sehingga kakipun jadi bengkak.

Pola hidung yang sehat adalah salah satu pencegah dari penyakit prostat, seperti mengkonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga merupakan solusi terbaik. Serta sebisa mungkin jauhkan diri untuk faktor penyebab kanker, misalnya asap rokok dan lainnya.

Pengobatan Penyebab Kelenjar Prostat Bengkak

Jika anda mengalami gejala misalnya yang tertulis di atas, maka ada kemungkinan yakni anda menderita penyakit prostatitis. Segera lakukan pengobatan agar dapat mencegah dampak ataupun bahayanya.

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit pada kelenjar prostat. Jika Anda mempunyai pertanyaan atau keluhan prostat, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B  jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.