penyebab mata ikan di kaki

Penyebab Mata Ikan Di Kaki

Penyebab mata ikan di kaki ialah gangguan pada kulit manusia yang dalam istilahnya kadang disebut dengan Clavus. Penyakit yang sering menyerang kaki ini, kadang-kadang juga menyerang pada tangan dan jari. Penyakit ini tidak terdengar elit dan terkesan biasa. Oleh karena itu, orang-orang dengan mata ikan jarang melaporkannya ke tim medis karena malu sehingga penyakit tidak segera diobati. Padahal, bila tidak langsung diobati, mata ikan bisa tumbuh menjadi besar. Sebuah indikasi munculnya penyakit mata ikan ialah penebalan kulit karena tekanan atau gesekan pada benda keras. Penebalan awal kulit berfungsi untuk melindungi kulit, tetapi jika diperluas, akan menyebabkan peradangan dan nyeri. Penyakit mata ikan memiliki inti yang mirip dengan mata ikan sungguhan dimana jika disentuh terasa sakit yang luar biasa. Jika kondisi menjadi sangat parah, maka Anda akan beresiko memiliki luka atau borok. Borok ini biasanya muncul di kaki, terutama di daerah tumit.

Penyebab Mata Ikan Di Kaki

Beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya tekanan dan gesekan tersebut adalah:

  • Tanpa kaus kaki – Tidak memakai kaus kaki atau memakai kaus kaki dengan ukuran yang tidak tepat bisa menyebabkan terjadinya gesekan antara kaki dengan alas kaki.
  • Pemakaian sepatu yang tidak nyaman – Sepatu yang terlalu sempit serta sepatu berhak tinggi bisa menekan beberapa bagian kaki. Sebaliknya, sepatu yang terlalu longgar pun dapat menyebabkan beberapa bagian kaki bergesekan berulang kali dengan bagian dalam sepatu.
  • Perokok – Bagi orang yang merokok dan memakai pemantik api bisa memiliki mata ikan pada kulit jempol tangannya. Kondisi ini terjadi karena gesekan berulang pada saat menyalakan pemantik sebelum merokok.
  • Sering menggunakan peralatan atau bermain alat musik dengan tangan. Penebalan pada kulit bisa muncul akibat gesekan kulit tangan dengan sebuah instrumen musik atau perkakas tangan yang kita gunakan sehari-hari.

Cara Pencegahan Mata Ikan Di Kaki

  • Memakai sepatu yang nyaman dan dengan ukuran yang sesuai.
  • Membeli sepatu pada saat siang hari ketika kaki berada dalam ukuran terlebar.
  • Mengoleskan krim pelembap khusus kaki.
  • Mengenakan sarung tangan atau kaus kaki agar bagian tubuh dapat terhindar dari gesekan.

Pengobatan

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B  jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *