penyebab menopause dini

Penyebab Menopause Dini

Peneyebab Menopause Dini Usia rata-rata/umumnya adalah 51 tahun. Kebanyakan wanita mulai antara usia 40 dan 58. Hal ini biasanya mengacu pada onset sebelum usia 40 tahun. Kondisi terjadi saat ovarium Anda berhenti memproduksi estrogen, hormon yang mengendalikan siklus reproduksi. Apa pun yang merusak ovarium Anda atau menghentikan produksi estrogen dapat menyebabkan menopause dini. Ini termasuk kemoterapi untuk kanker atau ooforektomi (pengangkatan ovarium).

Beberapa penyebab

Genetika

Penyebabnya kemungkinan genetik. Usia Anda saat menopause mungkin diwariskan. Mengetahui kapan ibu Anda mulai menopause bisa memberi petunjuk kapan Anda akan memulai sendiri. Jika ibu Anda mulai menopause lebih awal, Anda lebih mungkin untuk melakukan hal yang sama. Namun, gen hanya menceritakan setengah cerita.

Faktor gaya hidup

Merokok memiliki efek antiestrogen yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi. Sebuah analisis dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa jangka panjang atau perokok cenderung mengalami menopause lebih cepat.  Wanita yang merokok mungkin mulai menopause satu sampai dua tahun lebih awal dari wanita yang tidak merokok.

Indeks masa tubuh juga bisa menjadi faktor awal. Estrogen (hormon yang penting untuk perkembangan seksual dan reproduksi, terutama pada wanita) disimpan dalam jaringan lemak. Wanita yang sangat kurus memiliki lebih sedikit toko estrogen, yang bisa habis lebih cepat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet vegetarian, kurang olahraga, dan kurangnya paparan sinar matahari sepanjang hidup Anda semuanya dapat menyebabkan onset menopause dini.

Cacat kromosom

Beberapa cacat kromosom dapat menyebabkan menopause dini. Misalnya, sindrom Turner melibatkan kelahiran dengan kromosom yang tidak lengkap. Wanita dengan sindrom Turner memiliki ovarium yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini sering menyebabkan mereka memasuki masa ini sebelum waktunya.

Cacat kromosom lainnya juga bisa menyebabkan hal ini terjadi. Dalam kondisi ini, ovarium tidak berfungsi. Sebaliknya, menstruasi dan karakteristik seks sekunder harus dilakukan dengan terapi penggantian hormon (hormone replacement therapy / HRT), biasanya selama masa remaja. Trisomi 13 dan 18 adalah kondisi di mana pasangan kromosom 13 atau 18 memiliki kromosom ekstra. Kondisi ini juga bisa menyebabkan menopause dini. Mereka biasanya menyebabkan masalah perkembangan parah selain ketidaksuburan.

Penyakit autoimun

Gejala penyakit autoimun seperti penyakit tiroid dan rheumatoid arthritis. Pada penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh salah membentuk bagian tubuh untuk menyerang dan menyerangnya. Peradangan akibat beberapa penyakit ini bisa mempengaruhi ovarium. Menopause dimulai saat ovarium berhenti bekerja.

Epilepsi

Epilepsi adalah gangguan kejang yang berasal dari otak. Wanita dengan epilepsi lebih cenderung mengalami kegagalan ovarium prematur, yang menyebabkan menopause. Satu studi di jurnal Epilepsia menemukan bahwa pada sekelompok wanita dengan epilepsi, sekitar 14 persen mengalami menopause dini, dibandingkan dengan 1 persen populasi umum.

Apa Saja Gejala Penyebabnya

Setelah Anda mulai mengalami menstruasi tidak teratur atau periode yang terasa lebih lama atau lebih pendek dari biasanya. Gejala lain meliputi :

• Pendarahan berat
  • Bercak
  • Periode yang berlangsung lebih lama dari seminggu
  • Suatu periode setelah satu tahun tidak berdarah

Dalam kasus ini, temui dokter Anda untuk memeriksa masalah lain yang mungkin menyebabkan gejala ini.

Gejala Umum

• kemurungan
  • Perubahan dalam perasaan atau keinginan seksual
  • Kekeringan vagina
  • Kesulitan tidur
  • Hot flashes
  • Berkeringat di malam hari
  • Kehilangan kontrol kandung kemih

Pengobatan

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis untuk mengobati dari penyebab juga serta menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B  jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.