penyebab sakit saat buang air kecil

Penyebab Sakit Saat Buang Air Kecil

Penyebab Sakit Saat Buang Air Kecil atau Uretritis ialah suatu kondisi yang mana uretra, atau tabung yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh, menjadi meradang. Uretritis biasanya menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil dan dorongan yang meningkat untuk buang air kecil. Penyebab utama uretritis biasanya infeksi oleh bakteri. Uretritis berbeda dengan infeksi saluran kemih. Uretritis adalah radang uretra, sementara ISK merupakan infeksi saluran kemih. Mereka mungkin memiliki gejala yang sama, namun memerlukan metode pengobatan yang berbeda tergantung pada penyebab uretritisnya juga. Uretritis pengaruh pada segala umur. Baik pria atau wanita bisa terkena kondisi ini. Namun, wanita memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan kondisinya dari pada laki-laki. Ini sebagian karena uretra pria, yang merupakan panjang penis, jauh lebih panjang daripada wanita. Uretra wanita biasanya satu setengah inci panjangnya. Itu mempermudah bakteri untuk masuk ke uretra.

Gejala Pada Wanita Dan Pria

Adapun gejala uretritis pada wanita, yaitu :

• Lebih sering buang air kecil.
  • Tidak nyaman saat buang air kecil.
  • Terbakar atau iritasi pada saat membuka uretra.
  • Abnormal dari vagina juga bisa terjadi bersamaan dengan gejala kemih.

Orang yang memiliki uretritis mungkin juga tidak memiliki gejala nyata. Hal ini terutama berlaku untuk wanita. Pada pria, gejala mungkin tidak terlihat jika uretritis dikembangkan sebagai hasil dari klamidia atau kadang-kadang trikomoniasis. Untuk alasan ini, penting untuk menjalani tes jika Anda mungkin telah terinfeksi dengan infeksi menular seksual.

Pria dengan uretritis mungkin mengalami satu atau lebih dari gejala, seperti :

• Sensasi terbakar saat buang air kecil.
  • Gatal atau terbakar di dekat pembukaan penis.
  • adanya darah dalam air mani ataupun urine.

Penyebab Uretritis

Sebagian besar kasus uretritis ialah hasil dari infeksi baik bakteri ataupun virus. Bakteri adalah penyebab yang paling umum sekali. Bakteri yang sama dapat menyebabkan infeksi kandung kemih dan ginjal juga dapat menginfeksi lapisan uretra. Bakteri yang ditemukan secara alami di daerah genital juga bisa menyebabkan uretritis jika mereka memasuki daerah saluran kemih. Patogen yang sama yang menyebabkan infeksi menular seksual juga dapat menyebabkan uretritis. Ini termasuk bakteri yang menyebabkan gonore dan klamidia dan parasit yang menyebabkan trichomoniasis.

2 Jenis Uretritis

1. Uretritis gonokokal : Disebabkan oleh bakteri yang sama yang menyebabkan gonore.
    2. Uretritis nongonococcal : Uretritis yang disebabkan oleh infeksi lain yang tidak gonore. Chlamydia adalah penyebab umum uretritis nongonococcal.

Pengobatan Penyebab Sakit Saat Buang Air Kecil

Kami menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762 untuk melakukan konsultasi, pengobatan ataupun pelayanan HomeCare. Kunjungi kami: Gd Baja lt GF2 Tower B  Jl.Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat.