PENYEBAB TIMBULNYA LIPOMA (TUMOR JINAK LEMAK)

Ada banyak orang mengalami benjolan di kulit dengan berbagai ukuran dan terkadang lebih dari satu. Semakin lama benjolan tersebut semakin besar dan terkadang ada lebih dari satu. Secara medis tampak tidak berbahaya. Terkadang sebagian besar pasien merasa risih dan terganggu. Hal ini dikarenakan akan mengganggu penampilannya terutama di daerah-daerah tubuh yang terbuka. Kebanyakan orang tidak menyadari dan mengetahui bahwa itu adalah penyakit lipoma (tumor jinak lemak). Sebagian lagi menganggap bahwa benjolan itu mungkin bawaan lahir atau proses penuaan dan sebagian lagi merasa takut bahwa benjolan itu adalah tumor ganas. Oleh karena itu simak tulisan artikel ini tentang lipoma. Apa itu penyakit lipoma (tumor jinak lemak) ? Siapa saja yang bisa terkena lipoma ? Apa penyebab timbulnya penyakit lipoma ? Apakah penyakit lipoma berbahaya dan mengancam nyawa ? Apakah penyakit lipoma bisa menularkan atau penyakit keturunan ?

Apa Itu Penyakit Lipoma (Tumor Jinak Lemak) ?

Penyakit lipoma (tumor jinak lemak) adalah tumor jinak jaringan lemak bawah kulit. Penyakit lipoma ini merupakan benjolan lunak yang berisi lemak tumbuh diantara kulit dan lapisan otot dengan ukuran lebih dari normal bisa single dan bisa berdungkul-dungkul, bila ditekan dapat bergerak atau bergeser, tidak ada nyeri tekan atau tanda-tanda peradangan atau abses.

Penyakit lipoma (tumor jinak lemak) cenderung pertumbuhannya sangat lambat bisa dalam tahunan baik jumlah dan ukuran segitu-gitu saja. Walaupun terkadang sebagian orang pertumbuhan penyakit lipoma bisa banyak dan cepat membesar. Penyakit lipoma (tumor jinak lemak) bila disentuh tidak terasa sakit dan penyakit lipoma ini bukanlah penyakit keturunan.

Penyakit lipoma (tumor jinak lemak) dapat tumbuh di bagian tubuh mana saja dan penyakit lipoma bukanlah tumor ganas yang dapat menyebabkan kanker. Namun, jika lipoma yang diderita tumbuh semakin besar dan mulai menimbulkan rasa sakit kondisi seperti ini harus diperiksakan ke dokter. Selain mengganggu estetika dan bisa beresiko terinfeksi juga.

Apa Saja Gejala Penyakit Lipoma (Tumor Jinak Lemak) ?

Penyakit lipoma (tumor jinak lemak) dapat muncul di bagian tubuh mana saja, umumnya lipoma dapat muncul di area seperti; punggung, paha, leher, lengan, perut, atau bahu. Ejala dan tanda bahwa itu penyakit lipoma (tumor jinak lemak) antara lain :

• Ukuran penyakit lipoma sekita 2 cm atau lebih dan dapat tumbuh dan menjadi lebih besar.
  • Jika ditekan dengan jari, lipoma akan terasa bergerak dan lembek seperti karet.
  • Lipoma yang tumbuh semakin besar akan mengandung lebih banyak pembuluh darah atau menekan saraf di sekitarnya, ini yang menyebabkan lipoma akan terasa sakit.
  • Lipoma dapat tumbuh lebih dari satu pada hampir seluruh bagian tubuh

Apa Penyebab Penyakit Lipoma (Tumor Jinak Lemak) ?

Secara spesifik penyebab pasti lipoma belum diketahui hingga saat ini. Namun ada beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit lipoma (tumor jinak lemak) antara lain :

• Faktor genetik (keturunan)
  • Faktor obesitas
  • Adanya traumatic chronis
  • Penyakit lipoma (tumor jinak lemak) lebih sering terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40-60 tahun, dan jarang menimpa anak-anak
  • Pada pasien yang menderita sindrom cowden, sindrom gardner.
  • Pola makan yang buruk seperti terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang dapat memicu munculnya lipoma yang dihasilkan dari pengendapan lemak jahat dibawah kulit selama bertahun-tahun.
  • Zat nikotin dan tar pada rokok dapat menyebabkan pergerakan aktif dari sel yang abnormal menjadi tumor jinak.
  • Senyawa yang ada di alkohol dapat meningkatkan resiko pertumbuhan sel tumor yang bersifat jinak yang ada dibawah kulit.

Apa Perbedaan Lipoma (Tumor Jinak Lemak)dengan Kista Atheroma ?

Perbedan antara penyakit lipoma (tumor jinak lemak) dan kista atheroma adalah:

• Penyakit lipoma merupakan benjolan lunak yang berisi lemak sedangkan kista merupakan benjolan yang berisi cairan (biasanya nanah) di bawah kulit.
  • Penyakit lipoma tidak memiliki kapsul pembungkus sedangkan kista atheroma memiliki kapsul pembungkus.
  • Bila disentuh,penyakit lipoma akan terasa lunak, sedangkan kista atheroma akan terasa keras.
  • Penyakit lipoma (tumor jinak lemak) terletak lebih dalam di bawah kulit, sedangkan penyakit kista atheroma berada dekat dengan permukaan kulit.
  • Penyakit lipoma tidak menyebabkan peradangan pada kulit, sedangkan kista bisa menyebabkan kulit membengkak, berwarna kemerahan dan berisi cairan.
  • Penyebab kista atheroma adalah penyumbatan pada saluran kelenjar sebacea sedang penyakit lipoma (tumor jinak lemah) tidak jelas.

Apakah Penyakit Lipoma Berbahaya ?

Penyakit lipoma berbahaya apabila muncul pada bagian tubuh tertentu yang dapat menyebabkan :

• Kelumpuhan

Penyakit lipoma (Tumor Jinnak Lemak) yang tumbuh pada bagian saraf otak dan saraf tulang apabila terus mengalami pembesaran dan tidak ada penanganan medis maka lipoma akan menyebabkan kerusakan yang dapat menimbulkan kelumpuhan.

• Kesulitan bicara

Penyakit lipoma (tumor jinak lemak)  yang tumbuh pada saluran tenggorokan selama puluhan tahun dan tidak segera mendapat tindakan bedah operasi maka lipoma tersebut dapat merusak saraf yang berhubungan dengan pita suara, sehingga seorang pasien bisa menderita kesulitan berbicara dengan normal.

• Mengganggu penampilan

Penyakit lipoma (tumor jinak lemak) yang

semakin membesar dan muncul lebih dari satu dapat mengganggu penampilan seseorang, karena penyakit lipoma yang dibiarkan tumbuh selama bertahun tahun akan cenderung lebih menonjol dan tidak simetris. Penyakit lipoma lebih baik di operasi dan dicegah sejak dini  sebelum memasuki usia 40 tahun.

Bagaimana Mendiagnosis Penyakit Lipoma (Tumor Jinak Lemak) ?

Penyakit lipoma (tumor jinak lemak) bisa didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan bisa juga dengan pengambilan sampel yang dilakukan oleh dokter untuk diteliti di laboratorium (biopsi). Bila diperlukan dokter dapat menyarankan untuk pemeriksaan ultrasound. Jika penyakit lipoma tumbuh dengan semakin membesar, menimbulkan nyeri dan tidak bergerak di bawah kulit, ada kemungkinan bahwa itu adalah jenis liposarcoma atau tumor ganas yang tumbuh di jaringan lemak. Sebaiknya, agar terhindar dari risiko yang mungkin ditimbulkan dari penyakit lipoma, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Bagaimana Penanganan Penyakit Lipoma (Tumor Jinak Lemak) di Klinik Pandawa ?

Penyakit lipoma (Tumor jinak lemak)  seringkali tidak memerlukan penanganan khusus. Berikut adalah penanganan medis yang dapat dilakukan jika lipoma menimbulkan rasa tidak nyaman, sakit atau mengganggu, dan terus berkembang, yaitu;

• Sedot lemak dengan jarum atau alat laser pemanas.
    • Pengobatan lainnya yaitu suntikan obat tertentu untuk membuat penyakit lipoma(tumor jinak lemak) menyusut. Tetapi dengan cara ini penyakit lipoma belum bisa hilang total.
    • Bedah minor pengangkatan penyakit lipoma (tumor jinak lemak), biasanya penyakit lipoma tidak akan tumbuh kembali setelah diangkat.

Klinik pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam melakukan pengobatan penyakit Kulit dan Kelamin, dan bedah minor. Untuk kasus penyakit lipoma (tumor jinak lemak) dapat ditangani dengan baik dan benar, lebih mempercepat proses penyembuhan. Klinik Pandawa memiliki fasilitas dan alat yang sangat memadai, modern dan lengkap. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama bertahun-tahun melayani pasien dengan penyakit lipoma (tumor jinak lemak. Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan dan pengobatan yang di lakukan oleh dokter klinik pandawa. Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah setelah pengobatan, dan hasil pengobatan lebih maksimal. Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.