Perdarahan diluar menstruasi di sebabkan oleh Erosi Serfiks

Serviks adalah bagian uterus yang berada di bawah saluran yang menghubungkan uterus dengan vagina. Pada bagian uterus atau serviks ini sering didapatkan pola pertumbuhan jaringan yang abnormal, baik jinak maupun ganas. Erosi serfiks adalah suatu proses peradangan atau suatu luka yang terjadi pada daerah porsio serviks uteri (mulut rahim). Penyebabnya bisa karena infeksi dengan kuman-kuman atau virus, bisa juga karena rangsangan zat kimia atau alat tertentu. Serviks ectropion adalah suatu kondisi yang mempengaruhi sel-sel yag erada di leher rahim. Kebanyakan wanita hanya memiliki sel kelenjar di bagian dalam serviks mereka namun pada kondisi ini Erosi Serviks terjadi ketika sel-sel kelenjar muncul di luar serviks.

Apa Itu Penyakit Erosi Serviks ?

Cervical ectropion atau Erosi serviks adalah suatu kondisi dimana sel-sel dari dalam serviks membentuk bercak merah hingga terjadinya proses peradangan atau luka yang terjadi pada daerah porsio serviks uteri (mulut rahim). Kondisi dimana sel-sel lunak (sel kelenjar) yang melapisi bagian dalam saluran serviks dan menyebar ke permukaan luar serviks. Penyebabnya bisa karena infeksi dengan kuman-kuman atau virus, bisa juga karena rangsangan zat kimia /alat tertentu; umumnya disebabkan oleh infeksi. Erosi porsio yaitu kondisi hilangnya sebagian atau seluruh permukaan epitel squamous dari serviks. Serviks yang normal akan berubah dan meradang akibat erosi serviks tersebut, sehingga serviks akan tampak merah, dan terinfeksi. Erosi serviks dapat menjadi tanda awal terjadinya kanker serviks

Penyebab dan Faktor Resiko Erosi Serviks ?

Hal yang dapat menyebabkan erosi serviks atau faktor resiko terjadinya erosi serviks dapat meliputi hal sebagai berikut :

• Mengkonsumsi pil kontrasepsi, yang meningkatkan kadar estrogen total dalam tubuh.
  • Perubahan hormonal, yang disebabkan oleh fluktuasi kadar hormon dan paling sering terjadi pada wanita yang berusia reproduktif. Wanita yang telah melewati masa menopause jarang mendapatkan ectropion serviks.
  • Kehamilan, juga dapat menyebabkan ectropion serviks karena perubahan kadar hormon.
  • Peradangan, atau timbulnya sel kelenjar lunak yang muncul di luar serviks yang menghasilkan lendir dan mudah berdarah, dan dapat menyebabkan bercak dan nyeri selama atau setelah aktivitas seksual.
  • Kanker serviks, yang menyebabkan tampilan serviks merah dan meradang pada dan terlihat mirip dengan tanda-tanda awal kanker serviks.
  • Cedera sel yang melapisi leher rahim.
  • Infeksi akut yang terjadi karena iritasi selama aktivitas seksual.
  • Penyakit menular seksual (PMS) yang meliputi: gonore, klamidia, herpes genital, trikomoniasis, mycoplasma, dan ureaplasma.
  • Alergi terhadap bahan kimia dalam spermisida, douching, atau karet lateks pada kondom.
  • Iritasi atau cedera akibat tampon atau alat kontrasepsi lainnya.
  • Ketidakseimbangan bakteri, karena bakteri sehat yang normal di dalam vagina diliputi oleh bakteri yang tidak sehat atau berbahaya, yang disebut juga bacterial vaginosis.
  • Ketidakseimbangan hormon karena kadar estrogen atau progesteron yang relatif rendah dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mempertahankan jaringan serviks yang sehat.
  • Menderita kanker atau sedang dalam pengobatan kanker.

Apa Saja Gejala Penyakit Erosi Serviks ?

Gejala yang terjadi pada penyakit Erosi Serviks seperti :

• Mayoritas tanpa gejala
  • Perdarahan vagina tidak normal, seperti perdarahan setelah berhubungan seks atau antara siklus haid. Perdarahan vagina abnormal (tidak berhubungan dengan siklus menstruasi) yang terjadi: Setelah berhubungan seksual (postcoital), Diantara siklus menstruasi, Disertai keluarnya cairan mucus yang jernih / kekuningan, dapat berbau jika disertai infeksi vagina.
  • Nyeri luar biasa saat berhubungan seks
  • Sulit buang air kecil, nyeri, bahkan disertai rasa panas, atau sering buang air kecil tetapi volume sedikit
  • Nyeri panggul atau perut disertai demam, dalam kasus yang jarang terjadi.

Apa bahaya dan komplikasi  Penyakit Erosi Serviks apabila tidak segera diobati?

Bahaya atau komplikasi yang akan terjadi apabila Erosi Serviks tidak segera diobati adalah terjadinya peradangan yang semakin parah serta perdarahan yang banyak hingga keluar cairan sperti keputihan berbau hingga mengaggu aktifitas sehari-hari dan rasa sakit selama atau sesudah berhubungan seksual.  Apabila infeksi menyebar keluar serviks menuju rahim dan saluran tuba, kemudian masuk ke rongga panggul Erosi Serviks akan menjadi tanda awal dari kanker serviks dan mengancam jiwa penderitanya.

Apakah pengobatan atau prosedur yang dilakukan terhadap Penyakit Erosi Serviks ?

Dokter Anda akan bertanya tentang riwayat medis anda. Apakah anda pernah mengalami Erosi Serviks sebelumnya serta melakukan tes dan pemeriksaan dalam panggul untuk mendapatkan hasil yang akurat terhadap penyakit. Perihal pengobatan penyakit Erosi serviks ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

Bagaimana Pengobatan Penyakit Erosi Serviks Di Klinik Pandawa Jakarta ?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit Erosi Serviks disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit Erosi Serviks ataupun penyakit kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan. Biaya berobat di klinik pandawa juga relatif terjangkau dan murah. Fasilitas yang dimiliki oleh klinik pandawa antara lain semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, tersedia  laboratorium, apotik, rontgen dan USG, memiliki alat medis modern termasuk alat laser.

Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.