polip serviks

Polip Serviks

Polip serviks ialah tumor kecil yang memanjang yang tumbuh di leher rahim. Serviks adalah kanal sempit di bagian bawah rahim yang membentang ke dalam vagina. Serviks menghubungkan rahim rongga dan bagian atas dari vaginanya. Ini berfungsi sebagai jalan bagi sperma untuk membuahi sel telur, yang bisa berakibat pada kehamilan. Selama persalinan, serviks menjadi lebih tipis dan lebih lebar. Hal ini memungkinkan bayi melewati jalan lahir. Hal ini paling sering terjadi pada wanita berusia 40 dan 50an yang memiliki lebih dari satu anak. Polip hampir tidak pernah terjadi pada wanita muda sebelum dimulainya menstruasi. Polip juga biasa terjadi selama kehamilan. Hal ini bisa terjadi karena adanya peningkatan hormon estrogen. Polip serviks biasanya jinak, atau tidak bersifat kanker, dan kanker serviks jarang muncul dari mereka. Sebagian besar kanker serviks disebabkan oleh human papilloma virus / kutil kelamin.

Gejala Polip Serviks

Polip serviks mungkin tidak menimbulkan gejala yang nyata. Namun, segera lihat kondisi Anda jika Anda mengalami keputihan dari lendir putih atau kuning, atau periode yang tidak normal. Jika Anda mengalami bercak vagina atau pendarahan, segera kunjungi dokter :

• Setelah melakukan hubungan seksual.
  • Setelah membilas atau mencuci vagina dengan cara menyemprotkan air atau cairan lain.
  • Setelah menopause.

Mengapa Polip Serviks Terjadi

Tidak sepenuhnya dipahami mengapa polip serviks terjadi. Pembentukan mereka mungkin terkait dengan:
  • Kadar hormon seks wanita meningkat.
  • Peradangan kronis pada serviks, vagina, atau rahim.
  • Tersumbatnya pembuluh darah.

Kadar Estrogen Yang Meningkat

Tingkat estrogen secara alami berfluktuasi sepanjang kehidupan seorang wanita. Tingkat estrogen Anda akan tertinggi selama tahun-tahun subur, selama kehamilan, dan pada bulan-bulan menjelang menopause.

Peradangan

Serviks yang meradang tampak merah,dan teriritasi. Beberapa penyebab yang diketahui dari peradangan serviks meliputi:

• Infeksi bakteri.
  • Infeksi HPV, yang juga bisa menyebabkan kutil kelamin.
  • Herpes.
  • Infeksi ragi (Jamur).
  • Kehamilan.
  • Keguguran.
  • Perubahan hormon.

Diagnosa

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B  jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.